Ho Chi Minh, Vietnam - 20 April 2021 : Xiaomi launch new smartphone Redmi Note 10 Pro

Cara Mengecek Garansi Xiaomi, Ini Cara Mengindikasinya

Informasi tentang cara mengecek garansi xiaomi terkadang perlu diketahui oleh penggunanya agar ketika terjadi kerusakan dapat segera diatasi. Tentu saja, dengan garansi tersebut seorang pengguna tidak perlu mengeluarkan uangnya.

Biasanya orang yang tidak tahu mengenai masalah ini, mereka hanya membeli barangnya dari orang dekat atau membelinya barang bekas pakai. Sangat wajar kalau sebelumnya membelinya, harus melihat apakah masih dalam masa garansi atau tidak.

Seperti yang Anda ketahui bahwa sekarang ini masyarakat memang banyak menggunakan produk dari Xiaomi karena harganya sendiri cukup terjangkau. Sedangkan ponsel tersebut memiliki spesifikasi cukup baik di dalamnya.

Tidak heran terkadang orang-orang memilih untuk membeli barang second tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun begitu, cara mengecek garansi xiaomi harus diketahui agar ketika terjadi kerusakan tidak perlu mengeluarkan biaya.

Bagaimana Cara Mengecek Garansi Xiaomi?

Nah, bagi Anda sudah sangat penasaran tentang cara mengetahui garansi ponsel Xiaomi bisa memperhatikan pembahasan ini secara detail. Caranya cukup mudah, para pengguna bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut ini.

1. Melihat dari Kotak Kemasannya

Langkah termudah cara mengecek garansi xiaomi yaitu dengan cara melihat kotak kemasannya. Tentunya cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja hanya melalui fisik, sedangkan hal tersebut terlihat apakah terdapat stiker TAM atau tidak di kotaknya.

Perlu Anda ketahui bahwa TAM tersebut merupakan singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri, di mana perusahaan tersebut yaitu distributor resmi dari Xioami. Hal tersebut menandakan bahwa Ponsel masih memiliki garansi.

Selain terdapatnya stiker TAM pada kotak kemasan tersebut, biasanya garansi resmi juga akan terlihat adanya tulisan PT Sat Nusapersada Tbk. Adanya tulisan tersebut menandakan ponsel resmi yang dirakit di Indonesia.

2. Dari Charger

Para pengguna jaga dapat melihat garansi dari ponsel tersebut  yaitu cara mengecek garansi Xaiomi melalui charger bawaannya. Biasanya charger tidak standari atau bukan bawaan ponsel asli xiaomi memiliki bentuk pipih dan ada tiga kaki di bawahnya.

Sedangkan untuk ponsel yang memiliki garansi resmi dari perusahaan xioami hanya memiliki kaki dua kaki pada chargernya. Jadi, ketika ingin membeli, sebaiknya Anda melihat bentuk charger tersebut agar tidak mendapatkan barang ilegal.

3. Cek IMEI

Langkah untuk cara mengecek garansi Xiaomi juga bisa dilihat dari IMEI. IMEI sendiri merupakan identitas sebuah ponsel, sehingga semua informasi mengenai ponsel Anda tersebut dapat dilihat secara menyeluruh, termasuk garansinya.

Bisa dikatakan bahwa setiap jenis hp dari produk Xiaomi ini memiliki nomor IMEI dengan digi berbeda yaitu semuanya terdaftar di Kemenperin. Sedangkan proses untuk mengetahui nomor IMEI hp tersebut terbilang cukup mudah.

Pada dasarnya para pengguna hanya perlu mengetikan kode yaitu *#06#. Nah, dari sana nantinya akan muncul berapa nomor IMEI Anda secara otomatis. Dalam proses ini, pengguna juga perlu mencatat nomor tersebut.

Setelah dicatat, maka langsung berikutnya untuk dilakukan oleh para pengguna yaitu masuk ke situs https://imei.kemenperin.go.id/. Begitu sudah masuk, maka pengguna bisa masukan nomor IMEI tersebut, maka informasi seputar ponsel akan terlihat.

4. Cek secara Online

Cara mengecek garansi Xiaomi juga dapat dilakukan melalui cara online yaitu masuk ke dalam http://buy.mi.com/id/registration. Sama seperti sebelumnya, Anda hanya perlu memasukan nomor IMEI ponsel.

Begitu selesai memasukan nomor IMEI tersebut, maka akan muncul beberapa nama distributor terkait pemberian garansi tersebut. Misalnya saja tertulis erajaya, maka bisa dikatakan bahwa hp tersebut memiliki garansi resmi.

Apabila hanya tertulis dengan tulisan bahasa China, maka ponsel tersebut tidaklah resmi. Langkah terbaik untuk mendapatkan ponsel resmi, memang sudah diharusnya membelinya gerai resmi, jadi cara mengecek garansi xiaomi tersebut tidak perlu diragukan.