Cara Mengaktifkan Keyboard Arab di Berbagai Pengolah Kata

Banyak pengguna tidak tahu bagaimana cara mengaktifkan keyboard arab di perangkat lunak pengolah kata. Ini adalah hal umum karena banyak orang Indonesia memang tidak pernah menggunakannya.

Namun untuk kesempatan tertentu misalnya tugas kuliah atau kantor menuntut pengguna untuk mengaktifkannya. Bagi yang belum pernah menggunakannya sama sekali jelas akan merasa kebingungan.

Jangan khawatir pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengaktifkannya. Setiap aplikasi populer akan kami jelaskan caranya mulai dari microsoft word sampai open office.

Jadi para pengguna aplikasi pengolah kata apapun jenisnya bisa mengaktifkan sendiri sesuai kebutuhan. Masalah Anda dalam pengetikan berbahasa arab akan segera teratasi berkat tutorial berikut ini.

Cara Mengaktifkan Keyboard Arab Berbagai Aplikasi

Kami akan membahas empat buah perangkat lunak yaitu microsoft word, google doc, libre, dan open office. Jadi jika Anda menggunakan salah satu dari empat aplikasinya tentu dapat menerapkan caranya secara langsung.

1. Microsoft word

Bagi para pengguna microsoft word cara mengaktifkan keyboard arab sedikit kompleks. Karena kita perlu mengunduh ekstensi tersendiri yang letaknya di dalam service dari microsoft.

Anda harus masuk dulu ke dalam microsoft store kemudian melakukan login akunnya. Cari arabic keyboard agar kita bisa mengunduh layanannya untuk dipasang pada aplikasi.

Setelah paket diunduh kita bisa langsung menjalankannya dengan cara klik dua kali dan ikuti wizard. Proses ekstraksi akan langsung mengenali dimana lokasi aplikasinya berada.

Jadi kita bisa mengikuti setelan default saja agar tidak terlalu sulit dan prosesnya cepat. Catatan tambahan pengguna bajakan tidak akan bisa menggunakannya jadi Anda harus beli dulu lisensi resmi.

2. Google docs

Bagi para pengguna google docs dalam mengaktifkan keyboard arab kita tidak sekedar mengganti font saja. Pengguna perlu mengunduh ekstensi khusus bernama qalam ali agar bisa mengetik menggunakan bahasa arab.

Cara mengaktifkannya cukup mudah kita tinggal membuat dokumen baru menggunakan google docs. Kemudian pada tab extensions pilih opsi add-ons agar bisa masuk pada pengunduhan ekstensi.

Pada bilah pencarian langsung saja ketikkan arabic fonts atau cari secara spesifik qalam ali. Pilih qalam ali dan unduh langsung untuk mengaktifkannya pada google docs yang Anda gunakan.

Qalam ali tidak hanya akan membantu masalah penulisan berupa huruf namun juga grammar. Jadi ekstensinya akan langsung melakukan koreksi apabila ada kesalahan dalam penulisannya.

3. Libre

Bagi pengguna aplikasi pengolah kata gratis seperti libre cara mengaktifkan keyboard arab tidak terlalu sulit. Kita bisa langsung membuka pengolah kata dari libre kemudian klik help.

Dari tab help kita pilih opsi libre website, secara otomatis kita akan diarahkan pada website resmi. Setelah masuk dalam website resmi lihat bagian pojok kanan atas menu garis tiga.

Akan ada opsi dictionary, klik dan kita akan masuk dalam laman berisi menu berbagai bahasa. Pilih opsi arabic jika akan mengaktifkannya kemudian unduh sampai prosesnya selesai.

Pemasangan ekstensi ini dapat kita lakukan secara otomatis menggunakan wizard. Jadi tinggal buka dengan klik dua kali dan ikuti wizard sampai selesai untuk memasang ekstensinya pada libre.

4. Open office

Open office juga menyediakan perangkat lunak pengolah kata secara gratis untuk siapa saja. Jika Anda pengguna open office dan ingin mengaktifkan keyboard arab caranya tidak jauh berbeda dengan libre.

Kita langsung saja masuk pada aplikasi pengolah katanya kemudian klik tab help. Dari sana pilih open office website untuk masuk dalam situs resmi mereka guna mengunduh dictionary.

Kita pilih dictionary arab kemudian unduh dan tunggu prosesnya sampai selesai. Pasang menggunakan wizard dan ikuti prosesnya sampai selesai maka pengguna sudah bisa memakainya.

Keempat perangkat lunak tersebut memang paling umum digunakan di dalam negeri. Cara memasang keyboard arab juga tidak terlalu sulit jika sudah tahu bagaimana caranya jadi Anda bisa langsung menerapkannya sendiri.