Cara Setting Arab Keyboard di Laptop Paling Sederhana

Anda bisa menggunakan Arab keyboard on screen atau keyboard virtual ketika ingin menulis bahasa Arab di laptop atau komputer. Keyboard virtual atau on screen adalah sebuah keyboard yang akan muncul pada layar laptop atau komputer Anda.

Untuk bisa menampilkan keyboard on screen ini ada beberapa pengaturan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Dengan menggunakan keyboard on screen artinya menulis bahasa arab menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Ada beberapa pengaturan yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu untuk bisa mengaktifkan on screen keyboard dengan menggunakan bahasa Arab. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena prosesnya mudah dan Anda juga tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun.

Langkah-Langkah untuk Setting Arab Keyboard On Screen

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya ada beberapa pengaturan yang perlu Anda lakukan untuk bisa menggunakan keyboard on screen dalam bahasa Arab. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Mengaktifkan Bahasa Arab

Jadi untuk menggunakan Arab keyboard on screen Anda harus mengaktifkan bahasa Arab terlebih dahulu di laptop atau komputer Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan bahasa Arab di laptop.

  • Klik start.
  • Pilih setting.
  • Pilih time & language.
  • Selanjutnya langsung saja pilih language di menu bar sebelah kiri.
  • Jika sudah klik add a preferred language.
  • Lalu klik next dan tunggu prosesnya sampai dengan selesai.

2. Mengaktifkan Pilihan On Screen Keyboard

Jika sudah memaafkan bahasa Arab, langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan Arab keyboard on screen. Berikut kami sajikan cara paling mudah atau paling sederhana untuk mengaktifkan keyboard on screen atau keyboard virtual.

  • Klik kanan pada taskbar.
  • Setelah itu, langsung saja pilih show touch keyboard button.

Nantinya akan muncul sebuah ikon on screen keyboard. Untuk menampilkannya secara penuh Anda tinggal klik ikon yang muncul tersebut. Jika Anda mengetik tombol yang ada di keyboard manual maka keyboard on-screen akan secara otomatis hilang atau tersembunyi.

Cara Menggunakan Arab Keyboard On Screen

Sebenarnya untuk menggunakan keyboard dengan screen ini sama dengan Ketika Anda menggunakan keyboard manual. Bedanya keyboard on screen berada pada bagian layar saja, akan tetapi tampilannya sangat mirip dengan keyboard manual.

Jadi Pertama-tama, silahkan langsung saja Tampilkan keyboard on screen dengan mengklik ikon yang sudah muncul. Untuk menggantinya ke bahasa Arab, Anda bisa melakukan setting ini pada bagian pengaturan bahasa di keyboard on screen.

Jika Anda ingin menambahkan harakat pada bahasa Arab yang ditulis, kita dilakukan dengan cara menekan tombol panah ke atas. Lalu untuk menulis karakter bahasa Arab, Anda tinggal memilih huruf hijaiyah yang terdapat pada layar.

Supaya lebih nyaman ketika digunakan sangat kami sarankan kepada Anda untuk menampilkan keyboard on screen dalam ukuran yang cukup besar. Ini akan sangat berguna supaya mata Anda tidak perlu merasa lelah ketika Menatap layar tetap dalam waktu yang cukup lama.

Selain menggunakan keyboard on screen atau keyboard virtual Sebenarnya Anda juga bisa menginstal aplikasi untuk keyboard bahasa Arab. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi baik online maupun offline yang bisa digunakan untuk menulis bahasa Arab.

Akan tetapi, jika Anda tidak ingin repot-repot menginstal aplikasi tambahan, maka dengan menggunakan keyboard on screen adalah pilihan yang sangat tepat untuk digunakan, apalagi bagi Anda yang belajar bahasa Arab.

Cara di atas adalah cara yang sederhana untuk dilakukan dan pastinya berhasil bagi kebanyakan perangkat. Arab keyboard on screen ini sangat praktis untuk digunakan dan tentunya gratis, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.