Kenapa Aplikasi My Telkomsel Tidak Bisa dibuka, Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

My Telkomsel sudah tentu diketahui banyak orang, terutama oleh pengguna provider tersebut. Namun, jika aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka akan menimbulkan keresahan tersendiri bagi yang ingin mengaksesnya. Keperluan melalui akses tersebut pun bisa terhambat.

Beberapa aplikasi khusus dari tiap provider termasuk Telkomsel dengan aplikasi My Telkomsel-nya dapat memudahkan pengguna provider yang bersangkutan. Mulai dari akses pembelian kuota, pengecekan kuota dan lain sebagainya. Berikut ulasan terkait permasalahan tersebut.

Ketahui Penyebab Aplikasi My Telkomsel Tidak Bisa dibuka

Kepanikan bisa saja terjadi bagi pengguna yang tidak bisa mengakses aplikasi My Telkomsel. Apalagi jika sedang membutuhkan akses tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Pengguna bisa mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang bisa menjadi penyebab kendala tersebut, seperti berikut ini:

  • Koneksi internet.Pada beberapa masalah yang berkaitan dengan akses online, tentu tidak terlepas dari koneksi internet. Jadi, koneksi internet yang tidak baik dapat menyebabkan tidak bisa mengakses atau membuka aplikasi My Telkomsel tersebut.
  • Penggunaan device maupun nomor ponsel.Pengguna yang mengakses dengan device atau nomor ponsel yang berbeda mulai dari registrasi hingga akses aplikasi, terkadang memungkinkan potensi yang menyebabkan masalah tersebut.
  • Masalah akses email.Jika pengguna mengakses aplikasi My Telkomsel menggunakan email, tidak menutup kemungkinan masalah dari email ini menjadi penyebabnya. Baik username, password, serta kendala lain yang berkaitan dengan akses email.
  • Butuh upgrade aplikasi.Aplikasi tertentu seringkali membutuhkan upgrade atau pembaruan untuk mendapatkan akses layanan yang lebih baik dan tentunya fitur-fitur terbaru atau hal lainnya. Maka dari itu, bisa saja aplikasi My Telkomsel pun membutuhkan upgrade.
  • Cache yang menumpuk.Adanya cache aplikasi atau “sampah” yang menumpuk, mungkin juga menjadi penyebab tidak bisanya akses pada suatu aplikasi, termasuk aplikasi My Telkomsel.
  • Masalah gangguan server.Kemungkinan lain yang bisa menjadi penyebabnya adalah gangguan server. Provider Telkomsel juga tidak lepas dari kendala. Oleh karena itu, gangguan server ini dapat berdampak tidak bisa dibukanya aplikasi My Telkomsel tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi My Telkomsel yang Tidak Bisa dibuka

Setelah mengetahui beberapa faktor yang bisa menyebabkan aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka, pengguna bisa menentukan cara yang sesuai dalam mengatasi permasalahan yang ada. Beberapa pilihan cara untuk mengatasinya yakni:

1. Menghapus Cache yang Menumpuk

Cara ini bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi kemungkinan kendala yang timbul dari salah satu penyebab yang sebelumnya telah diulas. Berikut langkah melakukannya:

  • Buka pengaturan ponsel, lalu klik menu Manager Aplikasi dari setiap tipe ponsel pengguna.
  • Cari dan pilih aplikasi My Telkomsel. Kemudian, klik menu pilihan hapus cache atau hapus memori.
  • Hapus juga Cache dari aplikasi lainnya di ponsel yang bisa menyebabkan memori penuh jika dibutuhkan.
  • Coba kembali akses aplikasi My Telkomsel untuk melihat perubahannya.

2. Memperbarui Aplikasi

Aplikasi yang memerlukan pembaruan/upgrade, biasanya akan muncul notifikasi permintaannya di perangkat. Pengguna juga bisa melakukan langkah mudah berikut ini:

  • Buka Google Play Store ataupun App Store, lalu cari aplikasi My Telkomsel.
  • Lihat informasi pembaruan aplikasi. Jika ada, pengguna bisa melakukan update aplikasi dengan menekan menu pembaruan tersebut.

3. Memeriksa Koneksi Internet

Masalah koneksi internet yang dapat menyebabkan dampak tidak bisa mengakses atau membuka aplikasi My Telkomsel, perlu diperiksa oleh pengguna. Langkah yang bisa dilakukan yaitu:

  • Buka pengaturan ponsel dan pilih menu pengaturan jaringan seluler atau Wifi.
  • Lihat data koneksi internet yang mungkin bermasalah.
  • Pengguna juga bisa mengakses pengukur kecepatan internet untuk melakukan speed test dari jaringan internet yang digunakan.

Dengan mengetahui penyebab serta cara mengatasi masalah aplikasi My Telkomsel tidak bisa dibuka, ulasan tersebut bisa diterapkan sesuai kondisi yang dialami. Apabila belum menemui hasil yang signifikan, pengguna bisa meminta bantuan dengan menghubungi pihak Telkomsel.