Remot Desktop Terbaik untuk Akses PC dari Jarak Jauh

Remot desktop merupakan aplikasi yang banyak membantu para pengguna PC. Biasanya terdapat dua tipe pengguna yang membutuhkan aplikasi tersebut. Pertama, pengguna dengan kebutuhan untuk mengontrol PC di rumah saat bepergian.

Kedua yaitu pengguna yang tergabung dalam tim dan membutuhkan sistem kolaborasi secara lebih praktis. Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa menggunakan PC meskipun tidak berada pada tempat dimana PC tersebut berada.

Beberapa aplikasi bahkan mendukung fitur seperti cross platform untuk mengendalikan PC menggunakan smartphone. Jika Anda sedang mencari aplikasi sejenis remot untuk desktop, maka berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa dipilih.

Rekomendasi Remot Desktop Terbaik untuk Digunakan di Tahun 2022

Saat ini banyak jenis aplikasi yang tersedia dan bisa digunakan dengan mudah. Agar Anda tidak repot dalam memilih aplikasi terbaik, maka berikut ini rekomendasi remot untuk desktop dan bisa dipertimbangkan.

1. RemotePC by iDrive

Software pertama datang dari iDrive yang menghadirkan fitur untuk mengontrol PC dari jarak jauh dengan praktis. Pengguna bisa mengakses komputer dengan mudah di tempat yang berbeda hanya melalui browser.

Tidak hanya itu, akses tersebut juga bisa digunakan melalui perangkat seperti smartphone atau tablet. iDrive sebagai developer juga sangat mempertimbangkan keamanan data dari seluruh penggunanya.

Remot desktop ini memiliki fitur Always ON yang memungkinkan pengguna mengakses komputer kapan saja serta menawarkan One Time Access, yaitu dengan membagikan Access ID dan Key untuk satu kali akses.

Melalui fitur tersebut, pengguna berkesempatan untuk mengakses komputer dalam waktu singkat. Hal tersebut tentunya dapat membantu mencegah seseorang untuk secara berkelanjutan menggunakan RemotePC tanpa diundang.

2. Zoho Assist

Aplikasi kedua terbaik yang bisa Anda pertimbangkan adalah Zoho Assist, dimana pengguna diberikan kebebasan untuk mengontrol komputer dari jarak jauh hingga melakukan restart pada PC remot tanpa membuat sesi terputus.

Hal yang membuat remot desktop kedua ini menarik merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol PC jarak jauh meskipun tanpa kehadiran tenaga manusia lainnya di seberang sana.

Sekalipun komputer sudah dimatikan, Anda bisa menyalakannya menggunakan fitur Wake on LAN. Namun, fitur ini bisa digunakan setelah Anda melakukan setting dengan sumber listrik untuk menunjang penggunaannya.

3. LogMein Pro

Rekomendasi terakhir ini bisa Anda pilih jika memiliki budget yang cukup sebagai investasi yang bagus untuk perusahaan Anda. Meskipun harus berlangganan, namun pengguna tidak akan kecewa dengan fitur yang diberikan.

Remot desktop LogMein Pro ini memiliki berbagai jenis fitur untuk mengakomodir kebutuhan kolaborasi, terutama bagi perusahaan dengan jumlah karyawan atau anggota pada sebuah tim yang sangat banyak.

Pasalnya, aplikasi ini sangat mendukung jumlah pengguna yang tidak terbatas, sehingga kegiatan seperti bertukar file atau screen sharing bisa dilakukan kepada siapa saja. Anda juga akan mendapatkan lisensi.

Dengan berlangganan LogMein Pro, maka pengguna akan mendapatkan lisensi LastPass Premium untuk membantu memanajemen password secara lebih terpadu dan universal. Setiap akun akan disertai dengan password.

Anda kemudian bisa mengakses secara online menggunakan akun tersebut dan membagikannya kepada rekan-rekan di tempat kerja. Selain itu, Anda tidak boleh melupakan fitur Mobile Access yang ditawarkan.

Mobile Access pada LogMein Pro berguna untuk membantu Anda mengontrol PC dari perangkat lain seperti Android atau iOS. Hal ini tentu akan membantu pekerjaan selesai secara efektif dan efisien.

Meskipun terdapat banyak jenis aplikasi gratis, namun menggunakan remot berbayar jauh lebih aman. Karena pengguna harus membayar, maka Anda akan mendapatkan berbagai jaminan dari berlangganan aplikasi tersebut.

Hal ini akan membantu melindungi berbagai data penting yang diakses melalui bantuan aplikasi tersebut. Kemudian, remot desktop berbayar juga lebih banyak menyediakan fitur atau tools untuk membantu pekerjaan semakin efisien.