Cara Memperbaiki Remot TV yang Terkunci Otomatis dan Manual

Cara memperbaiki remot TV yang terkunci dapat dilakukan dengan otomatis atau auto-programming. Caranya dengan memasukkan kode secara langsung melalui remote, atau mencari kode berdasarkan merk TV.

Remote TV yang hilang atau rusak biasanya akan diganti dengan remote universal, bukan remote asli merek tertentu. Ini karena remote universal lebih mudah didapat. Tetapi remote universal tidak dapat langsung digunakan.

Masalah ini cukup sering terjadi pada semua jenis remot TV. Tak perlu khawatir karena cara kerjanya sangat sederhana, memperbaiki remote TV sangat mudah dan tidak rumit.

Cara Memperbaiki Remot TV yang Terkunci

Anda harus mengubah dan melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu untuk membuka kunci remot universal. Membuka remote TV yang terkunci atau membuat remote universal yang dapat digunakan dengan baik tidaklah sulit.

Ada beberapa cara memperbaiki remot TV yang terkunci. Caranya mencari kode otomatis dan manual. Anda bisa mengIkuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuka remote TV Anda yang terkunci:

1. Settingan Program Otomatis

Cara pertama ini disebut Auto Code Search, atau pencarian kode secara otomatis. Dengan cara ini Anda tidak perlu mencari kode satu-satu. Berikut cara memperbaiki remot TV yang terkunci secara otomatis:

· Nyalakan TV yang ingin Anda sambungkan dengan remot

Nyalakan TV, kemudian nyalakan remot. Tekan tombol bertuliskan ‘TV’ lalu tekan tombol ‘Power’ secara bersamaan. Tekan dan tahan hingga lampu daya yang ada pada atas remot menyala.

· Ulangi langkah di atas jika masih belum bisa

Klik dan tahan tombol ‘Play’ selama beberapa detik, lihat apakah TV Anda mati atau tidak. Jika mati, berarti kode yang muncul di layar sudah benar.

Jika belum, Anda bisa mengulang langkah dari awal. Setelah mendapatkan kode yang benar, tekan tombol “Stop” untuk menyimpan kode tersebut. Sekarang TV Anda sudah bisa digunakan.

2. Masukkan kode secara langsung

Untuk metode kedua ini Anda perlu mencari kode remot TV. Tiap TV memiliki kode berbeda-beda yang dapat Anda gunakan, atau Anda dapat menemukan kode perangkat dengan mencari secara online.

  • Pastikan TV yang ingin Anda sambungkan ke remottelah dihidupkan, lalu tekan dan tahan tombol “TV” pada remot hingga lampu daya menyala.
  • Kemudian masukkan kode yang Anda miliki sambil terus menekan tombol ‘TV’ sampai lampu power padam. Artinya, ada interaksi antara remotdan TV.
  • Jika sudah menemukan kode yang benar seharusnya Anda sudah bisa menggunakan remotTV. Tetapi jika masih belum bisa, ulangi langkah yang sama dengan kode yang berbeda.
  1. Cari Kode Sesuai Merek TV

Cara memperbaiki remot TV yang terkunci terakhir ini hampir sama sama seperti sebelumnya. Anda juga perlu menemukan kode merek TV juga remotnya. Jika sudah menemukan kodenya, Anda dapat mengikuti cara berikut:

  • Hidupkan TV yang ingin Anda sambungkan ke remot, lalu tekan dan tahan tombol “TV” pada remot sampai lampu daya menyala
  • Tekan tombol ‘Daya’ secara bersamaandan masukkan kode TV Anda pada remot universal. Kemudian lepas secara bersamaan dan jika TV mati, tekan tombol ‘Stop’ untuk menyimpan kode.
  • Ulangi langkah-langkahdi atas jika TV masih tidak bisa digunakan, dan cobalah dengan kode yang berbeda.

Dengan cara ini, Anda dapat mengontrol TV dengan remot universal. Secara keseluruhan, cara membuka remot TV yang terkunci yaitu dengan memasukkan kode. Demikian cara memperbaiki remot TV yang terkunci.