5 Tips Cara Belajar Bahasa Rusia dengan Cepat dan Efektif

Belajar bahasa Rusia adalah tantangan yang sangat menarik untuk Anda coba. Bahasa Rusia dikenal sebagai bahasa yang paling sulit untuk dipelajari.

Hal yang membuat bahasa Rusia sulit dibandingkan dengan bahasa lain adalah penggunaan alfabet Cyrillic. Bahasa Rusia memiliki penggunaan dan susunan alfabet yang berbeda dengan bahasa lain.

Susunan dan penggunaan alfabet dalam bahasa Rusia mungkin akan cukup memusingkan bagi pemula. Sehingga banyak sekali yang bertanya tentang waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Rusia.

Sebenarnya tidak ada waktu yang pasti. Cepat atau lambat waktu yang dibutuhkan untuk belajar bergantung pada beberapa hal.

Jika Anda melakukan riset secara online. Anda akan mendapatkan perkiraan waktu belajar yang dibutuhkan berkisar antara 6 bulan hingga 10 tahun.

Meski begitu, kebanyakan orang ingin belajar bahasa Rusia secepat mungkin. Dan beberapa dari Anda mungkin sedang mencari jalan pintas untuk mempelajari bahasa Rusia. Kali ini Kami akan memberikan tips bermanfaat yang bisa Anda praktikan.

Tips Cara Belajar Bahasa Rusia dengan Cepat

Di masa kini, Anda bisa belajar lebih cepat dan murah dengan bantuan internet. Anda bisa mempelajari ekspresi bahasa Rusia baru di situs web atau aplikasi pembelajaran bahasan asing.

Bisa juga dengan mendengarkan radio dalam bahasa Rusia. Dan mungkin beberapa bisa menonton film Rusia. Hal ini mampu mempercepat proses belajar Anda.

Selain itu, cara cepat untuk belajar bahasa asing adalah dengan pergi backpacking ke Rusia. Dengan traveling ke Rusia, Anda dapat melatih kemampuan bahasa Anda dengan orang-orang berbahasa Rusia langsung.

Akan tetapi backpacking dan traveling ke Rusia memakan biaya yang sangat mahal. Anda tetap miliki opsi alternatif untuk bisa belajar bahasa Rusia dengan cepat secara online.

1. Temukan Materi Audio yang Bagus

Salah satu cara untuk belajar bahasa asing adalah dengan membiasakan diri Anda untuk mendengarkan bahasanya. Maka menonton film Rusia dengan teks bahasa Inggris di YouTube akan sangat membantu.

Kuncinya, adalah Anda perlu menemukan film yang memiliki kualitas audio dan teks subtitle yang lengkap. Karena tidak semua film yang tersedia memiliki kualitas yang bagus untuk dijadikan referensi.

2. Tuliskan Kata dan Kalimat Baru Saat Mendengarkan Audio

Saya akan menyarankan untuk menjeda film, video atau audio yang sedang Anda dengarkan. Dan mulai tuliskan kalimat atau kata baru seperti yang Anda dengar.

Anda dapat menuliskan kata dalam bahasa Rusia yang Anda dengar. Dan tidak lupa menjelaskan artinya dengan melihat subtitle berbahasa Indonesia atau Inggris di bawahnya.

Hal ini akan membantu Anda terbiasa dengan pengucapan bahasa Rusia. Dan menambah kosa kata bahasa Rusia yang sedang Anda pelajari.

3. Rekam Diri Anda Berbicara Bahasa Rusia

Setelah menuliskan kata-kata atau ekspresi baru yang Anda dengar dalam film atau audio. Mulai untuk merekam diri sendiri sambil mengucapkan kosa kata yang baru Anda dapatkan.

Anda bisa merekam diri sendiri dengan ponsel atau laptop. Hal ini akan membantu Anda menjadi fasih dalam pengucapan bahasanya. Dengan membiasakan diri berbicara bahasa Rusia sederhana dari kosa kata sehari-hari dalam film atau podcast.

4. Evaluasi Pengucapan dari Rekaman Sendiri

Tips keempat menjadi bagian terpenting. Mengevaluasi pengucapan diri sendiri melalui rekaman suara membantu Anda menjadi lebih ahli.

Anda dapat menyiapkan folder rekaman suara Anda agar tidak terpisah. Kemudian mulai rutin mengevaluasinya satu persatu.

Dengan mengevaluasi diri sendiri, Anda akan mampu memperbaiki pengucapan Anda. Pelafalan bahasa Rusia Anda akan jauh lebih baik.

5. Mulai Ulang Prosesnya

Anda bisa mengalokasikan waktu sekitar setengah jam setiap hari untuk mendengarkan materi audio atau menonton video. Tidak lupa untuk menuliskan kata-kata baru yang didapat. Kemudian rekam dan evaluasi.

Cara cepat dan efektif untuk belajar bahasa asing adalah dengan konsisten meluangkan waktu belajar setiap harinya. Dengan meluangkan waktu belajar yang lebih banyak Anda akan bisa belajar bahasa Rusia dengan lebih cepat dan efektif.