Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis di HP Tanpa Aplikasi Mudah

Agar selalu update dan bisa shalat tepat waktu, Anda dapat menggunakan langkah cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi. Hal ini dapat menjadi solusi apabila Anda tidak ingin ruang penyimpanan di perangkat semakin berat karena ada aplikasi tambahan.

Dengan menggunakan cara untuk mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi, orang-orang yang berada di wilayah terpencil atau tidak banyak dikelilingi mesjid akan sangat terbantu.

Jika ingin mengetahui lagkah cepat dan efektif dalam mengatur waktu adzan tersebut, Anda dapat membacanya pada rangkuman penjelasan yang kami sediakan di bawah ini!

Cara Mengaktifkan Adzan Otomatis di HP Tanpa Aplikasi dengan Cepat dan Mudah

Dengan teknologi yang ada saat ini, Anda dapat menemukan kemudahan untuk melakukan berbagai hal melalui HP saja. Termasuk di dalamnya adalah persoalan mengenai ibadah, yaitu shalat bagi umat muslim.

Untuk mengetahui telah masuknya waktu shalat, maka seorang muslim menggunakan adzan sebagai patokan. Apabila Anda berada di tempat yang tidak bisa mendengarkan suara adzan secara jelas dan dekat, maka teknologi pada gadget dapat membantu.

Anda bahkan bisa menemukan cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi jika tidak mau mengunduh aplikasi khusus.

Jika tidak menggunakan aplikasi, maka cara mengaturnya adalah dengan menggunakan fitur alarm pada HP. Di mana fitur tersebut berada pada bagian Jam atau Clock. Inilah cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi:

1. Persiapkan nada Adzan

Agar mengetahui bahwa alarm tersebut merupakan adzan, maka persiapkanlah nadanya terlebih dahulu. Baik dengan nada bawaan atau mengunduh terlebih dulu.

2. Buka Jam atau Clock

Cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi aktifkanlah perangkat Anda, dan temukan menu Jam atau Clock, yang tulisannya menyesuaikan dengan setting bahasa pada gadget.

3. Pilih Alarm

Jika aplikasi jam telah terbuka, temukanlah menu Alarm. Setelah diklik, Anda dapat menemukan pilihan Tambah atau Add. Pilihlah menu tersebut, dan Anda akan diarahkan menuju langkah berikutnya.

4. Buat New Alarm

Setelah keluar menu New Alarm, silakan cari nada adzan tersebut di galeri Anda. Bisa melalui ringtone bawaan atau hasil unduhan pada langkah pertama. Jika sudah ditemukan, pilih nada tersebut. Kemudian pilih menu Kembali atau Back agar bisa menuju laman New Alarm tadi.

5. Atur Waktu

Atur waktu kapan adzan berdering, sertakan getaran, dan jangan lupa beri nama sesuai jadwal shalatnya.

Penyebab dan Solusi Jika Adzan Tidak Berdering

Ketika sudah membuat pengaturan agar Anda dapat dengan mudah mengetahui jadwal shalat di atas, maka biasanya alarm akan berfungsi dengan baik.

Akan tetapi, terkadang bisa saja terjadi masalah, di mana Anda tidak mendengar Adzan pada waktu shalat melalui HP, sehingga tidak jadi shalat tepat waktu. Permasalahan alarm yang tidak terdengar ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya:

1. Pengaturan Salah

Ketika membuat alarm tersebut, bisa saja ada pengaturan yang salah Anda masukkan, sehingga suaranya tidak terdengar di waktu seharusnya,

Oleh karena itu, pastikanlah kembali bahwa pengaturan yang Anda buat sudah tepat dan sesuai. Cara mengatasinya adalah dengan menguji terlebih dahulu dengan setting jam lain, sehingga bisa diketahui berfungsi atau tidaknya alarm.

2. Mode Diam

Ketika membuat HP dalam mode diam atau silent, suara di HP biasanya tidak terdengar. Oleh karena itu, pastikanlah tidak sedang berada pada mode diam. Atau jika mode suara terpisah, pastikan bahwa nada alarm tidak ikut mati.

Setelah mengikuti cara mengaktifkan adzan otomatis di HP tanpa aplikasi dan solusi saat ada masalah, maka Anda tidak perlu was-was akan ketinggalan waktu shalat.