Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Paling Efektif

Saat ini Bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang harus dikuasai, sehingga belajar Bahasa Inggris untuk pemula sangat disarankan agar tidak tertinggal. Apalagi jika Anda ingin melakukan aktivitas internasional seperti bekerja, belajar, atau berkomunikasi dengan teman asing.

Ketika mempelajari suatu bahasa baru, Anda tidak harus langsung menguasainya. Namun, belajarlah dengan perlahan dan menggunakan cara yang efektif, sehingga tidak terasa menyiksa. Jika berminat untuk mempelajarinya, simak penjelasan yang telah kami rangkum di bawah!

Tips Efektif dan Cepat Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Berikut beberapa tips mempelajarinya dengan cara menyenangkan dan tidak membuat Anda merasa tertekan:

1. Praktik Bahasa Inggris

Tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang pertama adalah mempraktikannya secara langsung. Dengan praktik, Anda akan lebih mudah mengingat kosakata dan terbiasa dengan pengucapannya.

Hal ini sangat membantu jika tujuan Anda ingin mahir berkomunikasi. Latihannya juga tidak harus langsung dengan orang lain, tapi bisa dimulai dengan latihan di depan cermin terlebih dahulu.

2. Catat Kosakata Baru

Agar semakin berkembang selama belajar Bahasa Inggris untuk pemula, pastikan selalu menambah kosakata baru agar tulisan maupun ucapan Anda semakin bervariasi. Ketika menemukan kosakata baru dari apa yang didengar atau dilihat, maka langsung catat.

Setelah mencatat kosakata baru, maka jangan lupa agar segera memahami artinya dan langsung hapalkan serta ulangi pengucapannya.

3. Sering Dengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Apabila Anda lebih cocok untuk belajar dengan menggunakan audio visual, maka belajar Bahasa Inggris untuk pemula melalui lagu sangat efektif. Jika belum terlalu menguasai lagu tersebut, maka usahakan untuk mendengarkannya sambil melihat teks lirik lagu itu.

Melalui teks itu, Anda dapat mengetahui penulisan serta bagaimana pelafalan dari sebuah kata secara tepat. Cara ini termasuk menyenangkan, karena belajar sambil mendapatkan hiburan. Meskipun terkesan tidak serius, namun cara ini terbukti efektif bagi banyak orang.

4. Rutin Tonton Film Berbahasa Inggris

Sama dengan mendengarkan lagu, Anda juga dapat menggunakan film sebagai cara belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Pastikan bahwa subtitle yang digunakan saat menonton film tersebut berbahasa inggris, bukan versi Indonesia.

Sebagai pembelajar, Anda dapat mencatat kosakata baru dan langsung menirukan pengucapan kata tersebut oleh tokoh di film.

5. Baca Buku Berbahasa Inggris

Anda dapat memulai dengan membaca novel atau cerita pendek terlebih dahulu agar lebih familiar dengan kosakata yang umumnya terkait kehidupan sehari-hari. Ketika membaca, maka otomatis persiapkanlah kamus untuk mencatat kata-kata baru.

Anda dapat menggunakan kamus digital atau berbentuk buku, kemudian catat artinya pada lembar novel atau buku.

6. Rajin Menulis

Apabila sebelumnya Anda menjadikan film, buku, serta lagu untuk belajar Bahasa Inggris untuk pemula, maka selanjutnya adalah menguji kemampuan yang diperoleh dari aktivitas tersebut.

Awali dengan menulis kalimat-kalimat sederhana dan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, agar lebih familiar dan bisa melanjutkan ke tingkat berikutnya.

7. Ubah Setting Bahasa HP

Agar semakin familiar, Anda dapat mengubah bahasa di HP menjadi Bahasa Inggris di menu pengaturan. Hal ini juga dapat membantu untuk menemukan kosakata baru dan tidak canggung ketika dihadapkan dengan bahasa ini.

8. Gunakan Internet dan YouTube

Jika masih pemula dan ingin belajar otodidak, manfaatkanlah berbagai sumber yang ada di internet, khususnya YouTube.

Pada aplikasi YouTube, ada banyak sekali channel yang khusus membantu pengguna untuk belajar mulai dari tingkat pemula hingga mahir. Cara penyampaiannya juga menyenangkan.

Dengan mengikuti satu atau beberapa tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula di atas, Anda akan lebih mudah untuk naik tingkat menggunakan bahasa ini.