Panduan Cara Belajar Laptop Bagi Pemula Berikut

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara belajar laptop bagi pemula. Salah satu perangkat yang paling diandalkan, terutama bagi orang-orang dengan tingkat mobilitas tinggi, adalah laptop. Netbook atau laptop adalah komputer portabel kecil dengan sedikit perangkat eksternal (seperti komputer).

Dapat dimengerti mengapa laptop dan netbook terus mendominasi. Kunci untuk mempelajari laptop adalah menggunakannya selama mungkin. Namun kali ini, kita akan mempelajari cara menggunakan laptop dalam empat tahapan.

4 Cara Belajar Laptop Bagi Pemula

Menggunakan laptop bukanlah tugas yang mudah bagi pengguna baru. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut 4 cara praktis dan sederhana untuk menggunakan laptop:

1. Berkenalan dengan Laptop

Cara belajar laptop bagi pemula yang pertama, ada baiknya untuk membiasakan diri dengan laptop sebelum menggunakannya. Anda dapat membaca instruksi manual untuk mendapatkan informasi ini. Coba cari tombol power, lubang charger, kelengkapan charger, port USB, dan CD-room.

 

Selain itu, akan sangat bermanfaat untuk memahami merek, seri, dan kegunaan laptop. Misalnya, kita bisa memilih antara laptop dengan layar berengsel standar atau laptop dengan layar yang bisa ditekuk 360 derajat.

Sekarang setelah Anda mengenali bagian luar laptop, saatnya untuk mengenalnya lebih baik. Coba perhatikan area sekitar baterai laptop. Pastikan baterai laptop terisi penuh sebelum digunakan.

Caranya coba sambungkan kabel charger laptop (pastikan laptop dalam kondisi mati ya). Biasanya, akan ada lampu indikator yang terlihat. Lampu ini terletak di bawah keyboard di bagian depan. Belum full kalau lampu indikatornya masih merah atau orange. Sudah penuh jika berwarna kuning atau hijau.

Tunggu hingga baterai terisi penuh. Selanjutnya, letakkan laptop di permukaan yang rata. Tutupi bagian bawah laptop dengan sesuatu yang memungkinkan kipas di sana berfungsi dengan baik.

2. Letakkan Laptop Pada Tempat yang Nyaman

Belajar laptop bagi pemula selanjutnya adalah taruh di tempat yang pas. Ya, laptop memiliki kipas di bagian bawah yang membuat perangkat tetap dingin. Komponen akan cepat panas dan membuat laptop hang jika lubangnya tersumbat. Kita bisa menggunakan cooling pad untuk menutupi bagian bawah.

Untuk pekerjaan pendinginan laptop, permukaannya yang berlubang akan cukup membantu. Bantalan pendingin juga memiliki kipas pendingin untuk membantu sistem pendingin bawaan laptop.

3. Cari Tombol Power

 

Kemudian laptop harus dibuka dengan kemiringan yang tepat. Artinya, laptop hanya dapat digunakan saat layar dinaikkan atau dibuka. Untuk mengakomodasi jarak pandang kita, miringkan layar.

Hindari menarik layar terlalu keras karena akan merusak engsel layar. Kabar baiknya, kini laptop tersedia dengan layar yang dapat diputar 360 derajat. Setelah mengetahui sudut layar yang ideal, cara belajar laptop bagi pemula adalah mencari tombol daya.

Setiap laptop memiliki tempat unik untuk tombol ini. Ada di bagian bawah keyboard, di pojok kanan atas, atau di pojok kiri atas. Namun jangan khawatir, biasanya tombol ini cukup jelas di mana letaknya.

4. Menggunakan Touchpad

Touchpad, kursor, dan mouse bawaan laptop ini sangat sensitif. Rata, cukup besar, dan biasanya di bagian bawah keyboard. Touchpad sendiri berfungsi sebagai pengganti mouse (pada komputer). Untuk memakainya, gunakan jari Anda untuk menggesek ke kanan atau ke kiri.

Selanjutnya, cukup arahkan touchpad ke aplikasi yang diinginkan dan klik di sebelah kiri jika kita ingin membuka program. Untuk detail lebih lanjut, silahkan klik kanan.

Mouse bisa kita gunakan jika TrackPad bermasalah. Mereka yang sebelumnya telah menggunakan komputer tentu akan terbantu dengan menggunakan mouse. Mouse bisa dipasang melalui lubang di sisi kanan atau kiri laptop.

Terlepas dari itu, gunakan laptop sesering mungkin agar Anda terbiasa. Itu dia cara belajar laptop bagi pemula yang bisa diterapkan.