Jangan Sampai Salah, Ini Dia Cara Belajar yang Efektif dan Tepat

Belakangan banyak orang yang menanyakan cara belajar yang efektif. Banyak siswa yang kesulitan belajar khususnya setelah pandemic ada. Padahal, latihan belajar cukup bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif dan bersiap menghadapi ujian.

Anda dapat menggunakan berbagai teknik pembelajaran yang efisien di rumah, seperti membuat kelompok belajar online atau menjelajahi situs web pendidikan. Namun, proses belajar dapat terhambat oleh beberapa objek atau tindakan.

Misalnya seperti begadang di malam hari, terlalu banyak bermain di HP, lebih memilih keluar dan masih banyak lagi. Menunda belajar justru akan membuat seseorang semakin sulit mencapai tujuannya.

5 Tips Cara Belajar yang Efektif

Dibawah ini adalah beberapa cara belajar yang bisa Anda coba. Bahkan cara belajar ini sudah pernah dibuktikan oleh para ahli Neurosains. Di antaranya adalah:

1. Pengulangan Berkala (Spaced Repetition)

Cobalah belajar untuk memaksimalkan pembelajaran Anda. Tidak perlu berlama-lama, cara belajar yang efektif adalah lakukan secara konsisten atau rutin.

Menurut ahli saraf, sinapsis atau persimpangan antara terminal satu neuron dan lainnya, yang bertanggung jawab untuk membantu kita mengingat dan memahami berbagai konsep, akan berfungsi lebih efektif jika kita menerapkan strategi pembelajaran ini.

Artinya, akan lebih efektif jika kita melakukannya secara teratur dan berkala, dengan beristirahat di sela-sela proses belajar.

Untuk mengetahui hasilnya, cobalah berlatih untuk belajar selama lima belas menit dalam seminggu. Pendekatan ini secara signifikan akan memajukan Anda.

2. Temukan Cara Belajarmu Sendiri

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Beberapa individu mempelajari konsep dengan cepat hanya dengan melihat tutorial video.

Namun, beberapa orang memerlukan sesi belajar kelompok untuk sepenuhnya memahami konsep-konsep tertentu. Atau ada individu yang harus belajar sendiri dalam suasana tenang dan dapat berkonsentrasi untuk mempelajari semua materi.

3. Tidur yang Cukup

Cara belajar yang efektif selanjutnya adalah dengan memperhatikan jam tidur. Salah satu hal terpenting bagi otak untuk menyimpan informasi adalah tidur dan istirahat.

Menurut penelitian Universitas Harvard, siswa yang cukup tidur di malam hari dan tidur nyenyak lebih mungkin untuk mengingat pelajaran mereka sebesar 35%.

Tentu saja jumlah ini tergolong baik jika dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar tanpa menyempatkan tidur di malam harinya.

4. Buat Pengelompokan Materi

Salah satu cara belajar yang efektif adalah dengan mengelompokkan materi. Misalnya saja Anda harus ingat, spesies flora dan fauna yang dapat ditemukan di seluruh Indonesia.

Cobalah untuk menghubungkan kedua materi tersebut di dalam otak. Misalnya dengan mengelompokan flora Indonesia dari daerah Sabang. Kemudian mengklasifikasikan berbagai jenis fauna dari wilayah Merauke.

Dengan menggunakan singkatan yang mudah diingat, Anda dapat dengan mudah mengingat nama berbagai tumbuhan dan hewan tersebut. Kemudian setelah lima menit beristirahat, mulai kembali untuk belajar selama 25 menit. Lakukan metode ini secara berkala dan konsisten.

5. Belajar di Tempat yang Disukai

Tidak diragukan lagi, lingkungan yang nyaman memiliki dampak yang signifikan terhadap mood atau suasana hati kita saat belajar.

Oleh karena itu, usahakan untuk menciptakan ruang yang cocok untuk belajar di rumah. Sesekali, atur ulang furnitur dan tampilan ruangan untuk menciptakan lingkungan yang lebih segar dan menyenangkan.

Selain itu, Anda dapat bereksperimen dengan lingkungan lain dengan belajar secara berkala di perpustakaan, taman, atau kafe. Namun, sebelum menggunakan teknik ini, pastikan tidak akan menghambat pembelajaran Anda karena kondisi area publik yang Anda pilih.

Demikian cara belajar yang efektif dan sudah terbukti di beberapa penelitian, terlepas dari hal itu, lakukan sesuai kenyamanan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lancar.