Cara Cepat Belajar MS Excel Mulai dari yang Paling Sederhana

Dalam persiapan memasuki dunia kerja cara cepat belajar MS Excel sangat penting untuk didapatkan. Ketika nantinya diharuskan agar dapat mengoperasikan Excel tersebut sudah tidak mengalami kesulitan lagi.

Tips di dalam penggunaan dari berbagai macam perintah dasar harus dikuasi harus dipahami terlebih dahulu. Karena dengan begitu, ketika ingin mengembangkan skill dimiliki juga tidak ada kendala lagi.

Pastinya Anda juga tidak ingin tertinggal ketika sedang memanfaatkan aplikasi office. Mempermudah pekerjaan dilakukan dengan memanfaatkan apk diberikan akan membuat setiap orang merasa puas nantinya.

Inilah Cara Cepat Belajar MS Excel

Penguasaan terhadap dasar dalam penggunaan aplikasi dari Microsoft office merupakan hal penting di masa sekarang. Apa lagi dengan perkembangan teknologi, menuntut semua orang agar bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Pengetahuan dasar dalam pengoperasian Excel sama dengan menggunakan dasar dari pengetahuan matematika. Karena nantinya dapat dimasukkan akan lebih mudah diolah menggunakan aplikasi ini.

Pastinya untuk memahami secara lebih mendalam mengenai pengolahan data dikerjakan. Maka Anda bisa menggunakan beberapa tips cara cepat belajar MS Excel dijelaskan pada pembahasan kali ini seperti berikut.

1. Melakuan Pengolahan Data Perhitungan Dasar

Tujuan dari penggunaan Excel yang digunakan dalam mengolah data dengan dapat ditambah, ubah, hingga manipulasi. Maka nantinya dapat disesuaikan terhadap kebutuhan dari pengguna sendiri.

Ketika akan menghitung angka tersebut, maka harus dipelajari ‘Fungsi’ digunakan dalam memanipulasi informasi dimiliki. Selanjutnya ada juga beberapa pilihan rumus nantinya dimanfaatkan ketika melakukan perhitungan.

Setiap akan mengeluarkan fungsi perhitungan maupun rumus maka harus didahului dengan tanda ‘=’. Dengan begitu, perintah diberikan akan memunculkan informasi diinginkan oleh Anda yang sedang belajar.

Perhitungan dasar biasanya banyak digunakan berupa ‘+’ untuk penambahan, ‘-‘ dalam pengurangan. Selain itu ada ‘*’ digunakan dalam mengalikan juga ‘/’ untuk melakukan pembagian terhadap angka.

2. Melakukan Kalkulasi secara Cepat Memanfaatkan Menu Autosum

Ketika sudah belajar cara cepat belajar MS Excel maka selanjutnya ada juga menu Autosum. Fungsi ini bisa memberikan kalkulasi secara cepat tanpa perlu repot menggunakan rumus saat melakukan perhitungannya.

Misalnya saja, Anda ingin menjumlahkan sebanyak 20 angka pada 20 sel berbeda. Hal ini bisa dikerjakan dengan melakukan block pada angka kemudian masuk menu homa > Autosum dalam menjumlahkan.

Hanya dengan langkah tersebut. Maka sudah akan mendapatkan hasil yang sangat mudah. Kemudian menu dari rumus lainnya selain Sum untuk menjumlahkan ada, average = mencari nilai rerata, count = menjumlah sel, juga Max dan Min.

3. Otomatisasi Data secara Sederhana dalam Sel

Ketika sedang mengolah informasi dalam Excel pastinya harus menggunakan cara cepat belajar MS Excel jika tidak ingin banyak kehabisan waktu. Membuat informasi otomatis nantinya sudah tidak perlu lagi menambahkan secara manual.

Misalnya saja ketika ingin memberikan nomor pada sel mulai dari angka 1 hingga 100. Ada langkah mudah nantinya bisa dikerjakan hanya dengan 3 langkah saja, sehingga sangat menarik untuk dicoba:

  • Ketikan angka 1 dan 2 pada kolom pertama serta kedua.
  • Block pada kolom 1 dan 2.
  • Tarik pada bagian kanan bawah hingga muncul tanda + untuk menambahkan hingga angka 100 secara otomatis.

Hanya dengan menggunakan langkah tersebut, pastinya sangat mudah serta menyenangkan dikerjakan. Anda sudah tidak lagi kesulitan dalam melakukan pemanfaatan Excel ketika melakukan pengolahan informasi.

Pemanfaatan dari tips cepat belajar penggunaan aplikasi office dibutuhkan apa lagi dalam dunia kerja ini. Nantinya ketika menggunakan cara cepat belajar MS Excel maka sangat bermanfaat bagi Anda sendiri.