Tips Belajar Fotografi Handphone supaya Hasilnya Mirip Profesional

Belajar fotografi handphone merupakan hal yang mudah dilakukan. Itu karena ponsel di zaman sekarang memiliki kapasitas yang sangat tinggi. Dengan baiknya kapasitas tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk menghasilkan foto kualitas tinggi.

Itu karena, ada beberapa orang yang menganggap kalau menciptakan foto berkualitas bukan merupakan hal yang bisa dipelajari. Itu merupakan kesalahan besar. Jika mau belajar, foto berkualitas sangat mungkin diciptakan.

Tips Saat Belajar Fotografi Handphone

Ada beberapa tips yang perlu dipahami saat akan belajar fotografi melalui handphone. Apabila tips ini belum diketahui, Anda berada di tempat yang tepat. Oleh karena itu, langsung saja berikut ulasannya secara lebih rinci.

1. Pahami Kemampuan Ponsel

Hal pertama yang perlu dipahami saat belajar fotografi handphone adalah memahami kemampuan ponsel. Perlu diketahui, setiap ponsel memiliki kemampuan berbeda-beda. Nantinya batasan kemampuan ini sangat mungkin untuk dipahami.

Manfaatkanlah kelebihan yang dimiliki ponsel dan tidak perlu terobsesi untuk mengeksploitasi kekurangannya. Itu karena, kekurangan ponsel seperti ini pada akhirnya hanya akan merugikan Anda.

2. Coba Beragam Settingnya

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting saat belajar fotografi handphone adalah mencoba beragam setting yang dimiliki. Setiap ponsel pasti memiliki setting yang berbeda-beda. Contohnya seperti HDR mode, potrait, hingga panorama.

Anda hanya perlu mencoba setiap setting tersebut satu per satu. Jika ingin menambah setting pada ponsel, install saja aplikasinya. Itu karena, ada banyak aplikasi pada ponsel yang bisa digunakan untuk menambahkan settingnya.

3. Dasar Komposisi

Untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi, penting juga untuk memahami komposisinya. Itu karena, ada struktur komposisi atau susunan gambar yang perlu dipahami dalam batasan ruang tertentu. Pada tahap awal, Anda tidak perlu mempelajari komposisi secara full.

Cukup pelajari dasar-dasar komposisi yang memang sangat penting ketika menciptakan suatu gambar. Sebenarnya ini juga akan melatih kepekaan mata. Jika seseorang sudah terbiasa, mata akan terbiasa untuk melihat dari sudut pandang dasar komposisi.

4. Exposure

Exposure juga wajib ditambahkan ketika mengulas tips belajar fotografi handphone. Dalam dunia fotografi, exposure ini memang populer. Tetapi sebenarnya, ada dua istilah lain yang tidak kalah penting yaitu over exposure dan under exposure.

Sebenarnya exposure berbicara tentang seberapa banyak cahaya yang masuk ke sebuah gambar. Nantinya ini akan menjadi kunci apakah gambar tersebut terlihat terang atau gelap. Perlu diketahui, exposure ini perlu disesuaikan dengan karakter foto yang ingin dibuat.

5. Arah Cahaya

Arah cahaya juga tidak kalah penting ketika belajar fotografi handphone. Perlu diketahui. Arah cahaya ini sedikit berbeda dengan exposure. Itu karena, arah cahaya akan menentukan apakah foto yang dihasilkan jelas atau tidak.

Jika objek yang difoto membelakangi cahaya, nantinya foto cenderung tidak jelas. Sebenarnya ada juga teknik fotografi yang dilakukan dengan membelakangi cahaya. Hanya saja, cara itu sulit dipraktekkan oleh selain fotografer profesional.

6. Kepekaan

Hal terakhir yang tidak kalah penting saat mempelajari fotografi adalah kepekaan. Intinya Anda harus peka ketika melihat objek yang terlihat menarik. Ada juga kepekaan lain terhadap sudut pengambilan foto.

Nantinya jika objek foto adalah manusia, sudut pengambilan foto ini harus dipilih oleh fotografer. Jangan ragu untuk mengambil banyak foto sekaligus. Cara ini sangat efektif supaya bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Pastikan untuk serius ketika menekuni dunia fotografi. Jika tidak serius, hasil yang didapat pasti kurang memuaskan. Lagipula, ada banyak orang yang pada akhirnya kecewa karena tidak serius saat belajar fotografi handphone.