Cara Belajar Kosakata Bahasa Jepang untuk Pemula

Anda bisa memulai belajar kosakata bahasa Jepang dari hal-hal yang mudah dipahami. Contohnya seperti barang-barang yang ada di sekitar, sebutan untuk orang-orang yang ada di sekitar. Serta berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di rumah maupun di luar rumah.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempelajari cara memperkenalkan diri, menggunakan ungkapan Haijimemashite yang memiliki arti “senang bertemu dengan Anda”. Ungkapan ini bisa digunakan untuk menegur sapa lawan bicara.

Belajar kosakata pada bahasa Jepang juga harus memperhatikan beberapa faktor tambahan, seperti dengan siapa Anda berbicara. Sebab, ada bahasa yang bisa digunakan untuk sesama umur, ada juga yang biasa digunakan untuk usia yang lebih tua.

Tips Belajar Kosakata Bahasa Jepang

Budaya Jepang merupakan salah satu yang berlandaskan dengan kesopanan dan rasa hormat, Jepang kaya akan sejarah dan tradisi. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang ingin belajar bahasanya. Ada yang untuk bisa pergi ke Jepang, ada juga untuk pembelajaran di sekolah.

Untuk belajar kosakata bahasa Jepang kesulitannya terdapat pada sistem penulisannya, bahasa ini menggunakan beberapa huruf berasal dari bahasa China. Walaupun tidak menggunakan alphabet latin seperti biasanya, Jepang juga mempunyai kata sifat, benda, serta frasa.

Anda bisa mulai melalui dasar pembahasannya yaitu pengucapan fonetik, membaca dalam romaji, serta memahami kanji dan kana atau yang biasa disebut dengan hiragana dan katakana dalam bahasa Jepang sendiri.

Perlu menjadi perhatian, karena tidak menggunakan alphabet latin, sistem penulisannya perlu dan wajib diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekeliruan sehingga arti dari kalimat yang akan disampaikan tidak melenceng dari maksud sebenarnya.

Kosakata merupakan salah satu elemen terpenting dalam mempelajari bahasa asing. Terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mempelajarinya supaya lebih fasih dan lancar. Namun, tentukan terlebih dahulu, Anda ingin bisa dimana, penulisan, bicara, atau pemahaman.

1. Mempelajari Melalui Kanji

Setiap belajar kosakata bahasa Jepang bernama kotoba, kotoba ini bisa ditulis dengan hiragana, kanji, maupun katakana atau menggunakan campuran dari ketiga huruf tersebut. Huruf atau karakter dalam bahasa Jepang sedikit lebih rumit dari bahasa Korea.

Dengan mempelajari berbagai kata dengan huruf Jepang, maka Anda akan mudah dalam membedakan kata yang satu dengan yang lain. Setiap karakter kanji memiliki makna tersendiri yang memudahkan Anda untuk mengingat setiap arti dalam kosakata tersebut.

Maka dari itu, perlunya pemahaman yang jelas antara cara penulisan dan cara pengucapannya. Jangan sampai keliru dengan dua hal tersebut karena dapat mengubah artinya. Jangan khawatir, Anda pasti bisa melaluinya.

2. Tentukan Target Hafalan

Untuk bisa menguasai bahasa dalam waktu singkat, Anda harus menargetkan hafalan kosakatanya dengan belajar kosakata bahasa Jepang. Mulailah dengan satu target seperti kosakata JLPT N5.

Dengan menentukan targetnya, maka akan lebih mempermudah untuk menentukan, mau belajar dari hal yang mana. Dengan begitu, nantinya tidak akan terasa ketika Anda akhirnya bisa fasih berbahasa Jepang.

Anda bisa menggunakan beberapa target. Contoh target 1 menguasai 30 kata dalam sehari, target 2 menguasai 100 kata dalam 3 hari, atau target 3 menguasai 200 kata dalam 1 minggu, dan seterusnya. Hal tersebut akan mudah jika Anda benar-benar suka dengan bahasanya.

3. Memulai dengan Kata yang Sering Digunakan

Tips selanjutnya bisa Anda gunakan, yaitu memulai dengan berbagai kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Cobalah mulai untuk mengganti setiap kata dalam pengucapan menggunakan bahasa Jepang, nantinya akan terbiasa dalam menggunakan kata-katanya.

Tergantung dari niat dan tujuannya, ketika Anda memiliki suatu tujuan, maka akan muncul motivasi untuk mempelajarinya. Hal ini bisa dicoba untuk mempelajari bahasa asing yang lainnya. Belajar kosakata bahasa Jepang bisa menjadi sangat mudah ataupun sangat susah.