Cara Belajar Program Java dengan Simple dan Mudah

Cara belajar program Java bisa dilakukan dengan siapa saja. Terlebih khusus kepada mereka yang duduk di bangku sekolah maupun bangku kuliah yang mempelajari mengenai bahasa pemrograman. Jasa sendiri merupakan bahasa pemrograman dari James Gosling.

JDK berisi mengenai library, tools, hingga API yang diperlukan untuk membuat suatu program. Sedangkan J2SE merupakan programming yang digunakan untuk membuat aplikasi standart seperti desktop maupun command line (CLI).

Cara belajar program Java cukup mudah, Anda bisa mencari beberapa informasi melalui Google pencariaan maupun YouTube. Pelajari setiap dasarnya, lalu cobalah untuk mempraktikkan di laptop maupun computer Anda.

Mengapa Belajar Java Itu Penting?

Salah satu sintaks Java mirip dengan C/C++, sebab Java terinspirasi dari kedua bahasa tersebut. Bahasa ini dirancang dengan tujuan umum serta sepenuhnya menganuh paradigm OOP atau object oriented programming. OOP merupakan paradigm yang berbasis pada suatu objek.

Proyek pengembangan bahasa pemrograman tersebut dimulai sejak tahun 1991 oleh James Gosling, Patrick Naughton, serta Mike Sherida. Awalnya bahasa ini bernama Oak yang diambil dari nama pohon sekitar. Cara belajar program Java bisa Anda pelajari dengan mudah.

Terdapat berbagai versi pengembangan jasa yang sudah dirilis sejak tahun 1995, dari JDK Beta, hingga yang terbaru yaitu Java SE 15 yang sudah dirilis dari 15 September 2020 lalu. Perlu diketahui bahwa JDK singkatan dari Java development kit.

Perlu diketahui bersama, bahwa mempelajari bahasa pemprograman yang satu ini sangat penting untuk dipelajari karena memiliki berbagai faktor pendukung untuk melakukan aktivitas programming, apalagi khusus Anda para pemula.

Alasan bahasa yang satu ini sangat penting adalah karena bersifat general purpose, yang di mana tidak hanya dipakai untuk berbagai program yang spesifik, dalam kata lain bahasa yang ini bisa digunakan pada berbagai aspek aktivitas programming.

Java juga merupakan cross-platform yang di mana bisa berjalan pada berbagai platform yang berbeda, contohnya seperti Windows, Linux, sampai MacOS. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir, karena dapat membuat berbagai binary untuk berbagai platform.

Bahasa ini juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi android. Meskipun saat ini lebih banyak yang menggunakan kotlin karena memiliki kode yang lebih singkat, namun perlu menjadi perhatian bahwa kode-kode tersebut juga berasal dari Java.

Perlu menjadi perhatian, berdasarkan data TIOBE progamming community index, bahasa untuk cara belajar program Java ini adalah yang terpopuler dari tahun 2016-2018. Dinilai dari segi popularitasnya, hingga bersaing dengan C dan C++.

Semakin populer bahasa, semakin banyak komunitasnya. Cara belajar program versi Java bisa Anda pelajari melalui data yang sudah ada, jadi tidak perlu mempelajari yang rumit, cukup mulai dari hal yang basic saja.

Mengenal Aktivitas Cara Belajar Program Java dengan Mudah

Pemprograman sendiri merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk membuat sebuah program computer. Terdapat beberapa jenis aktivitas yang biasa dilakukan, seperti analisis permasalahan, pembuatan algoritma atau solusi, serta coding yang merupakan implementasi dari algoritma.

Perlu menjadi perhatian, sebelum Anda mempelajari sebuah coding, pelajari terlebih dahulu cara menganalisai serta membuat algoritmanya. Sebab, kebanyakan kasus yang beredar, mereka mengetahui coding namun kesulitan dalam membuat program sendiri.

Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus ditempuh adalah mempelajari algoritma dengan computational thinking, agar lebih mempermudah cara menggunakan bahasa pemprograman. Anda juga bisa mempelajarinya di berbagai platform gratis.

Dengan mengetahui mekanisme dan bahasa pemrograman, masa depan yang menjanjikan mungkin akan setia menunggu Anda. Cara belajar program Java bisa Anda terapkan melalui pemahaman setelah mempelajari algoritma.