Tips Belajar Koding untuk Pemula supaya Cepat Mahir

Kami akan membagikan tips belajar koding untuk pemula supaya bisa cepat menjadi seorang programer yang handal. Belajar bahasa pemrograman tertentu memang bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang.

Sekarang ini profesi programmer menjadi salah satu yang paling menjanjikan di masa depan. Tidak mengherankan jika ada banyak sekali orang yang tertarik untuk menjadi seorang programmer.

Salah satu hal yang sangat penting untuk Anda pahami dengan baik yaitu belajar coding membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Karena Anda akan dituntut untuk menulis kode baris demi baris dan juga memecahkan berbagai macam masalah dengan menggunakan logika.

Tips Belajar Koding untuk Pemula

Bisa menguasai bahasa pemrograman tertentu akan mengantarkan Anda untuk mendapatkan kesuksesan di dalam karir. Mengingat sekarang ini ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang programmer.

Tidak sedikit orang yang masih kebingungan mengenai alur belajar menjadi seorang programmer. Berikut kami sajikan beberapa tips belajar koding untuk pemula supaya bisa cepat mahir atau pandai.

1. Pilih bahasa pemrograman yang mudah terlebih dahulu

Ketika Anda baru mencoba untuk belajar coding alangkah baiknya memilih bahasa pemrograman yang mudah terlebih dahulu. Contoh bahasa pemrograman yang mudah dipahami oleh para pemula yaitu adalah C++.

Perlu Anda ketahui bahasa pemrograman bisa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah, bahasa pemrograman tingkat sedang, dan juga bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu adalah bahasa pemrograman yang sudah menyerupai bahasa manusia. Contoh dari bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu adalah bahasa pemrograman populer seperti misalnya Javascript dan PHP.

2. Tentukan Tools yang akan digunakan untuk belajar coding

Tips belajar koding untuk pemula selanjutnya yaitu memilih tools yang akan digunakan. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin belajar coding seperti misalnya yaitu Text Editor.

Dengan menggunakan Text Editor nantinya Anda akan lebih mudah ketika menuliskan baris-baris kode. Beberapa teks editor yang cukup banyak digunakan yaitu Visual Studio code dan juga Sublime.

3. Mempersiapkan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni

Tips belajar koding untuk pemula yang ketiga yaitu mempersiapkan komputer dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Karena ada beberapa Apa bahasa pemrograman yang membutuhkan spesifikasi laptop yang tinggi.

Contohnya saja ketika Anda ada ingin membuat aplikasi android dengan menggunakan android studio. Jadi sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan komputer supaya nantinya aktivitas coding bisa berjalan dengan lancar.

4. Praktek secara langsung

Salah satu hal yang wajib untuk dilakukan ketika sedang belajar coding yaitu adalah praktik secara langsung. Ini merupakan salah satu belajar koding untuk pemula yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan.

Karena hampir tidak mungkin ketika Anda ingin mempelajari coding akan tetapi tidak mempraktikkannya secara langsung. Ketika menuliskan baris program ada berbagai macam kemungkinan yang terjadi seperti misalnya error dan lain sebagainya.

Ini akan mengasah kemampuan Anda untuk mengatasi berbagai macam masalah yang dihadapi ketika sedang mengoding. Dengan begitu nantinya Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan debug ketika coding.

5. Pilih 1 bahasa pemrograman

Pada saatnya nanti Anda harus menentukan salah satu bahasa pemrograman yang ingin dikuasai dengan baik. Karena ada banyak sekali bahasa pemrograman dan Anda hampir tidak mungkin untuk menguasai semuanya.

Jika Anda memiliki semangat dan juga ketekunan ketika belajar mungkin tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menguasai 1 bahasa pemrograman. Apalagi ketika Anda menerapkan cara belajar koding untuk pemula yang baik dan benar.