Cara Mudah Belajar Excel agar Langsung Paham

Kami akan membagikan cara mudah belajar Excel. Excel adalah salah satu aplikasi yang sangat penting untuk dikuasai. Fungsi utama dari Microsoft Excel yaitu untuk mengolah angka dan ini banyak sekali digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menggunakan Microsoft Excel Anda bisa mengolah data berupa angka dengan lebih mudah dan cepat. Untuk menggunakannya sendiri sebenarnya cukup mudah yang terpenting Anda memahami cara penggunaan rumus-rumus yang ada di Excel.

Excel adalah salah satu aplikasi yang termasuk di dalam Microsoft Office. Karena penggunaannya yang cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari, menjadi hal yang cukup penting untuk Anda mengetahui cara pengoperasian Microsoft Excel.

Inilah Cara Mudah Belajar Excel

Bagi Anda yang mungkin sudah pernah menggunakan Microsoft Word mungkin tidak akan kesulitan lagi ketika ingin belajar Microsoft Excel. Atau paling tidak bagi Anda yang sudah pernah menggunakan komputer sepertinya tidak akan memiliki kendala berarti ketika belajar Excel.

Karena sebenarnya untuk belajar Excel ini cukup memahami beberapa fungsi atau rumus yang ada di dalamnya. Berikut beberapa tips cara mudah belajar Excel, sehingga Anda bisa memahaminya dengan lebih mudah.

1. Pahami bagian-bagian yang ada pada Microsoft Excel

Seperti halnya Microsoft Word ada berbagai macam menu dan bagian-bagian yang ada pada Microsoft Excel. Supaya bisa menggunakannya dengan baik Anda harus mengetahui bagian-bagian yang ada terlebih dahulu.

Untuk memahami setiap menu yang Anda tidak ada salahnya untuk Anda mencobanya satu-persatu. Sementara itu, pada bagian bidang Microsoft Word akan diwakili dengan sebuah kolom dan baris.

Untuk bagian kolom nantinya akan diwakilkan dengan huruf, sementara itu untuk bagian baris nantinya akan diwakilkan dengan urutan angka. Ini adalah bagian yang terdapat di dalamnya dan bisa dipelajari.

2. Belajar operasi dasar terlebih dahulu

Cara mudah belajar Excel selanjutnya yaitu dengan mempelajari operasi-operasi dasar terlebih dahulu. Sebenarnya ada banyak sekali fungsi dan rumus yang ada pada Microsoft Excel. Bisa dikatakan jika Microsoft Excel ini sangat powerful untuk mengolah data berupa angka.

Supaya Anda tidak kebingungan ketika sedang belajar akan lebih baik ketika berusaha memahami fungsi-fungsi dasar terlebih dahulu. Contoh fungsi dasar yang ada pada Microsoft Excel yaitu fungsi penjumlahan, fungsi pengurangan, fungsi perkalian, dan juga fungsi pembagian.

Fungsi-fungsi yang kami sebutkan tadi merupakan fungsi dasar yang banyak sekali digunakan ketika mengolah data dengan menggunakan Microsoft Excel. Jadi sangat penting bagi Anda untuk memahaminya dengan baik.

3. Belajar pengkondisian atau if else

Cara mudah belajar Excel yang ketiga yaitu melanjutkan dengan mempelajari pengkondisian di dalam aplikasinya. Ini juga merupakan salah satu fungsi yang banyak sekali digunakan ketika mengolah data.

Bagi Anda yang mungkin berlatar belakang pendidikan IT di mungkin sudah tidak asing lagi dengan pengkondisian if else. Jadi dengan menggunakan fungsi ini nantinya Anda bisa mendapatkan sebuah nilai dengan kondisi tertentu.

4. Belajar fungsi-fungsi rumit dengan menggunakan video tutorial

Untuk fungsi dasar dan juga if-else mungkin saja bisa Anda pelajari tanpa menggunakan video tutorial. Akan tetapi untuk fungsi-fungsi lain yang mungkin lebih dalam akan sangat kesulitan ketika berusaha mempelajarinya tanpa video tutorial.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk mempelajari fungsi yang ada di Excel. Salah satunya yang bisa digunakan secara gratis yaitu Youtube yang sudah banyak menyediakan konten gratis.

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat sehingga penting untuk Anda mempelajarinya. Cara mudah belajar Excel yang kami bagikan, semoga bisa membantu Anda ada bisa menggunakan Microsoft Excel dengan baik.