Tata Tertib Belajar Online supaya Pembelajaran Lebih Kondusif

Tata tertib belajar online merupakan hal yang penting untuk diketahui. Itu karena tidak adanya tata tertib bisa membuat proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Ini memang menjadi salah satu permasalahan utama dalam belajar online.

Ada banyak orang yang mengaku kalau pembelajaran online kurang efektif dalam memahamkan murid. Oleh karena itu, banyak pihak menuntut agar pembelajaran offline dijadikan prioritas seperti semula.

Perlu diketahui, pembelajaran online sebenarnya seratus persen efektif. Hanya saja, efektivitas tersebut perlu ditunjang dengan tata tertib yang memadai. Tanpa adanya tata tertib, pembelajaran memang akan berjalan kurang sesuai dengan ekspektasi.

Berikut Tata Tertib Belajar Online supaya Kondusif

Jika Anda masih belum mengetahui tata tertib yang efektif dalam pembelajaran online, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini akan dibahas beberapa tata tertib yang sifatnya vital. Dengan adanya tata tertib ini, pembelajaran online tidak akan kalah dengan pembelajaran offline.

1. Off Mic

Tata tertib belajar online pertama yang perlu diterapkan adalah off mic. Ini perlu dilakukan oleh setiap orang dalam pembelajaran kecuali orang yang berbicara. Nantinya sangat mungkin pembelajaran akan terganggu oleh berbagai suara.

Perlu diketahui, suasana di luar tempat belajar sendiri memang tidak bisa dikontrol. Oleh karena itu, sulit bagi Anda untuk menjamin kalau pembelajaran tidak akan terganggu ketika mic terus dinyalakan.

2. On Cam

Tata tertib belajar online berikutnya terletak pada kamera. Anda juga perlu memastikan kalau kamera dalam pembelajaran akan online seterusnya. Dengan kamera yang online, pengajar akan bisa lebih baik dalam menjelaskan materi yang dipaparkan.

Itu karena, menjelaskan di hadapan orang lain jauh lebih mudah dibanding menjelaskan dengan hanya menghadap layar kosong. Selain itu, on cam juga berfungsi untuk mengontrol peserta agar tidak pergi ke mana-mana.

Itu karena belajar online sangat memungkinkan peserta untuk pergi ke berbagai tempat yang pada akhirnya mengganggu proses pembelajaran. Ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk dilakukan.

3. Raise Hand

Tata tertib belajar online berikutnya berhubungan dengan fungsi raise hand yang ada di setiap aplikasi meeting. Fungsi raise hand ini perlu digunakan ketika ada peserta yang ingin bertanya pada pengajar. Tidak menggunakan fungsi raise hand bisa berbahaya.

Nantinya sangat mungkin penjelasan dari pengajar malah terpotong sehingga peserta lain akan terganggu. Menggunakan fungsi raise hand sendiri akan memudahkan pengajar. Itu karena pengajar bisa leluasa ketika mencari peserta yang ingin bertanya.

4. Berada di Ruangan yang Mendukung

Tata tertib berikutnya yang perlu diterapkan berhubungan dengan tempat. Memang prinsip belajar online bisa dilakukan di mana saja. Namun peserta dan pengajar harus berada di ruangan yang memang mendukung berlangsungnya pembelajaran online.

Jika ruangan yang digunakan tidak mendukung, sangat mungkin pembelajaran online tersebut malah akan terganggu oleh berbagai hal. Adanya aturan untuk on cam akan mempermudah aturan ke empat ini.

5. Pakaian Rapi

Tata tertib belajar online terakhir berhubungan dengan pakaian yang digunakan saat pembelajaran. Karena dilakukan di rumah, beberapa orang sering asal memilih pakaian. Perlu diketahui, hal tersebut adalah kesalahan.

Itu karena pembelajaran perlu dilakukan dengan pakaian rapi. Dengan digunakannya pakaian rapi, kesan serius dalam belajar akan muncul. Ini berbeda dengan kondisi di mana peserta menggunakan pakaian bebas saat pembelajaran.

Untuk menunjang efektivitas belajar online, perlu ada kerja sama antara pengajar dan peserta. Tanpa adanya kerja sama, sulit untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Selain itu, dibutuhkan juga konsistensi dalam menerapkan tata tertib belajar online.