Tips Belajar Memetik Gitar yang Perlu Dilakukan Pemula

Tips belajar memetik gitar sekarang banyak dicari. Itu karena, bisa memetik bisa dikatakan sebagai salah satu pencapaian yang luar biasa dalam bermain gitar. Ada banyak orang yang sudah belajar gitar sejak lama namun masih saja kesulitan dalam memetik.

Perlu diketahui, belajar memetik sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Jika seseorang belajar dengan giat, hal ini bisa dikuasai dengan sendirinya. Lagipula, memetik sendiri memang masih merupakan dasar dalam bermain gitar.

Apabila Anda merasa kesulitan saat belajar memetik, ini membuktikan kalau ada tahapan yang terlewat. Itu karena memetik gitar tidak bisa dilakukan langsung, perlu adanya latihan yang cukup rutin.

Tips Belajar Memetik Gitar untuk Pemula

Untuk mempelajari cara memetik gitar, ada beberapa poin yang tidak boleh terlewatkan. Berikut beberapa poin pentingnya yang sudah dikuasai ahli. Di bawah ini adalah beberapa poin yang kami maksud.

1. Posisi

Tips belajar memetik gitar pertama terletak pada posisi saat memainkannya. Intinya Anda perlu mengambil dulu posisi yang nyaman saat duduk. Apabila posisi badan sudah tidak nyaman, akan sulit untuk bisa memetik secara presisi.

Selain itu, penting juga untuk memahami kalau perut dan dada harus dekat ke badan gitar. Langsung saja pegang leher gitar dengan tangan kiri sehingga membentuk huruf V. Badan gitar sendiri biasanya ditahan dengan bantuan kaki tangan.

2. Setel Gitar

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan dalam tips belajar memetik gitar adalah menyetel gitar tersebut. perlu diketahui, memetik gitar berbeda dengan memainkan gitar seperti biasa. Saat memetik, nada gitar harus sepenuhnya presisi.

Jika ada yang tidak presisi, pasti sulit untuk mendapatkan nada seperti yang diinginkan. Anda tidak perlu menyetel gitar secara manual sepenuhnya. Sekarang, ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan saat hendek menyetel gitar tersebut.

3. Kunci Dasar

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting saat belajar memetik gitar berhubungan dengan kucni dasar. Intinya Anda perlu paham bagaimana cara memainkan kunci dasar. Perlu diketahui, ini seakan tidak penting saat belajar memetik.

Namun keberadaan kunci dasar nantinya tetap menjadi dasar. Beberapa dari Anda pasti langsung mundur ketika mengetahui kalau sebuah lagu memiliki kunci gantung. Ubahlah kebiasaan buruk tersebut dan coba gunakan kunci gantung saat memainkannya.

4. Pahami Melodi

Jika kunci dasar sudah dikuasai, sekarang pahami cara menggunakan melodi. Sebenarnya akan lebih baik jika Anda bisa menguasai melodi dengan membacanya. Dengan begitu, mempelajarinya akan menjadi lebih mungkin.

Namun jika mempelajari cara membaca tangga nada dirasa terlalu sulit, langsung saja belajar memainkannya. Anda tidak akan terlalu kesulitan nantinya saat sudah terbiasa menggunakan.

Ketika mempelajari melodi, Hal paling dasar yang perlu dipahami adalah memahami nada dasar senar. Setelah itu, jangan lupa juga untuk memahami perpindahan nada di setiap fret. Nantinya pemahaman hal ini akan mempermudah saat belajar memetik.

5. Belajar Memetik

Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan, inilah waktu yang tepat untuk belajar memetik gitar. Perlu diketahui, belajar memetik sendiri bisa dimulai dengan empat jari. Nantinya Anda bisa mengikuti melodi yang sebelumnya dipelajari.

Saat memetik, tempatkanlah jempol untuk memetik senar empat, lima, dan enam. Intinya semua senar bas dipetik menggunakan ibu jari. Setelah itu, telunjuk digunakan untuk senar tiga, jari tengah untuk senar dua, sedangkan jari manis untuk senar satu.

6. Rutin

Hal terakhir yang tidak boleh terlewat saat belajar memetik adalah melakukannya secara rutin. Ini bisa dikatakan sebagai kunci utama saat memetik gitar. Jika tidak rutin dilakukan, semua upaya yang dilakukan saat belajar akan percuma.

Perlu diingat, memetik sendiri membutuhkan motivasi yang tinggi. Oleh karena itu, milikilah tujuan yang besar agar motivasinya meningkat. Tanyakan pada diri sendiri mengapa belajar memetik gitar ini harus dilakukan.