Cara Belajar Dasar HTML dalam Waktu yang Singkat

Bagi Anda yang ingin belajar dasar html berikut beberapa informasi penting yang bisa membantu Anda untuk mengenalnya. Html sendiri merupakan hal wajib yang harus Anda pelajari jika ingin menjadi web developer.

Apalagi web developer merupakan pekerjaan yang menjanjikan di zaman sekarang. Apabila Anda ingin mempelajari html maka harus belajar dari dasar terlebih dahulu untuk mengerti semuanya.

Selain itu, html merupakan bahasa dasar dalam proses pembuatan web sehingga wajib Anda kuasai semuanya. Namun untuk mempelajari hal ini sebenarnya bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Belajar Dasar HTML Wajib Mengetahui Pengertiannya

Sebelum mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan html maka yang pertama sekali harus diketahui yaitu pengertiannya. Html merupakan bahasa yang digunakan sebagai penAnda dalam membuat halaman web. PenAnda ini nantinya disebut sebagai tag.

Berikut adalah beberapa panduan yang bisa Anda jadikan pegangan dalam belajar sehingga bisa menguasai html di waktu yang singkat. Jadi semakin cepat Anda bisa menjadi web developer maka semakin cepat juga mendapatkan pemasukan.

HTML memiliki peran penting karena bisa menentukan struktur konten dan tampilan pada sebuah web. Jadi bisa diibaratkan bahwa html ini adalah batu bata dalam membangun rumah. Batu bata ini nantinya akan disusun sampai menjadi fondasi dasar.

Sedangkan javascript dimanfaatkan untuk membuat halaman web agar terlihat lebih hidup. Jangan sampai Anda belajar dasar html tetapi tidak mengetahui pengertiannya bahkan tidak bisa membedakan antara html dengan CSS serta JavaScript.

Pada saat membuat halaman web maka tidak menggunakan HTML saja tetapi terdapat beberapa bahasa lain yang dijadikan sebagai pelengkap seperti CSS dan JavaScript. Untuk CSS merupakan bahasa khusus yang dimanfaatkan untuk memperindah tampilan web.

Langkah untuk Belajar Dasar HTML

Jika Anda bingung harus memulai dari mana belajar dasar-dasar pada html berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Jadi nantinya Anda tahu harus mempelajari apa dari awal sampai akhir. Inilah beberapa langkah yang harus Anda ikuti yaitu:

1. Mengenal apa itu tag, elemen, dan atribut

Jika ingin belajar dasar html maka hal pertama yang harus diketahui yaitu mengenal apa itu tag, elemen, dan atribut. Karena ketiga Hal inilah yang menjadi pembentuk dasar dari HTML. Sendiri merupakan awalan instruksi yang akan dibaca oleh web browser.

Ada juga elemen yang merupakan keseluruhan kode yang terdiri dari tag pembuka dan tag penutup tetapi tidak semua tag HTML memiliki pasangan penutup. Sedangkan atribut berupa informasi tambahan yang berada di dalam elemen

2. Wajib paham dengan struktur dasar HTML

Setelah mengetahui apa saja atom penyusun html maka jika atom dikumpulkan bisa terbentuk dokumen. Dokumen html terdiri dari berbagai bentuk mulai dari yang sederhana sampai menjadi kerangka inti yang digunakan pada setiap dokumen html yang ada di dunia.

Setelah Anda mengetahui kerangka inti html maka bisa memilih sesuai dengan tujuan dan kebutuhan halaman website yang ingin dibuat. Apabila struktur dasar seperti ini tidak Anda ketahui maka akan kesulitan.

3. Mempersiapkan editor HTML

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu mempersiapkan editor html yang berupa lembar kerja di mana Anda bisa membuat dan mengedit dokumen. Ada berbagai macam editor html yang bisa Anda gunakan secara gratis seperti atom, bracket, dan masih banyak lagi.

Pastikan OS komputer Anda mendukung untuk menggunakan editor html tersebut. Setelah itu Anda bisa menginstal sehingga proses belajar menjadi mudah. Cara ini kemungkinan besar akan membawa kesuksesan.

Pastinya ada banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh setiap editor html yang harus Anda ketahui. Dengan cara belajar dasar html ini maka tidak menutup kemungkinan dalam waktu singkat Anda bisa menguasainya.