Langkah Belajar Excel Macro agar Menjadi Lancar

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan jika ingin belajar Excel macro. Apalagi mempelajari hal ini bisa mempermudah Anda dalam mengoperasikan MS Excel. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan salahku pengguna aktif Excel.

Bahkan macro Excel merupakan salah satu solusi yang tepat ketika Anda menghadapi berbagai macam masalah dalam mengoperasikan MS Excel. Namun sebelum mempelajari macro Excel disarankan Anda untuk menguasai fitur dan fungsi yang disediakan oleh Excel.

Ditambah lagi mempelajari hal ini sebenarnya tidak sulit apabila Anda ingin berusaha dan rajin. Di bawah ini adalah penjelasan secara lebih runtut yang sudah kami rangkum untuk Anda yang memiliki keinginan untuk belajar.

Apa Itu Sebenarnya Macro Excel?

Sebelum Anda belajar Excel macro maka harus mengerti mengenai pengertiannya. Macro merupakan barisan perintah maupun kode sehingga Excel bisa melakukan sebuah perintah secara otomatis.

Jadi bisa dikatakan bahwa macro Excel adalah script maupun kode yang memungkinkan program berjalan sesuai perintah Anda dengan otomatis sehingga menambah fungsional terhadap laporan, formulir, dan kontrol.

Karena mempelajari hal dasar merupakan hal penting yang tidak boleh Anda anggap remeh. Apabila Anda tidak menguasai hal dasar tersebut maka bisa membuat proses belajar Excel macro menjadi terhambat.

Sampai sekarang masih banyak orang beranggapan bahwa macro itu sama dengan VBA. Padahal sangat jauh berbeda walaupun antara macro dan VBA saling berhubungan erat. Apabila makruh merupakan otomatisasi di MS Excel yang berisi tentang perintah berurutan.

Terdapat perintah yang fungsinya melakukan tugas secara berulang maka VBA adalah bahasa pemrograman yang berbasis objek. VBA dikenalkan oleh perusahaan Microsoft di tahun 1993 untuk versi Excel 5.0 di mana memiliki fungsi untuk memanipulasi objek di dalam aplikasi tersebut.

Penting untuk Anda ingat bahwa VBA tidak hanya bisa diaplikasi Excel saja tetapi di beberapa aplikasi lain seperti PowerPoint, word, access dan lainnya. Jangan sampai ketika mempelajari Excel macro Anda tidak mengetahui hal dasar seperti ini.

Panduan untuk Belajar Excel Macro

Apabila Anda ingin mempelajari Excel macro maka inilah beberapa panduan agar bisa lancar dan tidak kebingungan. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda perhatikan secara lebih jelas, yaitu:

1. Membuat folder khusus

Sangat disarankan pada saat belajar Anda membuat folder khusus yang berfungsi untuk menyimpan hasil pembelajaran nanti. Jadi nantinya Anda tidak akan sia-sia pada saat belajar dan tahu apa saja yang sudah dipelajari.

Nantinya Anda juga bisa membuat folder di mana saja sesuai kebutuhan bahkan di drive belajar Excel macro dan jangan lupa untuk memberikan nama. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan progress yang bagus.

2. Menampilkan tab developer dan cek security setting

Apabila Anda telah membuat folder maka harus memastikan bahwa tab developer telah muncul di dalam aplikasi Excel. Kemudian Anda harus memastikan bahwa kode VBA yang ditulis telah berjalan dengan normal.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa aplikasi Excel telah mengizinkan adanya penggunaan macro. Caranya adalah dengan melakukan pengecekan cek security. Nantinya Anda harus mengklik macro security di bagian tab developer.

Selain itu, ini nanti kemungkinan besar akan muncul tulisan Windows Trust Center. Nantinya Anda harus mengatur dan memilih opsi disable all macros with notification dan memilih oke agar berhasil.

3. Melakukan setting trusted location dan menyimpang file dengan tepat

Langkah selanjutnya Anda harus meletakkan file pada lokasi yang terpercaya sehingga file Excel yang berbagi kode makhluk VGA bisa berjalan tanpa adanya pemeriksaan. nantinya Anda harus melakukan setting di bagian trust center yang ada pada trusted location.

Apabila file Excel yang Anda miliki menggunakan macro maka lebih baik disimpan pada format file yang tepat di mana mendukung enable macro. Itulah yang bisa Anda lakukan untuk mempelajarinya.

Sebab, jika terjadi kesalahan pada penyimpanan format yang tidak mendukung macro maka bisa membuat kode tidak terdeteksi. Karena itu inilah beberapa panduan yang bisa membantu Anda ketika belajar Excel macro.