Belajar Kunci Gitar untuk Pemula dari Paling Dasar

Jika Anda ingin belajar kunci gitar untuk pemula maka harus belajar dari dasar terlebih dahulu agar bisa mengerti. Sangat disarankan sebelum mengenal berbagai macam jenis kunci gitar maka Anda harus belajar mengenai bagian gitar beserta dengan fungsinya.

Dengan hal seperti ini Anda akan mudah untuk mengenal setiap kunci gitar. Jangan lupa pulang untuk belajar mengenai peletakan senar yang ada di gitar. Gitar sendiri memiliki 6 buah senar di mana setiap senar menghasilkan nada yang berbeda.

Seperti senar 1 yang digunakan untuk menghasilkan nada E’. Ada juga senar 2 yang digunakan untuk menghasilkan nada B. Terdapat juga senar 3 yang menghasilkan nada G, senar 4 untuk nada D, senar 5 untuk nada A, dan senar 6 yang menghasilkan E.

Belajar Kunci gitar untuk Pemula dan Berbagai Jenisnya

Saat belajar kunci gitar untuk seorang pemula maka Anda harus mengetahui berbagai macam jenis kuncinya. Hal ini wajib diketahui agar Anda bisa memainkannya dan menciptakan nada yang indah.

Di mana letak dari kuncinya ada pada bagian paling atas. Setelah menguasai mengenai senar ini dan bagian pada gitar baru Anda bisa belajar kunci gitar untuk pemula sehingga mudah mengerti nantinya.

Berikut beberapa jenis kunci yang ada di gitar dan bagaimana cara memainkannya yaitu:

1. Jenis kunci A mayor

Untuk belajar kunci gitar pemula tipe yang satu ini wajib Anda ketahui karena dibandingkan dengan lainnya paling mudah untuk dipraktikkan. Sangat disarankan bagi Anda yang ingin belajar maka kunci yang satu ini adalah jenis yang harus Anda pelajari pertama sekali..

Nantinya Anda hanya perlu meletakkan jari di fret yang sama, untuk belajar kunci gitar untuk pemula maka hanya perlu meletakkan jari telunjuk pada senar 4 di fret kedua. Kemudian jari tengah harus menekan senar 3 di fret kedua dan jari manis menekan senar 2 di fret kedua.

2. Jenis kunci A minor

Jenis lainnya yang akan kalian temukan pada saat belajar kunci gitar yang cocok untuk pemula adalah tipe A minor. Untuk memainkan kunci ini maka jari telunjuk Anda harus menekan senar 2 di fret pertama.

Kemudian jari tengah akan menekan senar 4 di fret kedua sedangkan jari manis harus menekan senar 3 pada fret kedua. Kini Anda sudah mengerti sedikit dari belajar kunci gitar untuk pemula.

3. Jenis kunci C mayor

Ketika belajar kunci gitar  maka Anda harus menguasai tipe yang satu ini karena sering dijumpai pada berbagai lagu. Jangan sampai Anda kebingungan untuk memainkannya sehingga tidak bisa mengikuti nada di lagu favorit.

Untuk bisa menciptakan kunci c mayor ini maka Anda harus meletakkan jari telunjuk dan menekan senar 2 pada fret pertama. Kemudian jari tengah harus menekan senar 4 di fret kedua sedangkan jari manis harus menekan senar 5 di fret ketiga.

4. Jenis kunci D mayor

Jika Anda ingin memainkan kunci D mayor maka langkah pertamanya yaitu meletakkan jari telunjuk di senar 3 fret kedua dan menekannya. Lalu jari tengah harus berada di senar 1 di fret kedua sedangkan jari manis harus berada di senar 2 fret ketiga serta jangan lupa untuk menekannya.

5. Kunci D minor

Terdapat juga jenis kunci D minor di mana jari telunjuk Anda harus berada di senar 1 fret pertama sedangkan jari tengah harus ada di senar 3 fret kedua. Kemudian jari manis harus berada di senar 2 fret ke tiga.

Jadi terdapat perbedaan antara kunci D mayor dan minor. Serta masih banyak lagi jenis  yang harus Anda ketahui pada saat belajar kunci gitar untuk pemula dimana wajib Anda ketahui agar bisa memainkannya dengan lancar.