Belajar Make Up Artis untuk Pemula agar Bisa Hasilkan Cuan

Sebenarnya, belajar make up artis (MUA) dapat dilakukan secara mandiri atau otodidak. Namun jika ragu dengan kemampuannya, maka bisa memanfaatkan jasa pelatihan atau kursus agar manjadi seorang ahli.

Mereka memanfaatkan kemampuan artistiknya serta beragam produk make up untuk dapat menunjukkan fitur natural pada wajah. Bahkan ada tekniknya yang dapat mengubah penampilan seseorang secara total hingga berubah jadi orang lain.

Kedua pilihan tersebut pastinya sesuai dari keinginan tiap klien serta preferensi MUA sendiri. Karena biasanya memang jasanya dimanfaatkan untuk keperluan yang berbeda-beda. Sebagian besar digunakan untuk acara pernikahan atau wisuda.

Cara Merintis Karir Belajar Make Up Artis

Tidak sedikit orang yang berminat menggeluti karir sebagai MUA, akan tetapi mereka bingung harus memulai dari mana. Mengenai MUA sendiri merupakan seorang spesialis pada bidang kosmetik atau kecantikan.

Belajar makeup dapat dilakukan otodidak atau mandiri. Namun tidak semua orang punya minat dan waktu dalam bidang ini. Karena sebagian besar dari mereka hanya belajar makeup sederhana untuk keseharian.

Namun jika suka makeup serta mau mempelajarinya lebih dalam, maka dapat dijadikan peluang. Anda bisa merintis karis sebagai MUA, namun sebelumnya harus memahami dan mempelajari beberapa tips berikut.

1. Mempelajari teknik dasar makeup

Agar bisa jadi seorang MUA, maka kenali lebih dulu dasar dari makeup. Seperti jenisnya, peralatannya, serta cara pemakaiannya. Pemilihan shade sesuai warna kulit dan pengaplikasian produk juga penting untuk dipelajari.

Anda bisa memulai mengenalai alatnya apa saja, kemudian pahami jenis kulit dan cocokkan produk. Belajar make up artis dasar ini bisa membuat seseorang lebih paham penggunaan, jenis, warna kulit yang cocok.

2. Konsisten latihan

Kunci keberhasilan ialah rajin berlatih, tidak terkecuali merias. Jadi Anda harus konsisten berlatih agar dapat meningkatkan skill merias. Teknologi maju sekarang ini bahkan mempermudah dalam belajar karena banyak tutorialnya.

Mulai dari YouTube atau TikTok dari beauty blogger yang membagikan tipsnya. Selain belajar wajah sendiri, bisa mulai mendadani orang lain agar lebih belajar banyak bentuk wajah, jenis, dan warna kulit seseorang.

3. Kumpulkan perlahan alat make up

Untuk belajar make up artis, maka pastinya perlu produk serta alatnya. Tidak perlu khawatir, karena bisa mengumpulkannya perlahan. Apalagi alat serta produk rias sangat banyak dan tidak mungkin dikumpulkan sekaligus.

Apalagi untuk harganya memang tidak murah jika ingin kualitasnya bagus. Jadi lakukan pembelian secara perlahan saja. Selain itu cek juga keamanan produknya, jangan sampai membuat iritasi atau alergi pada wajah.

4. Sosial media untuk portofolio

Agar kepercayaan klien bisa semakin besar, maka perlu adanya portofolio. Jika selesai merias, maka Anda bisa mengabadikan hasilnya dan membandingkan dengan sebelum dirias, kemudian posting di sosial media.

Dengan hasil tersebut, maka bisa membuat calon klien punya gambaran bagaimana hasil riasan Anda dan semakin yakin menggunakan jasanya. Jadi abadikan hasil karya tersebut sebagai bahan pertimbangan calon klien.

5. Ikut kursus

Cara lain belajar make up artis bisa dengan mengikuti kursus atau pelatihan secara rutin. Dengan cara ini, maka Anda bisa mempelajarinya secara langsung, mulai dari dasar merias hingga teknik khusus.

Bahkan instruktur juga akan memberikan tips agar menghasilkan riasan lebih bagus. Karena mereka sudah melalui berulang kali kegagalan dan dapat dijadikan pembelajaran ke depannya. Sehingga produk dan teknik baru juga dapat tercipta.

Jika seseorang memang sudah punya bakat dan senang dengan kosmetik atau kecantikan. Tentunya tidak akan sulit untuk belajar dan membuat portofolio beragam jenis teknik ketika mempelajarinya, baik kursus atau mandiri.

Jika ingin merintis menjadi seorang MUA, maka bisa berlatih secara perlahan dan konsisten. Anda dapat belajar make up artis memakai produk serta alat sederhana untuk meningkatkan kemampuan.