Mengakses Platform Merdeka Belajar Login Mudah dan Cepat

Agar memudahkan para tenaga pendidik untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, maka adanya platform merdeka belajar login ini sangat berguna. Bukan hanya sekadar aplikasi saja, karena dapat membantu guru mandiri mengembangkan diri.

Agar bisa mengakses platform ini dengan mudah, maka semua guru harus melakukan pendaftaran akun secara mandiri. Anda bisa mengunjungi web belajar.id atau memanfaatkan bantuan dari operator satuan pendidikan tiap sekolah.

Platform tersebut merupakan sarana digital yang diberikan Kemendikbudristek RI untuk membantu guru di Indonesia. Sehingga kualitas kompetensi, pembelajaran, serta integrasi pendidikan dapat ditingkatkan. Ini juga merupakan program belajar eps 15.

Fungsi Utama dari Adanya Merdeka Belajar

Sebagai inovasi dalam dunia pendidikan, platform merdeka belajar login ini punya 3 fungsi utama yaitu belajar, mengajar, serta berkarya. Ketiganya tentu saja sangat berguna bagi guru dalam beragam aspek.

Di mana peluncuran platform ini sudah ada sejak awal Februari 2022. Anda bisa membuka aplikasi mengajar online ini dengan mudah lewat situs atau apk menggunakan PC atau smarphone. Jadi akan lebih gampang mengaksesnya.

Pertama platform ini dipakai untuk bahan mengajar. Para guru dimudahkan dengan menggunakan perangkat ini. Misalnya untuk asesmen siswa dan analisis numerisasi serta diagnostik literasi. Sehingga bisa sesuai tahapan perkembangan siswa.

Perangkat ajar yang akan didapatkan guru ialah bahan ajar, modul proyek, rencana pelaksanaan pembelajaran, asesmen, serta buku siswa. Semua perangkat tersebut dapat diakses secara online dan bisa diunduh.

Fungsi platform merdeka belajar login lainnya ialah untuk belajar. Tenaga pendidik akan memperoleh pelatihan mandiri serta berkualitas. Guru nantinya juga akan mendapat banyak video inspiratif supaya mampu kembangkan diri tanpa batas.

Dalam pelatihan mandirinya, guru nantinya diberi topik dan modul pelatihan, cerita reflektif, aksi nyara, serta latihan pemahaman. Aksi nyata ini yakni implementasi topik pelatihannya dan dipraktikkan langsung di sekolah.

Untuk poin ketiga ialah berkarya, dimana fungsinya membuat guru bisa membangun serta membuat portofolio. Yaitu menampilkan hasil karyanya di platform ke dalam bentuk video. Nantinya guru lain juga bisa saling berbagi.

Mereka bisa saling memberikan feedback satu sama lain. Nantinya feedback tersebut bisa dijadikan sebagai bahan diskusi, di mana dapat membantu tenaga pendidik dalam mengembangkan dirinya secara mandiri.

Akses Platform Merdeka Belajar Login Mudah

Menggunakan platform ini, semua guru di seluruh Indonesia bisa mengakses banyak referensi. Misalnya saja perangkat mengajar, praktik pengembangan kompetensi, hingga melakukan palatihan sendiri. Jadi sangat bermanfaat dalam kegiatan belajar mengajar.

Untuk aplikasi tersebut memang sudah ada di store resmi android dan dapat diunduh secara gratis. Tentunya dengan syarat ponsel Anda harus minimal sistem operasinya sudah versi lollipop (5,0).

Tetapi jika Anda tidak punya perangkat android, maka bisa mengakses platform merdeka belajar login menggunakan PC atau ponsel melalui web langsung. Cara ini juga sama mudahnya seperti memakai aplikasi.

Jika sudah berhasil mengunduh apk, maka lakukan login dengan tepat supaya bisa langsung menggunakannya. Pertama buka aplikasi merdeka belajar di smarphone atau web, lalu pilih menu fitur layanan yang disediakan.

Jika sudah muncul notifikasi ‘masuk memakai akun google’, maka artinya Anda diminta untuk melakukan login. kemudian klik saja tombol masuk dan login memakai akun Google yang sebelumnya sudah dibuat.

Akun tersebut menggunakan domain belajar.id. Tapi tidak perlu khawatir, karena Anda bisa login menggunakan akun Google dengan domain madrasah.kemenag.go.id. Jika memakai smartphone, maka bisa langsung login sejak awal membuka aplikasi.

Tentunya adanya platform ini semakin memudahkan para guru di Indonesia untuk melakukan pembelajaran online. Anda bisa mengunduh dan mengakses platform merdeka belajar login dengan mudah karena panduannya sudah lengkap.