Belajar Bahasa Bali Halus dengan Tepat, Kenali Tips Cepatnya

Sebenarnya, belajar bahasa Bali halus juga sama seperti lainnya. Asalkan Anda mempelajarinya dengan sungguh-sungguh, maka pasti akan lebih mudah serta cepat bisa. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang.

Belajar pastinya akan terasa jauh lebih gampang serta cepat apabila Anda memahami tiap detailnya. Sebaiknya lakukan latihan terus seperti berlatih mempelajari bahasa dari daerah tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, bahasa Bali sendiri merupakan alat komunikasi daerah yang dipakai di Pulau Bali. Banyak orang tertarik untuk mempelajarinya karena keunikan serta fungsionalitas dari bahasa daerahnya sendiri.

Tips Belajar Bahasa Bali Halus

Jika dilihat dari keunikannya, memang cukup berbeda dengan daerah lain. Mulai dari nada hingga kosa kata yang dipakai. Mempelajarinya juga dapat memberikan banyak kegunaan, terutama dapat mempermudah komunikasinya.

Bagaimanapun juga, memelajari hal baru memang tidak mudah dilakukan, termasuk belajar bahasa. Apalagi bahasa dari negeri dewata ini, di mana punya banyak unsur budaya serta spiritual di dalamnya.

Sebelum Anda mulai mempelajarinya secara intensif, maka sebaiknya pahami beberapa tipsnya, terutama bagi pemula. Jadi bisa belajar lebih lancar serta mudah, seperti yang pertama ialah punya teman dari suku Bali.

Memang tidak ada cara paling efektif untuk belajar bahasa Bali halus atau daerah lainnya selain mempelajarinya langsung dari sukunya. Jika Anda punya teman, maka akan lebih mudah apalagi bisa tahu pengucapannya.

Praktik pengucapan memang penting dan utama. Sebab sangat percuma apabila banyak teori namun kurang praktik. Karena bagian paling sulit untuk belajar bukan hanya pada kosakatanya, melainkan cara mengucapkannya.

Dalam bahasa ini, memang ada banyak kosakatanya. Namun Anda dapat memahaminya secara bertahap dan jangan memaksakan diri. Tiap harinya bisa menambah kosakata baru dan paling umum digunakan.

Kecanggihan teknologi saat ini juga dapat dimanfaatkan untuk belajar. Anda bisa mempelajari materi atau menonton video dari internet. Manfaatkan dengan baik media elektronik di situs online untuk memaksimalkan pembelajaran.

Media berkomunikasi aktif ini memang tidak akan berguna apabila Anda tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi belajar bahasa Bali halus bisa dilakukan dengan berlatih dikehidupan sehari-hari agar semakin lancar.

Tingkatan dalam Bahasa Bali Alus

Sama seperti bahasa Jawa, Bali juga mempunyai tingkatan yang wajib dipahami, terutama untuk pemula. Bahasa alus biasanya memang dipakai untuk bertutur formal, seperti ketika berbicara dengan orang dengan posisi tertentu.

Dalam bahasa Bali alus, ada tingkatan yang harus Anda ketahui. Sehingga nantinya bisa membedakan dan menerapkannya secara tepat. Jadi bukan hanya belajar teori saja, melainkan penerapannya juga.

Tingkatan pertama ada kruna alus madia, di mana kata-katanya mirip dengan kosa kata alus dan kasar. Seperti ampun artinya sudah, sira–siapa, niki–ini, serta napi–apa.

Kemudian ada belajar bahasa Bali halus ditingkatan kruna alus (sor) yakni bentuk kosa kata yang dipakai untuk merendah. Misalnya padem artinya mati, nunas-makan, budal-pulang, ipun-saya, atau wasta-nama.

Ada pula kruna alus mider (ami) yaitu bahasa Bali yang dapat dipakai untuk golongan atas atau nyingging sang singgih. Serta dipakai juga untuk golongan bawah atau ngesorang sang asor.

Contohnya ialah rauh artinya datang, memargi-berjalan, eling-ingat, lalu-lupa, serta kanin-luka. Tingkatan selanjutnya, kruna alus singgih (asi) yang dipakai untuk menghormati golongan atas atau orang tua.

Seperti nyumpena artinya mimpi, makolem-tidur, seda-mati, serta ngrayunang-makan. Keempat tingkatan bahasa alus tersebut sebaiknya dipelajari dengan baik agar tidak salah penempatan.

Menggunakan bahasa dikehidupan sehari-hari akan mempemudah proses pemahaman. Sebelum belajar bahasa Bali halus, Anda memang wajib mengikuti tipsnya agar cepat lancar, karena itu juga berpengaruh cukup kuat dalam pembelajarannya.