Cara Mengaktifkan Wi-Fi di Komputer dengan Mudah

Agar perangkat komputer atau laptop bisa mengakses komputer, maka Anda perlu tahu cara mengaktifkan Wi-Fi di komputer. Dengan cara ini, perangkat akan terhubung dengan koneksi internet sehingga bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Komputer merupakan salah perangkat yang sangat berguna, baik untuk bekerja maupun sekolah. Perangkat ini memiliki berbagai macam fungsi dan agar fungsinya lebih optimal maka perlu disambungkan dengan koneksi internet.

Selain itu, beberapa jenis komputer atau laptop juga memiliki fitur yang memungkinkan mengaktifkan Wi-Fi melalui tombol. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengaktifkan koneksi Wi-Fi pada komputer, simak penjelasan berikut.

Cara Mengaktifkan WiFi di Komputer Windows 7, 8 dan 10

Agar komputer terhubung dengan koneksi internet, maka Anda perlu mengaktifkan Wi-Fi yang ada perangkat tersebut terlebih dahulu. Masing-masing jenis komputer biasanya memiliki cara mengaktifkan Wi-Fi yang berbeda tergantung dari spesifikasi dan Windows yang digunakan.

Masing-masing Windows biasanya memiliki cara mengaktifkan Wi-Fi yang berbeda. Maka dari itu, sebelum mencoba untuk mengaktifkan Wi-Fi pada komputer, ketahui dulu Windows berapa yang Anda gunakan. Cara lengkapnya seperti di bawah ini.

1. Cara Mengaktifkan WiFi di Komputer Windows 7

  • Klik “Start” yang terdapat pada pojok kiri bawah taskbar
  • Klik tombol “Control Panel” pilih opsi “Adjust commonly used mobility settings”
  • Tunggu sampai muncul jendela simbol wifi, volume dsb. Pada simbol wifi, klik tombol “Turn wireless on”
  • Ikuti langkah yang ditampilkan hingga selesai sampai muncul simbol Wi-Fidi taskbar bagian kanan bawah yang menandakan perangkat telah terhubung dengan internet

Untuk komputer desktop yang menggunakan Windows 7, sebaiknya gunakan Wi-Fi adapter untuk membantu mengangkan sinyal Wi-Fi dengan lebih baik. Dengan begitu, koneksi internet yang terhubung dengan komputer akan lebih stabil.

2. Cara Mengaktifkan WiFi di Komputer Windows 8

  • Klik “Settings”
  • Pilih “Change PC Settings”
  • Pilih opsi “Wireless”
  • Pindahkan tombol “Wireless device” dari off ke on

3. Cara Mengaktifkan WiFi di Komputer Windows 10

  • Klik ikon network dengan tanda globe yang ada di layar komputer bagian kanan bawah taskbar
  • Klik ikon Wi-Fihingga warnanya berubah menjadi biru
  • Pilih salah satu jaringan yang telah terdeteksi oleh laptop
  • Klik “connect” untuk menyambungkan jaringan ke perangkat komputer

Cara Mengaktifkan WiFi di Komputer dengan Tombol

Selain menggunakan cara di atas, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengaktifkan Wi-Fi di komputer. Beberapa komputer atau laptop telah dilengkapi dengan tombol khusus untuk menyalakan Wi-Fi yang dilengkapi dengan lampu indicator.

Untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu menekan tombol Wi-Fi beberapa saat hingga pada bagian taskbar muncul beberapa jaringan Wi-Fi yang terdeteksi. Pilih salah satu jaringan yang ingin Anda hubungkan dengan komputer dan tunggu beberapa saat sampai jaringan benar-benar terhubung.

Cara mengaktifkan Wi-Fi di komputer yang lainnya adalah dengan tombol Fn dan function key. Untuk menyambungkan wifi, Anda hanya perlu menekan tombol Fn yang diikuti dengan function key dengan simbol jaringan di dalamnya.

Tunggu beberapa saat hingga perangkat berhasil terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan. Dengan cara tersebut, Anda mungkin akan mudah untuk mengaktifkannya. Cara yang kami berikan bisa dikatakan mudah untuk ditiru dan dicoba secara individu.

Sebelum memutuskan untuk menghubungkan Wi-Fi di komputer, pastikan dulu pilih jaringan yang aman. Setelah itu, barulah terapkan cara mengaktifkan Wi-Fi di komputer seperti di atas sesuai dengan jenis perangkat dan Windows yang Anda gunakan.