Perbandingan Snapdragon dengan Mediatek, Mana Lebih Unggul?

Perbandingan Snapdragon dengan Mediatek adalah hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu ketika Anda ingin membeli smartphone khususnya Android yang memiliki chipset Snapdragon ataupun Mediatek.

Keduanya merupakan chipset unggulan di kelas Android mulai dari low end hingga high end. Baik Snapdragon ataupun Mediatek memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing sehingga Anda tidak perlu lagi memperdebatkan siapa yang terbaik.

Perbandingan Snapdragon dengan Mediatek yang Harus Anda Ketahui

Jika Anda ingin membandingkan antara Snapdragon dengan Mediatek harus Anda lihat dari beberapa aspek. Jika sudah dilihat dari hal tersebut maka akan semakin mudah untuk membandingkan dua buah chipset terbaik saat ini tersebut.

Berikut ini akan kami berikan review tentang cara melihat perbandingan Snapdragon dengan Mediatek dari beberapa aspek yang harus Anda ketahui. Berikut ini ulasan menarik selengkapnya tentang perbandingan keduanya.

1. Asal Usul

Hal pertama yang harus Anda lihat dari perbandingan kedua chipset tersebut adalah asal usulnya. Snapdragon merupakan chipset yang dikembangkan oleh perusahaan Qualcomm yang berbasis di San Diego, California.

Sedangkan Mediatek merupakan chipset yang dikembangkan dengan nama yang sama yakni Mediatek. Chipset ini pertama kali dibuat pada tahun 1997 yang berbasis di kota Hsinchu, Taiwan yang merupakan salah satu kawasan ekonomi terbesar di Asia.

2. Chip Prosesor

Baik Snapdragon dan juga Mediatek merupakan chipset yang mengusung multi core dengan 1,2,4,6,8,10. Meskipun perbandingan Snapdragon dengan Mediatek tidak melulu harus dilihat dengan adanya berapa core di chipset tersebut.

Sebenarnya Mediatek tengah mengembangkan inovasi baru yakni 12 core. Namun inovasi tersebut tengah dalam masa uji coba dan pengembangan. Diyakini inovasi tersebut akan menjadi inovasi yang luar biasa beberapa tahun yang akan datang.

3. CPU dan GPU

Jika kita berbicara tentang CPU antar keduanya yakni Snapdragon dengan Mediatek, sama-sama memiliki jenis CPU yang secara keseluruhan memiliki kesamaan. Kecuali dengan GPU yang dimana Snapdragon memiliki GPU Adreno yang sangat baik.

Meskipun begitu perbandingan Snapdragon dengan Mediatek yang dimana Qualcomm terlihat memiliki GPU yang biasa saja di kelas hp low end hingga mid end, tidak seperti Mediatek yang terlihat lebih merata kualitas GPU nya di setiap kelas hp yang ada.

4. Umur Baterai

Jika dibandingkan dari umur baterai, maka Snapdragon memiliki kualitas yang lebih unggul terkait umur baterai ponsel yang mereka tenagai. Mediatek memerlukan kapasitas baterai yang besar agar hp tersebut awet bertahan lama.

Mengenai masalah heating dan juga chipset yang dimana ponsel Snapdragon tidak mudah panas jika sudah lama digunakan tidak seperti Mediatek yang cenderung lebih panas ketika digunakan oleh user dalam jangka waktu yang lama.

5. Kinerja

Perbandingan Snapdragon dengan Mediatek terakhir bisa Anda bandingkan melalui kinerja hp tersebut. Dimana Snapdragon lebih di unggulkan karena lebih baik saat digunakan untuk menjalankan beberapa program sekaligus atau multi tasking.

Snapdragon lebih baik untuk melakukan beberapa hal berat seperti bermain game atau editing. Meskipun Mediatek juga dapat melakukan multitasking dengan baik namun kualitasnya masih sedikit lebih baik Snapdragon.

Itulah beberapa aspek yang harus Anda ketahui jika ingin membandingkan antara Snapdragon dengan Mediatek. Yang tentunya perbandingan antar keduanya tidak bisa Anda lihat dari satu sudut pandang saja.

Perbandingan keduanya juga bisa Anda lihat dari harga, dimana ponsel bertenaga Snapdragon biasanya memiliki harga yang sedikit lebih mahal ketimbang Mediatek. Dan itulah cara untuk melihat perbandingan Snapdragon dengan Mediatek.