Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat harus Anda pelajari jika masih awam. Kartu memori memiliki fungsi utama sebagai penambah kapasitas penyimpanan di smartphone maupun kamera digital.

Kartu memori menjadi salah satu komponen paling penting untuk perangkat elektronik terutama HP jenis android. Kepopuleran smartphone android dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti halnya bisa menambahkan kapasitas penyimpanan pakai MicroSD.

Supaya tidak mengalami kesulitan, alangkah baiknya pahami cara memperbaiki kartu MicroSD yang rusak secara tepat. Kenali cara mengatasi memori rusak dengan mudah tanpa harus melakukan format sebagai berikut.

Inilah Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

Mengingat smartphone secanggih apapaun memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas dan harus ditambah pakai kartu MicroSD tambahan. Pengguna tidak perlu khawatir kapasitas penyimpanan penuh ketika ingin menyimpan file video, foto, dll.

Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat sangat diperlukan jika Anda tidak ingin membeli baru. Kartu memori bisa rusak atau eror tanpa diketahui penyebabnya, namun Anda tidak perlu cemas.

Gangguan yang bisa menimbulkan kerusakan pada kartu memori membuat pengguna kerap panik sehingga memformat data-data di dalamnya. Padahal file penting pada memori penyimpanan seharusnya tidak perlu dihapus ketika MicroSD rusak.

Ketika memori penyimpanan rusak, sebaiknya jangan langsung panik ke tempat servis. Anda sebenarnya bisa melakukan servis kartu memori sendiri tanpa harus membersihkan data-data file penting dengan mengikuti penjelasan kami.

1. Membersihkan Kartu MicroSD

Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat pertama adalah bersihkan MicroSD secara manual. Anda bisa membersihkan kartu memori dengan cara mengelap pakai tissue dan menggunakan penghapus pensil.

Gosoklah bagian lempeng secara perlahan supaya kartu memori Anda mengkilap atau setidaknya bersih. Pastikan membersihkan lempeng kartu MicroSD secara pelan-pelan agar bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada memori.

2. Gunakan Command Prompt

Gunakan fitur pada Windows berupa Command Prompt yang bisa diakses melalui laptop atau komputer. Langkahnya memakai Command Prompt sangat mudah, yaitu buka lewat OS Windows terbaru milik Anda.

Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat selanjutnya buka menu, kemudian ketik “cmd”. Setelah itu “Run” dan tunggu sampai terbuka, cek apakah kartu memori berhasil terbaca.

Ketik “chkdsk<partisi microSD>:/f” dan tekan enter untuk melihat masalah yang terjadi pada kartu memori Anda. Apabila terdapat tulisan “Windows Has Made Correction to the File System” tandanya MicroSD dapat diperbaiki.

Lakukan Scan dengan AntiVirus Komputer

Belum selesai sampai di sini, Anda juga bisa melakukan scan pakai antivirus komputer atau laptop kesayangan. Apabila Anda sudah memasang antivirus, fungsinya dapat membantu pengguna menyelesaikan masalah kerusakan MicroSD.

Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat dengan melakukan scan pakai antivirus memberikan kemudahan bagi pengguna. Karena kartu memori bisa rusak disebabkan karena terkena virus saat digunakan.

Lakukan scanning virus pada kartu memori dengan memanfaatkan software Smadav, Avira, AVG, atau lainnya. Kalau memang MicroSD mengalami kerusakan akibat terkena virus, maka Anda harus segera membersihkannya.

Cara paling akhir yang ampuh untuk memperbaiki MicroSD adalah membersihkan bagian bad sector. Pada kartu memori, bad sector bisa menyebabkan kerusakan sehingga harus dijaga sebaik mungkin dari masalah tersebut.

Untuk memperbaikinya, Anda harus menghubungkan kartu memori yang rusak mengalami kerusakan pada komputer atau laptop. Klik kanan nama kartu memori, pilih Properties > Tools > Check Now, berikan centang.

Dengan mempelajari cara mengatasi kerusakan pada MicroSD, dijamin akan membuat Anda semakin mudah mengatasi sendiri. Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat membuat file-file tersimpan tetap aman.