Cara Menghapus Penelusuran di Google Play Store, Mudah!

Jika sudah dirasa penuh atau merasa hal itu adalah privasi, sebenarnya cara menghapus penelusuran di Google Play Store bisa dilakukan dengan cukup mudah. Kita hanya perlu menghapus bagian riwayat pencarian pada pengaturan.

Dengan cara itu, semua hasil penelusuran yang pernah kita lakukan sebelumnya akan hilang. Nantinya, tidak ada lagi tulisan di bawah kolom pencarian jika kita mengetikkan sesuatu pada kolom pencarian tersebut.

Bagi sebagian orang, mendapati orang lain tahu tentang apa yang dia cari di Play Store merupakan sebuah hal yang mengganggu. Jika Anda merasakan hal yang sama, cobalah untuk mengatasinya dengan cara yang kami jelaskan berikut ini!

Cara Menghapus Penelusuran di Google Play Store Melalui Pengaturan

Pada dasarnya, menghapus riwayat penelusuran di Play Store hampir sama seperti saat melakukannya di Google Chrome atau akun Google kita. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat petunjuk lengkapnya berikut ini, simak saja agar tidak merasa kebingungan:

  1. Pertama, silakan buka dan jalankan aplikasi Play Store di smartphone Anda.
  2. Setelah itu, klik ikon Foto Profil. Pada versi yang terbaru, ikon tersebut terletak di sebelah kanan kolom pencarian.
  3. Jika sudah, akan ada beberapa pilihan di dalam menu yang muncul. Silakan pilih Setelan.
  4. Kemudian pilih Umum.
  5. Setelah itu, pilih Preferensi akun dan perangkat.
  6. Pada kategori Histori, silakan pilih Hapus histori penelusuran perangkat.
  7. Jika sudah, klik Hapus histori.
  8. Terakhir, silakan cek pada kolom pencarian. Seharusnya, hasil pencarian yang pernah Anda lakukan sebelumnya sudah tidak ada lagi.

Perlu diingat, riwayat penelusuran akan kembali muncul setiap kali Anda melakukan pencarian baru. Agar penelusuran tetap bersih, silakan ulangi cara menghapus penelusuran di Google Play Store tersebut setelah menggunakannya.

Cara Menghapus Penelusuran di Google Play Store dengan Hapus Data

Menghilangkan penelusuran Google Play Store juga bisa dilakukan dengan menghapus data aplikasi dalam pengaturan Android. Silakan ikuti petunjuk berikut untuk melakukannya pada Android Anda sendiri:

  1. Silakan buka menu Setelan pada sistem Android.
  2. Setelah itu, pilih kategori Aplikasi.
  3. Pilih Aplikasi Terinstal.
  4. Selanjutnya, silakan cari aplikasi Google Play Storedan pilih aplikasi tersebut.
  5. Jika sudah, Anda akan melihat beberapa opsi yang bisa dilakukan, yaitu Hapus Datadan juga Hapus Cache.
  6. Untuk menghapus penelusuran yang pernah Anda lakukan sebelumnya, silakan pilih Hapus Data.

Dengan cara ini, daftar penelusuran Anda di Play Store juga bisa hilang. Meski begitu, cara ini umumnya akan menghapus versi terbaru dari Play Store sehingga aplikasi tersebut butuh waktu untuk memperbarui versinya kembali.

Cara Agar penelusuran di Google Play Store Tidak Muncul

Pada aplikasi Youtube, muncul atau tidaknya hasil penelusuran yang pernah dilakukan bisa diatur dalam sebuah pengaturan khusus. Sayangnya, pengaturan yang sama tidak bisa kita lakukan di aplikasi Google Play Store.

Anda akan selalu melihat riwayat pencarian aplikasi atau game setiap kali menggunakannya. Oleh karena itu, cara menghapus penelusuran di Google Play Store hanya bisa dilakukan secara manual melalui kedua cara di atas.

Sebenarnya tidak masalah untuk menampilkan riwayat pencarian di aplikasi ini. Pasalnya, pencarian yang dilakukan hanya sebatas aplikasi, game, buku, atau film saja. Tidak seperti Youtube atau Google Search yang cakupannya luas.

Pada akhirnya, menghapus hasil pencarian di Google Play Store atau tidak adalah preferensi Anda sendiri. Jika Anda ingin tetap melakukannya, silakan ikuti kedua cara menghapus penelusuran di Google Play Store tersebut.