Cara Mengembalikan Screenshot yang Terhapus Permanen

Cara mengembalikan screenshot yang terhapus permanen memang sangat dibutuhkan ketika ingin memunculkan kembali dokumen penting. Handphone sudah menjadi alat untuk mengabadikan segala hal di dunia, termasuk foto-foto penting.

Bisa jadi karena alasan apapun, Anda tidak sengaja menghapus momen penting tersebut, padahal sedang membutuhkannya. Dan juga, foto tersebut tidak selalu bisa langsung dipulihkan secara cepat seperti di komputer.

Cara Mengembalikan Screenshot yang Terhapus Permanen Menggunakan Aplikasi Ini

Memulihkan gambar tangkapan layar kini sudah dapat dilakukan secara mudah, dengan atau tanpa tools. Tentu saja hal ini membantu Anda lebih hemat uang karena tidak perlu pergi ke servis handphone.

1. Menggunakan Google Photos

Google Foto adalah cara bebas tools, sangat sederhana untuk memulihkan foto yang dihapus di Android. Google Foto juga secara teknis merupakan aplikasi, tetapi Photos umumnya tersedia secara gratis.

Cara ini dianggap sebagai cara paling efektif tanpa bantuan komputer. Itu karena Google Foto secara otomatis menyimpan foto dan video yang dihapus di Sampah selama 60 hari.

Sebagai prasyarat, tentu saja, Anda harus mengaktifkan fitur pencadangan dan sinkronisasi layanan Google Foto terlebih dahulu. Cara mengembalikan screenshot yang terhapus permanen wajib menyalakan fitur sinkronisasi.

2. Deleted Photo Recovery

Apakah Anda masih bingung bagaimana memulihkan foto yang sudah lama terhapus? Anda dapat menginstal aplikasi pemulihan foto terhapus yang telah diunduh lebih dari 60.000 kali di PlayStore.

Aplikasi ini dapat memulihkan foto terhapus di perangkat Android. Ini memberikan kemudahan dan kecepatan memulihkan foto tersembunyi. Sekali lagi, sangat mudah, tidak perlu PC atau laptop, serta tanpa root.

3. Dumpster

Salah satu cara mengembalikan screenshot yang terhapus permanen, Dumpster dapat membantu. Aplikasi ini bekerja seperti penyimpanan cloud yang secara otomatis menyimpan foto Anda ke ponsel.

Selain itu, aplikasi ini juga menjamin keamanan data pengguna. Untuk memulihkan foto terhapus, periksa folder bin untuk memulihkan/mengembalikan gambar terhapus di ponsel Samsung, Vivo, Oppo, atau Android lain.

4. DiskDigger Photo Recovery

DiskDigger adalah cara untuk memulihkan gambar di ponsel Vivo atau ponsel Android lainnya. DiskDigger bekerja dengan memulihkan gambar. Jika ponsel Android sudah di-root, Anda bebas menggunakan fungsionalitas aplikasi ini.

5. DigDeep Image Reovery

DigDeep Image Recovery adalah salah satu solusi terbaik untuk memulihkan gambar Android. Pengguna dapat memulihkan foto yang dihapus dari penyimpanan internal dan eksternal.

Jadi jika tidak tahu cara mengembalikan screenshot yang terhapus permanen, jangan bingung. Cukup masuk ke aplikasi ini, lakukan proses scan atau pemindaian, dan gambar terhapus akan segera ditemukan.

6. Restore Image

Ingin mengembalikan gambar di ponsel tanpa root? Anda bisa menggunakan aplikasi Restore Image untuk mendapatkannya. Aplikasi ini tidak berbeda dengan lainnya dalam memulihkan foto yang sengaja atau tidak sengaja terhapus.

7. Menggunakan iTunes (Khusus Pengguna iPhone)

iTunes adalah aplikasi wajib dimiliki untuk pengguna iPhone, iPad, atau iPod. Jika sering menghubungkan iPhone ke aplikasi iTunes di komputer, pengguna dapat menggunakan metode ini untuk mengembalikan gambar terhapus.

Itu karena iTunes secara otomatis mencadangkan semua yang ada di ponsel saat terhubung, termasuk foto dan video dari galeri. Cara ini akan sangat membantu apabila membutuhkannya di masa depan.

Meskipun semua hal serba otomatis dan serba tersinkronisasi, penting bagi pengguna Android atau iPhone untuk selalu membuat cadangan manual. Tidak perlu pusing tentang cara mengembalikan screenshot yang terhapus permanen lagi.