Cara Menggunakan NFC untuk Kartu ATM dengan Mudah

Cara menggunakan NFC untuk kartu ATM sering ditanyakan oleh beberapa orang, karena belakangan sering muncul perangkat hand phone yang sudah memiliki fitur tersebut. Beberapa orang awam juga masih ada yang kebingungan mengenai fungsi utama dari fitur ini.

Merupakan singkatan dari Near Field Communication di mana pengguna dapat mengakses beberapa kemudahan jika menggunakan fitur ini. Khususnya kemudahan akan suatu hal yang berkaitan dengan keuangan, seperti mulai dari mengecek saldo hingga mengisi e-toll.

Penggunaan fitur ini membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel untuk dapat menggunakannya, satu sebagai transmitter dan lainnya sebagai penangkap sinyal. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara menggunakan NFC pada kartu ATM dengan mudah.

Membahas Tentang Definisi serta Penjelasan dari NFC

Merupakan singkatan dari Near Field Communication, merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya dapat mempermudah proses transaksi digital seperti Apple Pay maupun Samsung Pay. Penggunaannya sudah ditemukan sejak tahun 1983 oleh Charles W.

Biasanya penggunaan fitur ini ditemukan pada beberapa smartphone belakangan ini, namun tidak semua ponsel dapat menggunakannya. Karena terdapat dua jenis perangkat dipakai yaitu aktif dan pasif, sehingga dibutuhkan cara menggunakan NFC untuk kartu ATM.

Dalam penggunaannya juga memiliki sistem yang hampir mirip seperti Bluetooth namun lebih canggih jika dibandingkan dengannya. Tetapi saat ini belum semua ponsel mendukung adanya fitur Near Field Communication ini, padahal terdapat banyak fungsi di dalamnya bagi Anda.

Apa Saja Fungsi yang Dimiliki?

Penggunaan Near Field Communication memiliki banyak fungsi, oleh karena itu banyak pengguna mempertanyakan mengenai cara menggunakan NFC untuk kartu ATM. Fungsi utama dari fitur tersebut adalah untuk mentransfer data antarperangkat sesingkat mungkin.

Salah satu fungsi paling utama dari NFT adalah mendukung proses transaksi secara digital, tidak seperti Bluetooth yang tidak dapat melakukannya. Sehingga penggunaannya dapat mempermudah Anda dalam melakukan transaksi secara cashless atau tanpa uang tunai.

Selain itu, cara menggunakan NFC untuk kartu ATM dapat mempermudah pengguna dalam pengecekan saldo tanpa perlu ribet memasukkan kartu terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah pengguna dalam efisiensi waktu saat mengecek saldonya dengan cepat.

Inilah Beberapa Kelebihan dari Fitur Tersebut

Salah satu kelebihan dari menggunakan teknologi Near Field Communication adalah tidak memerlukan daya cukup besar untuk dapat menggunakannya. Tidak seperti penggunaan Bluetooth yang terlalu menguras daya ponsel, penggunaan NFC 10 kali lipat lebih efisien.

Selain itu, kecepatan transfer dengan menggunakan teknologi ini lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth. Sehingga banyak orang ingin mengetahui cara menggunakan NFC untuk kartu ATM, karena tidak memerlukan waktu lama supaya dapat menggunakannya di ATM.

Selain itu, dengan menggunakan teknologi tersebut Anda tidak perlu mengunjungi bank maupun anjungan tunai mandiri guna mengisi saldo. Dikarenakan kecanggihannya, penggunaan fitur ini dapat mempermudah proses transaksi digital secara cashless.

Inilah Cara Menggunakan NFC untuk Kartu ATM

Untuk dapat menggunakannya cukup mudah, namun pastikan ponsel Anda sudah memiliki fitur ini terlebih dahulu. Jika sudah memilikinya, pergilah ke pengaturan dan carilah opsi atau pilihan NFC dan buka aplikasi tersebut, lalu pilihlah aplikasi terkait bank yang digunakan.

Cara menggunakan NFC untuk kartu ATM selanjutnya dilakukan ketika sudah memilih aplikasi bank tersebut. Lalu tempelkanlah kartu ATM Anda pada bagian belakang ponsel, tepat pada daerah yang memiliki sensor Near Field Communication untuk dapat menscannya.

Jika sudah terscan, maka sudah dapat menggunakan fitur tersebut. Sebagai contoh untuk mengecek saldo tidak perlu mencari mesin ATM lagi, tinggal buka menu NFC lalu tempelkan kartu Anda dibagian belakan ponsel, lalu secara otomatis akan keluar berapa saldo tersisa.

Penggunaan teknologi Near Field Communication sangat membantu mempermudah kehidupan manusia, terlebih di bidang transaksi digital. Oleh karena itu, gunakanlah cara menggunakan NFC untuk kartu ATM untuk memperlancar transaksi.