Panduan Cek HP Oppo Asli atau Palsu Mudah Dilakukan

Pengguna ponsel Oppo perlu mengetahui cara cek HP Oppo apakah asli atau palsu, karena di tengah dunia yang serba online saat ini, kebutuhan akan smartphone sangat tinggi. Wajar saja jika di pasaran banyak HP palsu yang beredar, terutama ponsel yang mencatut nama brand-brand besar.

Oppo termasuk salah satu ponsel android yang fitur-fiturnya banyak disukai orang. Selain itu, harga ponsel vendor China ini juga bersahabat, sehingga terjangkau oleh banyak kalangan. Bahkan HP bekas Oppo juga masih diminati banyak orang, karena keunggulan fitur-fiturnya.

Ketika Anda hendak membeli ponsel Oppo bekas, sebaiknya cek terlebih dahulu keaslian ponsel tersebut. Karena membeli ponsel tidak dari official store cukup rentan penipuan. Jika tahu cara mengecek keaslian ponsel tersebut, tentu hal ini tidak menjadi masalah.

Biasanya jika ponsel tersebut dibeli dalam kondisi baru, kemungkinan produk tersebut palsu relatif kecil. Hanya saja, Anda harus tetap cermat dan berhati-hati, oleh sebab itu, penting mengetahui cara mengecek keaslian ponsel Oppo tersebut.

Fitur Engineer Mode Pada Ponsel Oppo

Untungnya Oppo sebagai salah satu smartphone ternama sudah menghadirkan fitur perlindungan, yang memungkinkan pengguna cek HP Oppo tersebut apakah asli atau tidak. Nama fitur yang dimaksud adalah fitur Engineer Mode atau sering juga disebut sebagai fitur kode rahasia.

Fitur kode rahasia ini memungkinkan pengguna Oppo melakukan pengecekan secara mandiri apakah ponselnya asli atau tidak, apakah komponennya masih ori atau sudah diganti. Dengan kehadiran fitur kode rahasia ini, Anda tidak perlu khawatir ketika membeli ponsel bekas.

Cukup masukkan kode rahasianya, maka Anda sudah bisa mengetahui apakah ponsel bekas tersebut masih layak digunakan atau tidak. Hal yang perlu Anda tahu adalah kode untuk pengecekan setiap komponennya berbeda-beda.

Cara Cek HP Oppo Apakah Masih Asli atau Sudah Dipalsukan

Untuk lebih jelasnya lebih baik kita masuk ke pembahasan tentang cara mengecek keaslian ponsel Oppo tersebut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada kode rahasia yang harus Anda masukkan untuk mengeceknya. Langkah – langkah mengeceknya adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, buka menu telepon atau menu panggilan di ponsel Oppo.
  2. Kemudian, masukkan kode rahasianya yakni *#800#, setelah itu, tekan menu panggil di ponsel tersebut.
  3. Setelah dipanggil akan muncul menu Engginer Mode yang sudah dibahas sebelumnya. Anda sebaiknya melakukan cek HP Opposecara menyeluruh untuk mengetahui keaslian ponsel Oppo.
  4. Kode rahasia di atas bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan dan mengetes kondisi ponsel Oppo Anda. Kode ini umumnya dapat diterapkan pada semua tipe HP Oppo, mulai dari A37f, A5s, F5, A71, dan masih banyak lagi.

Cara Cek IMEI Ponsel Oppo Praktis

Selain mengecek keaslian ponsel tersebut, Anda juga bisa mengecek IMEI ponsel tersebut apakah sudah terdaftar atau tidak. Berikut ini langkah cek HP Oppo yang perlu Anda lakukan.

  1. Pertama, bukan menu telepon, lalu masukkan kode *#06#.
  2. Setelah itu, lakukan panggil atau call, sehingga akan muncul dilayar kode unik IMEI Ponsel Oppo tersebut.
  3. Jika ternyata tidak muncul kode unik di ponsel, berarti IMEI ponsel Anda belum terdaftar. Perlu diketahui bahwa IMEI ini sangat penting, karena bisa digunakan untuk mengklaim garansi atau juga melacak ponsel Oppo yang hilang.

Tentunya jauh lebih baik menggunakan ponsel yang keasliannya terjamin, karena hal ini tidak hanya soal kenyamanan, tetapi juga soal keamanan menggunakan ponsel Oppo tersebut. Ada baiknya cek HP Oppo Anda sekarang untuk memastikan keasliannya.