Kenali Perbedaan AMOLED dan OLED, Mana yang Lebih Unggul?

Perbedaan AMOLED dan OLED tentunya harus diketahui semua orang kedua kata ini sering kali disamakan artinya oleh banyak orang. Akan tetapi, nyatanya ada banyak perbedaan secara signifikan dari AMOLED dan OLED.

Seiring perkembangan zaman, pengguna alat elektronik menjadi semakin meningkat. Salah satu benda elektronik cukup populer yakni ponsel, laptop, dan PC. Dalam memilih perangkat tersebut, layar menjadi salah satu hal utama bisa menentukan daya tarik konsumen.

Penjelasan ini sangat penting untuk Anda ketahui. Hal tersebut bertujuan agar dapat menentukan layar perangkat elektronik sesuai selera. Jika Anda tertarik mengetahui lebih lanjut, artikel ini akan membahas lebih rinci mengenai perbedaan antara AMOLED dan OLED.

Berikut Perbedaan AMOLED dan OLED yang Harus Diketahui

Seperti telah diketahui, kedua kata ini kerap disamakan artinya. Tentu ada banyak perbedaan dari AMOLED dan OLED. Meskipun sudah ada orang yang mengetahui perbedaannya, namun masih banyak juga orang mempertanyakan apa saja perbedaan yang harus diketahui.

Lebih lanjut, berikut ini merupakan hal yang membedakan antara AMOLED dan OLED. Penjelasan ini tentu mudah untuk dicerna. Jadi, penting sekali bagi semua orang mengetahui Perbedaan AMOLED dan OLED tersebut secara lebih rinci.

1. Definisi OLED

Perbedaan AMOLED dan OLED terletak pada definisi. OLED atau biasa dikenal dengan Organic Light- Emitting Diode.

Istilah ini memiliki arti sebagai lapisan berupa lembaran senyawa yang akan memancarkan cahaya jika dilalui arus elektrik. Umumnya salah satu komponen ini berlapiskan semikonduktor organic.

Perlu diketahui, salah satu elektroda tersebut akan tembus pandang. Organic Light- Emitting Diode sendiri memiliki dua jenis yang berbeda. Jenis tersebut berupa Devais Small Molecule (SAMOLED) atau Devais Organic Polymer (PLED atau bisa dikenal LEP).

2. Definisi AMOLED

Berbeda dengan istilah sebelumnya, AMOLED merupakan kepanjangan dari Active Matrix Organic Lighting-Emitting Diode. Istilah ini memiliki arti sebagai teknologi layar yang pada dasarnya berasal dari bahan utama OLED.

Adapun ciri khas dari komponen yang satu ini. beberapa ciri khas tersebut yakni terbentuk dari diode organik hingga memiliki filer polar seperti halnya di dalam LCD.

3. Perbedaan dari Segi Keunggulan

Perbedaan AMOLED dan OLED selanjutnya terletak pada keunggulan. Kedua komponen tersebut tentunya memiliki keunggulan masing masing.

Hal ini membuat para konsumen ponsel bingung untuk memilih. Pada Organic Light- Emitting Diode keunggulan yang dimilikinya dapat menciptakan tingkat kecerahan seimbang dengan warna lebih realistis.

Tidak hanya itu saja, komponen ini juga bisa menciptakan warna lebih konsisten, ukurannya lebih tipis dan elegan, dan membuat daya tahan baterai lebih awet. Berbeda halnya dengan Active Matrix Organic Lighting-Emitting Diode yang memiliki keunggulan terbaik.

Beberapa keunggulan tersebut berupa menampilkan layar yang jauh lebih jernih, menampilkan view angle terbaik, membuat pergerakan gambar lebih halus. Keunggulan paling utama yakni adanya AMOLED membuat mata Anda benar-benar dimanja.

Dari penjelasan yang telah ada sebelumnya, tentu kedua istilah tersebut memiliki pengertian berbeda. Perbedaan tersebut sangat penting untuk diketahui masyarakat luas. Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa mengetahui kriteria layar ponsel sesuai dengan selera.

Tidak hanya itu saja, hal yang membedakan tersebut dapat dilihat dari definisi dan keunggulan. Pada keunggulannya, AMOLED terlihat lebih unggul dibanding dengan komponen lainnya akan tetapi hal itu bergantung pada selera masing-masing konsumen.

Jadi, dapat dikatakan perbandingan kedua komponen sangat penting untuk dipahami. Dengan adanya artikel ini Anda tidak perlu bingung lagi dalam membedakan perbedaan AMOLED dan OLED.