Alat untuk Menghubungkan ke Internet di Komputer

Terdapat berbagai jenis alat untuk menghubungkan ke internet pada komputer atau laptop Anda. Beberapa alat atau perangkat keras tersebut wajib ada jika ingin tersambung dengan jaringan internet.

Pada era digital ini, kebutuhan akan akses internet tidak dapat dihindari, dimana berbagai bidang pekerjaan hingga sektor industri membutuhkan jaringan internet agar bisa mengoperasikan bisnisnya.

Pekerjaan yang banyak diselesaikan menggunakan komputer seperti berkomunikasi melalui e-mail hingga mengunggah dokumen tentu membutuhkan akses internet. Oleh sebab itu, agar bisa mengakses internet, Anda membutuhkan beberapa alat berikut.

Berbagai Jenis Alat untuk Menghubungkan ke Internet yang Harus Dimiliki

Selain perangkat pada komputer itu sendiri, Anda membutuhkan alat agar bisa terhubung dengan internet. Berikut ini beberapa perangkat keras untuk membantu Anda terhubung dengan jaringan.

1. Modem

Anda tentu merasa tidak asing dengan perangkat keras pertama ini. Modem merupakan salah satu alat untuk membantu menangkap sinyal jaringan dari provider dan menghubungkannya pada perangkat komputer.

Model digunakan dengan menyambungkan kabel yang dihubungkan dengan port Ethernet untuk bisa mengakses jaringan dari komputer. Untuk menggunakan model, maka pengguna membutuhkan layanan jaringan dari ISP terlebih dahulu.

2. Router

Alat untuk menghubungkan ke internet berikutnya merupakan router yang berfungsi sebagai pemancar sinyal. Router akan membantu pengguna menghubungkan koneksi internet dengan jaringan broadband ke komputer.

Jaringan internet broadband yang disambung pada router tersebut bisa dilakukan melalui kabel tembaga maupun fiber optic. Perangkat keras ini akan membantu menyebarkan jaringan dari ISP ke komputer.

Berbeda dengan modem yang bisa menghubungkan internet dengan satu perangkat saja, router memiliki kemampuan untuk menjangkau perangkat dengan jumlah banyak sekaligus dalam satu waktu memakai sistem wireless.

3. Access Point

Alat untuk menghubungkan ke internet ketiga ini berperan sebagai penyebar dan penerima sinyal. Tidak jauh berbeda dengan router, access point secara fungsional bisa menghubungkan jaringan dalam lingkup area yang luas.

Secara lebih lanjut, perangkat keras pemancar sinyal jaringan ini menggunakan pengaturan konektivitas yang cukup komplek. Access point mengatur akses pada perangkat berdasarkan dengan MAC Address.

MAC Address sendiri merupakan identifikasi unik yang dimiliki network card pada sebuah perangkat. Melalui teknologi tersebut, access point dapat memberikan IP Address di setiap perangkat yang terhubung.

4. Kabel Internet

Selanjutnya terdapat alat untuk menghubungkan ke internet berupa kabel sebagai penghantar jaringan. Kabel jaringan ini tersedia dalam berbagai jenis mulai dari kabel tembaga hingga fiber optic.

Kabel tembaga biasanya digunakan juga pada sambungan layanan telepon rumah. Sedangkan fiber optic bisa digunakan pada sambungan layanan TV kabel. Di Indonesia sendiri, fiber optic lebih banyak digunakan dibandingkan tembaga.

Fiber optic untuk menghantarkan jaringan internet broadband biasanya sudah disediakan oleh operator atau provider (ISP). Kinerja kabel adalah menghantarkan jaringan ke perangkat router atau modem untuk diteruskan ke komputer.

5. Wifi Card

Perangkat keras atau alat untuk menghubungkan ke internet selanjutnya merupakan jenis yang paling penting untuk dimiliki. Perangkat keras Wifi Card tersedia dalam dunia jenis yaitu internal dan eksternal.

Jenis internal umumnya terletak pada bagian motherboard di dalam CPU komputer. Sedangkan jenis eksternal biasanya perlu disambungkan melalui port USB yang berada dan terhubung dengan CPU komputer.

6. Ethernet Card

Selanjutnya, Anda memerlukan Ethernet Card agar bisa mengakses jaringan. Perangkat keras ini umumnya terpasang pada motherboard di dalam CPU pada perangkat komputer dan digunakan untuk menambahkan port Ethernet.

Fungsi alat ini digunakan untuk menyambungkan kabel dari router atau modem dengan komputer. Port Ethernet yang tersambung dengan kabel tersebut kemudian akan mentransmisikan jaringan ke komputer.

Selain keenam alat tersebut, masih banyak perangkat keras yang bisa digunakan untuk terhubung dengan jaringan. Alat untuk menghubungkan ke internet tersebut merupakan jenis yang paling banyak digunakan dalam teknologi digital.