Cara Membuka dan Mengunci Stir Mobil yang Baik dan Benar

Setiap kendaraan pasti sudah dilengkapi dengan berbagai sistem pengaman yang berguna untuk menghindari tindak pencurian atau kriminalitas yang semakin marak terjadi beberapa tahun belakangan ini. Misalnya saja mobil. Sebagai pengaman, mobil sudah dilengkapi dengan fitur pengunci dan pembuka stir serta dilengkapi dengan alarm.

Dengan adanya fitur pengaman seperti ini, pencuri manapun akan merasa kesulitan untuk melancarkan aksinya saat hendak membobol mobil kita. Sebab si pencuri membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membongkar mobil karena tahap yang dilalui lebih panjang. Seperti menonaktifkan alarm mobil, membobol pintu kemudi, membuka kunci stir, menghidupkan mobil, sampai mobil tersebut dibawa lari.

Cara Mengunci Stir Mobil

Mengunci stir mobil merupakan salah satu cara paling ampuh agar mobil tetap aman, walaupun semalaman ditinggal di depan rumah. Sebab saat stir mobil dalam keadaan terkunci, mobil sama sekali tidak bisa digerakkan. Setiap pengguna mobil tentu sudah mengaktifkan fitur ini sebelum meninggalkan mobilnya, tapi masih ada beberapa pengguna yang belum mengetahui fungsi ini karena masih berstatus sebagai pengemudi pemula atau baru.

Untuk mengetahui cara mengunci stir mobil yang baik dan benar, simak langkah-langkah yang akan dibahas berikut ini.

  1. Perhatikan tombol yang ada pada switch mobil, seperti lock, acc, on dan start.
  2. Lepaskan kunci stir dari posisi lock. Setelah kunci mobil dilepas, putar stir mobil ke sebelah kiri atau berlawanan dengan putaran jarum jam.
  3. Lakukan sampai setengah putaranatau kira-kira 60 – 75 derajat. Setelah itu, stir mobil akan terkunci dengan sendirinya yang dapat ketahui saat terdengar bunyi ‘klik’.
  4. Jika bunyi ‘klik’ sudah terdengar, maka proses mengunci stir pun telah selesai. Stir tidak dapat digerakkan lagi, mobil pun lebih aman dan tidak dapat dicuri oleh maling.

Note:

Setelah stir mobil terkunci, jangan lupa untuk mengunci seluruh pintu mobil dengan seksama. Buat pengaman seperti alarm untuk mengurangi terjadinya tindak kejahatan.

Cara Membuka dan Mengunci Stir Mobil

Selain mengunci stir, ada pula namanya membuka stir yang berguna untuk membuka roda kemudi yang terkunci secara otomatis atau terkunci karena adanya kesalahan saat hendak meluruskan roda kemudi. Jika suatu saat roda kemudi terkunci tanpa disengaja, tidak perlu khawatir. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuka stir mobil diantaranya:

  1. Pegang kunci stir dengan tangan kanan, lalu masukkan kunci ke dalam lubang kunci.
  2. Kemudian gunakan tangan kiri untuk menarik roda kemudi supaya bergeser ke arah kiri atau bawah. Bisa juga untuk mendorong roda kemudi ke arah kanan atau atas.
  3. Pilih apakah roda kemudi akan ditarik atau didorong. Setelah itu, putar kunci stir menggunakan tangan kanan sampai kunci stir berpindah dari posisi lock ke posisi acc atau on.

Membuka dan mengunci stir mobil bukan hal yang sulit kan? Jika masih bingung, silahkan praktekkan langkah-langkah membuka stir dan mengunci stir yang sudah dijelaskan di atas secara berulang-ulang sampai Anda mahir melakukannya. Selamat mencoba!