Cara Memilih Kaca Film Mobil yang Bagus Sesuai Standar

Kaca mobil sangatlah bermanfaat untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari bahaya. Kaca mobil juga berguna untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam mobil. Sehingga pantulan cahaya ke mobil tidak terlalu silau, penumpang di dalam mobil juga merasa nyaman karena tidak terkena pancaran sinar matahari langsung.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, pemilik mobil haruslah selektif saat memilih kaca film mobil. Persentase ketebalan kaca mobil juga perlu diperhatikan. Lantas, seperti apakah kaca film mobil yang bagus sesuai standar persentase kegelapan?

Cara Memilih Kaca Film Depan Mobil

Semakin tebal kaca mobil, maka semakin aman pula. Akan tetapi, ini tidak berlaku untuk kaca depan mobil. Penyebabnya karena kaca depan yang terlalu tebal akan membuat pengemudi sulit untuk melihat kondisi jalanan. Hal ini akan memperbesar timbulnya kecelakaan lalu lintas.

1. Pilih Kaca Mobil Ketebalan 20% Atau 40%?

Untuk safety atau keamanan, sebaiknya pilihlah kaca depan mobil dengan ketebalan 20% saja. Jika Anda menganggap kaca ini masih terlalu tipis, pilihlah yang ketebalannya 40% hingga 60%. Jangan pernah memilih kaca film yang lebih dari 60% ya.

Kaca yang tebalnya 40% memiliki kelebihan di siang hari. Soalnya intensitas dan pantulan cahaya yang masuk ke mobil akan lebih sedikit. Sehingga tidak menyilaukan mata, Anda juga semakin enak menyetir. Namun, kaca yang tebalnya 40% menjadi pertimbangan di malam hari. Soalnya kondisi jalanan yang cenderung gelap membuat si pengemudi sulit melihat kondisi jalan raya. Beruntunglah jika di sepanjang jalan di pasangi lampu jalan, sehingga kondisi jalan terlihat lebih terang. Si pengemudi juga dapat menyetir dengan aman dan nyaman.

Nah, untuk kaca yang ketebalannya hanya 20% saja cenderung lebih tipis. Anda juga lebih mudah untuk melihat kondisi jalanan. Bagi Anda yang suka bepergian jauh, baik dinas ke luar kota atau berangkat kerja, disarankan untuk memakai kaca yang tebalnya 20% saja. Apalagi kalau kondisi jalan raya terbilang mulus, minim lubang, dan jalan bebatuan.

2. Kualitas Dari Kaca Mobil Itu Sendiri

Ada banyak jenis kaca film depan mobil yang ada di pasar otomotif. Banyak yang kualitasnya bagus, banyak pula yang kualitasnya biasa-biasa saja. Untuk itu, jelilah saat memilih merek dari kaca mobil.

Beberapa merek kaca film mobil terbaik di Indonesia, antara lain:

  • Kaca film V-Kool
  • Kaca mobil 3M
  • Solar Gard
  • Spectrum

3. Kemampuan Kaca Mobil Menolak Panas

Semakin tebal kaca mobil, maka semakin tinggi kemampuannya untuk menolak panas. Untuk itu, pilihlah kaca dengan ketebalan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apakah yang ketebalan 20% atau 40%.

4. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

“Ada harga, ada kualitas”, itulah yang menjadi pertimbangan saat membeli sesuatu. Sama halnya ketika membeli kaca film depan mobil, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas dari kaca tersebut. Sekilas, kualitasnya hampir sama. Akan tetapi, perbedaan kualitas sebenarnya akan terlihat saat kondisi cuaca yang tidak mendukung. Misalnya, petir, mendung, dan hujan.

Kaca mobil yang kualitasnya bagus tidak akan mudah terpengaruh dengan kondisi di luar ruangan. Sehingga Anda juga lebih aman saat mengendarai mobil tersebut. Namun, harga kaca mobil seperti ini terbilang cukup mahal. Untuk itu, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kalau budget tidak mencukupi, belilah kaca mobil yang kualitasnya standar dipakai oleh mobil pada umumnya, bukan murahan.

Berapa Kisaran Harga Kaca Film Depan Mobil?

Untuk kisaran harga dari masing-masing kaca mobil sangatlah beranekaragam, sesuai dengan kualitas dan mereknya sendiri. Berikut adalah daftar harga terbaru dari kaca film mobil.

Kaca Film V-Kool

Kaca mobil yang satu ini dibanderol sedikit lebih mahal dariada kaca film mobil lainnya. Untuk mobil-mobil SUV dan besar, kaca film V-Kool dibanderol dengan kisaran harga Rp 6 jutaan. Sedangkan untuk mobil sedan, mini van, dan mini SUV, kaca film V-Kool dibanderol dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp 5 jutaan.

Kaca Film 3M

3M adalah produksi kaca film mobil asal Amerika yang didirikan pada tahun 1902. Kualitas dari kaca mobil ini juga terbilang bagus dengan kisaran harga yang beragam. Untuk mobil sedan dibanderol dikisaran harga Rp 1,9 jutaan. Sedangkan untuk minibus dibanderol dengan kisaran harga Rp 1,6 jutaan.

Solar Gard

Untuk mobil pabrikan Jepang, seperti Agya, Brio, dan Jazz, Solar Gard adalah merek kaca film yang terbilang cukup bagus. Harganya juga cukup terjangkau di kantong yaitu sekitar Rp 1,5 jutaan. Untuk mobil mini bus, seperti Avanza, kaca film Solar Gard dibanderol dengan kisaran harga Rp 1,8 jutaan.

Spectrum

Spectrum adalah kaca mobil yang diproduksi di dalam negeri. Harga yang ditawarkan juga cukup ekonomis, yaitu kisaran Rp 900 ribuan.

Itulah informasi mengenai kaca film mobil terbaik. Harga yang tertera di atas berlaku untuk pemasangan full body atau secara keseluruhan. Kalau Anda ingin meng-update kaca film mobil, mulailah untuk menabung agar bisa membeli kaca mobil dengan kualitas oke.