Cara Mengembalikan Data WA yang Terhapus Permanen

Cara mengembalikan data WA yang terhapus permanen bisa menjadi solusi bagi Anda ketika sedang mengahdapi permasalahan ini. WhatsApp menjadi salah satu hal urgent sekarang ini untuk menjadi sarana komunikasi.

Jika Anda memiliki sebuah obrolan ataupun dokumen penting bisa juga menggunakan WhatsApp dan hilang karena tidak sengaja untuk menghapusnya. Ini bisa menjadi permasalahan tersendiri ketika dokumen yang hilang itu sangat dibutuhkan.

Jangan khawatir, ada beberapa rekomendasi cara yang bisa Anda uji coba dengan mudah tanpa harus root. Simak tips di bawah ini dengan seksama agar Anda bisa melakukannya supaya menjadi solusi yang baik untuk dipraktikkan.

Cara Mengembalikan Data WA yang Terhapus Permanen melalui Software iMyFone

Cara yang pertama ini menggunakan bantuan software iMyFone ChatsBack WhatsApp Message Recovery dapat menyelesaikan masalah Anda dengan mudah. Software satu ini dapat Anda manfaatkan untuk memulihkan pesan atau foto bahkan video dengan cepat dari perangkat.

Caranya sendiri cukup mudah dengan mengunduh iMyFone D-Back File Recovery Software pada komputer Anda dan pilih salah satu paling sesuai. Setelah itu semua data WA dapat dipulihkan seperti sedia kala sehingga ini tidak akan mengganggu kerja smartphone Anda.

Cara Mengembalikan Data WA yang Terhapus Permanen Menggunakan Layanan Cloud Backup

Cara yang kedua ini yaitu menggunakan sebuah layanan bernama Cloud Backup di mana merupakan sebuah fitur disediakan oleh smartphone pada saat pertama kali pembelian. Atau bisa dikatakan ini merupakan aplikasi bawaan dari gadgetnya.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari layanan ini di antaranya untuk mencadangkan semua data android secara otomatis termasuk whatsapp. Untuk langkah-langkahnya sendiri dapat Anda simak di bawah ini.

  1. Sebagai langkah awal Anda diarahkan untuk membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Jika berbicara mengenai WA maka Anda sendiri tentunya sudah memiliki aplikasi komunikasi penting ini.
  2. Setelah membuka aplikasi WhatsApp Anda diarahkan untuk mengklik ikon titik tiga atau opsi. Akan muncul banyak sekali pilihan yang terdapat pada tampilan layar Anda. Pilihlah menu pengaturan untuk melanjutkannya.
  3. Pada opsi selanjutnya Anda dapat klik cadangkan atau lakukan backup. Setelah itu cara mengembalikan data WA yang terhapus permanen dengan mengklik aplikasi Cloud.
  4. Pastikan terlebih dahulu bahwa WhatsApp tersebut sudah terhubung dengan akun Google. Tentukan periode pencadangan yang sesuai keinginan Anda. Lalu aktifkan fitur “Include Videos”.
  5. Berikutnya adalah mengklik perintah “backup” atau bisa juga tertera “cadangkan” sebagai nama lainnya. Sesuaikan saja dengan jenis atau tampilan layar Anda.
  6. Jika sudah, maka Anda dapat menghapus dan instal kembali WhatsApp. Kemudian masukkan akun seperti biasanya ketika mendaftar WA pertama kali.
  7. Klik “Restore” untuk mengizinkan semua permintaan akses. Lalu klik pada pulihkan cadangan dan tunggu hingga proses pemulihan selesai.

Cara Mengembalikan Data WA yang Terhapus Permanen melalui Chat History

Selain pada kedua cara diatas yaitu Anda dapat menggunakan fitur chat history yang merupakan fitur bawaan dari aplikasi WhatsApp. Jika dirasa semua cara yang sebelumnya sudah dijelaskan rumit, Anda dapat menggunakan cara ini sebagai solusinya, langkahnya yakni:

  1. Sama yaitu buka aplikasi WhatsApp Anda lalu pilih pada menu setting atau pengaturan.
  2. Kemudian klik menu Chats WhatsApp dan pilih perintah chat history.
  3. Klik export chats dan tentukan lokasinya. Setelah itu tunggu hingga proses export lalu Anda dapat mengklik “save to drive”. Buka menu Google Drive dan chat WA akan tersimpan. Prosesnya sangat sederhana jika dibandingkan step lainnya.

Pentingnya untuk menyimpan berbagai chat atau dokumen apapun itu di aplikasi WhatsApp. Namun sangat mengkhawatirkan jika tiba-tiba semua dokumen tersebut terreset. Anda dapat menggunakan cara mengembalikan data WA yang terhapus permanen mudah dan aman.