Begini Cara Menghilangkan Iklan di HP yang Sering Muncul

Saat sedang menggunakan ponsel, Anda pasti ingin tahu cara menghilangkan iklan di HP yang tiba-tiba saja muncul. Smart phone merupakan benda paling penting dalam keseharian manusia saat ini. Banyak hal bisa dilakukan pada HP setiap hari.

Selain untuk alat komunikasi, ponsel canggih ini juga digunakan untuk bermain game. Sebagian lagi akan mencari bahan tugas atau menggunakan internet dari HPnya. Namun kadang terganggu oleh iklan yang muncul berulang kali.

Selain sangat mengganggu, ternyata iklan itu bisa membawa virus pada smart phone Anda. Jika dibuka atau bahkan file nya diunduh, maka akan membuat ponsel jadi lebih rentan. Hal itu akan membahayakan keamanan gadget Anda.

Kenapa Iklan di HP Tiba-tiba Muncul

Para pengguna ponsel pintar pasti akan terkejut dengan munculnya ads pada layar HP nya saat digunakan. Bagi yang tidak paham, mungkin saja akan menganggap ada yang salah dengan ponselnya dan tidak tahu cara menghilangkan iklan di HP.

Pariwara yang datang secara kebetulan itu biasanya disebabkan oleh aplikasi gratis bawaan pada HP Anda. Atau itu memang merupakan sebab dari notifikasi sistem. Bisa saja terjadi karena virus atau malware dari software yang diinstal.

Beberapa jeda itu juga bisa muncul karena Anda pernah masuk ke situs tertentu. Biasanya halaman website yang dikunjungi akan membuat browser internet mengeluarkan iklan itu. Kemudian Anda tidak sengaja akan menekannya, lalu google ads akan terus bermunculan.

Beberapa Cara Menghilangkan Iklan di HP

Sejumlah pariwara yang muncul pada ponsel bisa dihapuskan. Ada sejumlah metode yang bisa Anda coba agar jeda itu tidak muncul lagi saat menggunakan HP.

1. Cara Menghilangkan Iklan di HP dengan Mengaktifkan Fitur Play Protect

Google play protect berfungsi mendeteksi perangkat lunak yang mungkin berbahaya bagi ponsel Anda. Seperti munculnya jeda berbahaya dari aplikasi yang dipasang pada gadget Anda. Lakukan dengan mengaktifkan fiturnya pada smart phone Anda, caranya:

  • Masuk ke google play store android.
  • Pada halaman utama, klik foto profil di sudut kanan atas.
  • Kemudian, pilih menu play protect dan klik setting atau pengaturan.
  • Lakukan scan pada halaman yang muncul.
  • Pada ikon pengaturan, aktifkan scan apps dan improve harmful app detection.

2. Masuk ke Security Setting Ponsel untuk Cara Menghilangkan Iklan di HP

Sejumlah jeda pariwara yang tiba-tiba muncul di layar ponsel terkadang akan mengajak pengguna untuk mengunduh aplikasi tertentu. Ketika Anda menekan iklan tersebut, bisa berbahaya untuk keamanan HP.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda juga bisa memblokir akses aplikasi tidak penting dari luar sistem HP. Caranya yaitu:

  • Masuk ke pengaturan HP
  • Kemudian lanjutkan ke menu security, lalu pilih privacy.
  • Kemudian aktifkan pilihan untuk tidak mengizinkan penginstalan aplikasi dari sumber tidak jelas.

3. Cara Menghilangkan Iklan di HP pada Pengaturan Browser

Pengguna internet mungkin tidak menyadari kalau pernah mengunjungi situs penyebab munculnya jeda yang tidak penting. Biasanya keluar setelah melakukan aktivitas online dari google chrome.

  • Buka dan masuk ke google chrome Anda.
  • Pada sudut kanan atas, klik titik tiga.
  • Kemudian pilih setting, temukan opsi pop up dan redirects kemudian pilih menu ini.
  • Setelah itu pilih toggle agar tampilannya berubah menjadi warna abu-abu.
  • Tujuannya untuk memblokir iklan pop up yang muncul dari situs yang pernah Anda kunjungi.
  • Anda juga bisa membersihkan riwayat pencarian agar semua jeda itu menghilang.

Beraktivitas lewat smart phone akan sangat mengganggu kalau jeda terus bermunculan. Apalagi ketika butuh informasi cepat. Anda bisa menghentikan semua pariwara itu agar tidak lagi keluar, dengan beberapa cara menghilangkan iklan di HP melalui pengaturan pada ponsel.