Cara Memasang Remote Alarm dan Central Lock Pada Mobil Sendiri

Di era canggih seperti sekarang, kita semua mengharapkan sesuatu yang praktis. Bukan hanya praktis saat menyiapkan makanan dan menyelesaikan pekerjaan saja, tapi juga praktis dalam hal berkendara. Dua contoh yang bisa kita lihat adalah penggunaan alarm remote dan central lock yang dipasang pada mobil. Kedua alat ini dipasang dengan tujuan agar mengunci mobil jauh lebih mudah, cukup menekan satu tombol saja, maka semua pintu mobil dapat terkunci dengan sempurna dalam kurun waktu kurang dari 30 detik.

Langkah pemasangan alarm remote dan central lock berbeda-beda, tergantung dari jenis dan negara yang memproduksi mobil tersebut. Jika Anda selaku pemilik mobil tidak mengetahui metode pemasangan secara teknis, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel saja. Sebab pemasangan yang salah dapat berakibat fatal bagi kendaraan sendiri. Tapi jika bersikeras ingin mencoba, sebaiknya lakukan langkah-langkah di bawah ini dengan teliti untuk meminimalisir adanya kesalahan.

Cara Memasang Central Lock Mobil

Buka bagian doortrim terlebih dahulu karena central lock nantinya dipasang di bagian dalam pintu mobil.

Selanjutnya pasang semua lock actuator ke seluruh bagian pintu mobil. Pasang persis di bawah batang pengunci mobil atau penarik tuas knop yang digunakan untuk mengunci pintu mobil.

Sambungkan batang ruji pengunci bawaan dari bagian central lock ke batang pengunci bawaan menggunakan baut. Pastikan keduanya tersambung dengan ketat. Jangan lupa untuk mengatur dudukan, sehinggakeduanya tetap berada di posisi masing-masing pada saat digerakkan, ditarik, atau didorong saat hendak mengunci pintu.

Ambil kabel bawaan lalu pasang jek konektor dan pin konektor ke bagian modul central lock. Pasang sesuai dengan warna kabel masing-masing. Kemudian tempatkan modul central lock ke bagian yang tertutup supaya lebih aman, misalnya di bawah dashboard mobil Anda.

Setelah seluruh kabel dengan warna yang sama terinstal atau tersambung, ambil kabel merah yang ada pada pin konektor lalu sambungkan dengan kabel sentrum aki yang berwarna merah sebagai kutub positif (+). Sedangkan kabel hitam pin konektor disambungkan ke kabel hitam pada kabel sentrum aki sebagai kutub negatif (-)

Tarik dan turunkan bagian tuas pengunci pada pintu mobil depan bagian kanan yang sudah tersambung dengan lock actuator utama. (Jika lock actuator utama dipasang pada pintu bagian kiri, cek pintu bagian kiri). Apabila ketiga pintu lainnya ikut terkunci pada saat proses penarikan dan penurunan tuas pengunci, itu berarti proses instalasi central lock berhasil.

Cara Menyambungkan Central Lock dengan Remote Alarm

Pertama, belilah remote alarm yang sesuai dengan jenis mobil. Remote alarm ini memiliki jenis kabel yang berbeda-beda. Ada kabel yang terhubung langsung ke bagian kelistrikan, sedangkan sisanya dipasang ke bagian central lock seperti yang sudah dijelaskan pada cara memasang central lock di atas.

Warna kabel yang terhubung ke bagian kelistrikan mobil, terdiri dari:

  • Merah (dilengkapi dengan fuse atau sekring dan kabel berukuran agak besar), merupakan kabel yang terhubung ke bagian aki positif (+)
  • Hitam (terhubung ke bagian ground, kabel berukuran agak besar), merupakan kabel yang terhubung ke bagian bodi mobil (-)
  • Merah hitam yang terhubung ke arah bagasi, pada umumnya tidak digunakan jadi lebih baik dipotong sedikit / pendek
  • Coklat (ada dua warna), bukan hanya terhubung ke bagian kabel hazard saja, tapi juga terhubung ke bagian lampu sein, baik sein kanan maupun kiri
  • Pink, terhubung langsung ke bagian sirine mobil (speaker). Jika Anda ingin mengaitkannya ke bagian klakson, siapkan riley tambahan
  • Biru, terhubung ke bagian switch pintu (-) dan biasanya terhubung ke bagian lampu plafon
  • Putih, terhubung ke bagian acc atau kontak on
  • Orange, terhubung ke bagian kabel switch yang ada pada bagian belakang mobil
  • Merah (berukuran kecil) terhubung ke switch pintu (+)
  • Kuning, terhubung ke bagian relay mobil yang sudah tidak terpakai (sebaiknya dipotong)

Warna kabel yang terhubung ke bagian central lock, antara lain: Orange, putih, orange hitam, putih hitam, kuning, dan kuning hitam

Langkah memasang:

  1. Susun kabel orange dan orange hitam secara paralel, lalu sambungkan ke kabel berwarna hitam yang terhubung ke bagian ground (-). Sedangkan kabel berwarna kuning dan kuning hitam disusun paralel ke kabel berwarna merah (berukuran agak besar) yang terhubung ke aki (+)
  2. Sambungkan kabel berwarna putih dan putih hitam ke kabel berwarna putih lainnya. Sedangkan kabel warna coklat ke bagian central lock.
  3. Coba pencet tombol pembuka dan penutup kunci, tujuannya untuk mengetahui kabel mana yang sudah terpasang dengan pas. Jika belum pas, Anda bisa membolak balik pemasangan warna-warna kabel di atas sampai pembuka dan penutup kunci berfungsi dengan sempurna.
  4. Jika semua sudah pas, Anda bisa memotong ujung kabel yang tersisa agar terlihat lebhih rapi. Tempatkan seluruh kabel pada bagian yang tersembunyi, lalu isolasi dengan ketat.

Nah, itulah tadi langkah-langkah dan cara memasang remote alarm dan central lock pada mobil sendiri. Baca juga, Penyebab dan Cara Mengatasi Remote Alarm Mobil yang Rusak Bunyi Terus. Semoga artikel ini bermanfaat.