Kenapa Instagram Tidak Bisa dibuka dan Apa Saja Solusinya?

Tahukah Anda kenapa Instagram tidak bisa dibuka? Jika kalian baru saja mengalami hal ini, mungkin ini artikel yang dibutuhkan Anda, terlebih kami juga memiliki solusinya. Pengguna aplikasi ini pastinya akan menikmati Instagram jika masalah itu sudah bisa diatasi.

Instagram, aplikasi yang praktis dimiliki oleh setiap pengguna internet. Aplikasi ini sebagian besar adalah milik Facebook, sehingga untuk penggunanya hampir sama. Tetapi dalam lebih banyak waktu, Instagram sering mendapat laporan dari penggunanya terkait error.

Beberapa pengguna mengatakan kalau Instagram tidak bisa bekerja untuk mereka. Istilah ini yang umumnya dikenal dengan sebutan loading atau crashing. Ini mungkin terdengar seperti masalah sepele, tetapi faktanya, ini tidak semudah yang dipikirkan kebanyakan orang.

Masalah ini perlu diatasi dengan beberapa langkah, dan itu pada akhirnya akan membuat aplikasi ini kembali bekerja dengan normal. Selain itu, jika Anda sudah menemukan solusi lain, bisa saja membagikan solusi alternatif agar pengguna Instagram tidak terlibat isu lain.

Kenapa Instagram Tidak Bisa dibuka? Adakah Solusi Untuk Mengatasinya?

Kebanyakan orang yang mencari informasi ini baru menerima masalah dari aplikasi Instagram dan panik ketika mengetahuinya. Aplikasi yang sebelumnya dapat Anda akses dengan cepat dan mudah, kini malah tidak mengizinkan Anda untuk membukanya.

Tetapi berkaitan dengan masalah lain, adalah hal yang penting untuk diketahui kalau mungkin saja ini dimulai dari ponsel Anda sendiri. Agar lebih jelas, di bawah ini, akan kami sampaikan penjelasan kenapa Instagram tidak bisa dibuka beserta solusi terbaiknya:

1. OS Ponsel yang Sudah tidak Kompatibel

Mungkin saja aplikasi Instagram tidak bisa dibuka karena OS atau Operating System di ponsel Anda sudah tidak kompatibel. Artinya adalah, Instagram tidak melakukan update pada versi OS Anda. Jadi, solusi terbaiknya adalah dengan update OS.

2. Anda Tidak Memberikan Izin (App Permission) ke Instagram

App Permission juga jadi sorotan ketika kami ditanyakan soal kenapa Instagram tidak bisa dibuka. App Permission atau Pengizinan Aplikasi ada di bagian setting ponsel Anda. Izinkan Instagram untuk beraktivitas, dan ini akan membuat aplikasi lancar.

3. Instagram Memang Sedang Down

Mungkin saja ini karena aplikasi Instagram memang sedang down. Adalah hal yang cukup sering, karena sistem Instagram tentu saja butuh penyegaran. Selama aplikasi ini down, yang bisa Anda lakukan adalah dengan menunggu hingga selesai.

4. Antivirus yang Menyebabkan Instagram Error

Jika Anda baru saja mengunduh antivirus pada ponsel, aplikasi Instagram sering kali Force Close. Alasan kenapa Instagram tidak bisa dibuka karena antivirus ini adalah karena aplikasi itu menggolongkan Instagram menyebarkan virus ke ponsel.

5. Cache dan Data yang Overload

Adalah hal yang sangat penting untuk melakukan pembersihan cache dan data pada ponsel kalian. Jika overload, yang bakal terjadi adalah Instagram tidak memiliki ruang lagi untuk membuka sistem. Jadi, mulai sekarang, bersihkan dulu sampah ponsel!

6. Masalah Jaringan dan Data

Dan terakhir, coba cek jaringan dan data seluler ponsel Anda. Jika memang masalah ini adalah penyebab utama kenapa Instagram tidak bisa dibuka, mungkin Anda perlu mengisi kuota internet. Atau mungkin saja karena saat itu sedang tidak ada sinyal.

Semua orang suka dengan Instagram, aplikasi yang digunakan untuk memberikan foto atau video ke publik. Ini menyebabkan banyak orang akan mengakses aplikasi ini dalam waktu yang sama. Ini juga mungkin saja menjadi alasan kenapa Instagram tidak bisa dibuka saat ini.