Kenapa IG Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

Pernah mengalami masalah kenapa ig tidak bisa dibuka, simak artikel ini untuk mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Instagram sendiri merupakan salah satu platform medial sosial yang masih popular hingga saat ini. Tetapi dibali kecanggihan dan beragam fitur yang ditawarkan penggunanya sering mengalami masalah salah satunya terkadang kesulitan untuk membuka aplikasi ini.

Ada banyak penyebab kenapa ig tidak bisa dibuka, mulai dari penggunaan aplikasi mengalami error atau bahkan server down. Untuk mengatasinya berikut ini penjelasan lengkap untuk masalah Instagram sulit dibuka.

Kenapa IG Tidak Bisa Dibuka, Ternyata Ini Penyebabnya

Pengguna Instagram pasti pernah mengalami Instagram tidak bisa dibuka membuat Anda kesulitan untuk mengunggah postingan atau melihat informasi yang biasanya bertebaran di platform media sosial tersebut.

Berikut ini beberapa penyebab yang biasanya jadi alasan kenapa IG tidak bisa dibuka dengan nyaman oleh penggunanya.

1. Server Instagram mengalami error

Instagram salah satu perusahaan yang cukup besar dan kini sudah bergabung dengan Meta. Tetapi pasti banyak orang yang akan membuka Instagram secara bersamaan, setiap hal ini terjadi menyebabkan server Instagram mengalami down atau error.

Karena hal inilah pengguna Instagram sering sekali membuka kesulitan untuk membuka Instagram.

2. Perangkat tidak memadai untuk versi terbaru Instagram

Aplikasi smartphone terus mengalami kemajuan seiring dengan kemajuan teknologi, baik menambahkan fitur atau membenahi berbagai bug yang sering terjadi pada versi sebelumnya termasuk Instagram.

Update yang dilakukan Instagram ini bisa menjadi penyebab kenapa ig tidak bisa dibuka lagi pada smarphone Anda karena tidak compatible lagi dengan versi android yang Anda gunakan.

Menggunakan android jadul memang menjadi salah satu masalah utama, karena saat ini sudah banyak aplikasi yang tidak bisa digunakan lagi pada android versi lama.

3. Instagram belum diperbaharui

Masalah lainnya adalah saat Instagram yang sudah dipasang pada smartphone Anda belum diperbaharui. Banyak aplikasi yang biasanya akan melakukan pembaharuan secara otomatis untuk menerapkan sistem baru.

Jika Instagram pada ponsel Anda tidak memperbaharui secara otomatis, bisa langsung mengeceknya di playstore pada android atau juga Appstore pada iPhone.

Kenapa IG Tidak Bisa Dibuka Berikut Ini Solusinya

Berbagai penyebab Instagram tidak bisa dibuka memang beragam seperti masalah-masalah yang sudah disebutkan sebelumnya. Kendala-kendala tersebut bisa Anda atasi dengan cara berikut ini.

1. Pastikan username dan password Instagram sudah benar

Jika mengalami kendala karena tidak bisa masuk atau login, pertama kali yang harus dilakukan pastikan dulu username dan password yang Anda masukkan sudah benar. Apalagi password sangat peka mengenai input huruf besar dan kecilnya.

Jadi hindari memasukkan username dan password salah secara berulang karena aplikasi akan menganggapnya sebagai peretas dan memblokir akun.

2. Restart perangkat

Untuk mengatasi kenapa ig tidak bisa dibuka selanjutnya adalah lakukan restart perangkat secara berkala untuk bisa mengatasi kendala aplikasi dan pencegahan crash. Fungsi melakukan restart perangkat juga untuk membuat kinerja perangkat jadi lebih baik.

3. Cek koneksi internet

Koneksi internet yang lambat membuat membuat Anda akan kesulitan untuk membuka internet. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan reboot router atau data seluler yang digunakan.

Atau jika Anda sedang menggunakan koneksi Wifi bisa coba alihkan menjadi jaringan seluler atau sebaliknya untuk bisa mendapatkan koneksi internet yang stabil.

4. Hapus cache dan data aplikasi

Sudah berapa lama Anda sudah menginstall Instagram dan selama itulah cache dan data aplikasi Instagram menjadi tertumpuk. Menumpuknya memori bisa menjadi salah satu masalah membuat aplikasinya sering error.

Untuk itu Anda bisa menghapus cache dan data aplikasi melalui menu pengaturan di ponsel Anda. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi lainnya, jadi pastikan untuk secara rutin untuk hapus cache dan data aplikasi secara rutin untuk mencegah menumpuknya memori.

Setelah mengetahui apa saja masalah dan cara mengatasi kenapa ig tidak bisa dibuka anda tidak perlu merasa tidak nyaman dan terganggu karena Instagram yang error.