3 Cara Cek Garansi Samsung dan Syarat Ketentuannya

Setelah melakukan pembelian barang elektronik seperti smartphone, tv, kulkas dan, ketahui cara Cek garansi Samsung sangat penting. Setiap pembelian elektronik pastinya Anda akan mendapatkan garansi sebagai jaminan untuk melindungi perangkat elektronik yang baru dibeli.

Misalnya saja perangkat ponsel baru dibeli belum lama ini tiba-tiba rusak dan menganggu pemakaian, maka Anda bisa menggunakan garansi ini. Ada dua jenis garansi yang biasanya disediakan yaitu menggantinya dengan perangkat baru atau memperbaiki kerusakan.

Tentu saja cek garansi ini sangat penting untuk bisa menghemat biaya pengeluaran perbaikan perangkat yang dibeli.

Cara Cek Garansi Samsung dengan Mudah

Samsung adalah perusahaan elektronik berasal dari Korea Selatan dan jadi salah satu brand cukup popular khususnya di Indonesia. Samsung tidak hanya meluncurkan smartphone saja tetapi juga menghadirkan banyak produk home furniture.

Seperti kulkas, Televisi, mesin cuci, Air Conditioner (AC) dan masih banyak lagi. Pengguna brand ini di Indonesia juga sangat banyak. Biasanya Samsung akan memberikan garansi selama 12 bulan atau satu tahun untuk pembelian perangkat smartphone.

Pastikan Anda selalu cek garansi Samsung sebelum membeli sebuah barang, bukan hanya berapa lama garansi tersebut berlaku tetapi cakupan dari garansinya tersebut. Garansi Samsung ini biasanya bisa dipakai untuk mengganti suku cadang asli dan melakukan perbaikan di pusat service center Samsung.

Untuk memudahkan cara cek garansinya, berikut ini cara mengecek garansi untuk Samsung yang bisa dilakukan.

1. Mengecek menggunakan IMEI di browser

Cara pertama Anda bisa menggunakan nomor IMEI yang terdiri atas 15 digit. Cara mencari IMEI di Ponsel Anda bisa memasukkan kode dial *06# atau menemukannya di menu pengaturan ponsel pada about phone atau tentang ponsel.

Selain itu Anda juga bisa menemukan nomor IMEI pada kotak ponselnya jika anda masih mempunyai kotak ponselnya.

Cek garansi Samsung selanjutnya masuk ke situs www.imei.info lalu masukkan nomor imei 15 digit yang sudah Anda dapatkan.

Beberapa saat kemudian informasi terkati dengan perangkat Samsung akan segera muncul, lalu klik Samsung garansi pada halaman tersebut agar bisa melihat informasi mengenai garansi samsungnya.

2. Cek melalui kartu garansi

Cara mengecek selanjutnya dengan menggunakan kartu garansi di dalamnya, disini pihak penjualnya akan menuliskan tanggal berapa perangkat tersebut akan dihitung masa aktif kartu sejak pembelian.

Tetapi ada juga penjual yang tidak memberikan keterangan jadi saat akan mengklaim garansinya Anda bisa membawa struk pembayaran untuk bisa melihat kapan perangkat tersebut dibeli.

3. Cek menggunakan kode UMB

Selanjutnya Anda bisa melakukan cek garansi Samsung menggunakan kode UMB, caranya bukalah fitur panggilan pada ponsel pintar Anda. Masukkan kode nomor *12580*369# setelah itu informasi mengenai handphone Anda akan segera muncul.

Disana juga Anda bisa melihat mengenai tanggal pembelian di bagian RF Cal, seperti 20220801 yang artinya pembeliannya dilakukan pada tanggal 01 Agustus 2022.

Syarat dan Ketentuan Mengenai Garansi Samsung

Untuk bisa melakukan klaim terhadap garansi Samsung yang Anda miliki, ada beberapa jaminan yang berlaku. Cek garansi Samsung dan ketentuan agar jaminan bisa berlaku berikut ini.

  1. Jaminan akan berlaku sesuai dengan jangka waktu ketentuannya yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh PT Samsung Electronics Indonesia
  2. Jaminan ini akan diberikan untuk produk elektronik yang dikeluarkan oleh PT Samsung Electronic Indonesia dan hanya berlaku di Wilayah Indonesia saja.
  3. Apabila pada masa jaminan perangkatnya mengalami kerusakan, maka pembelian tidak akan dikenakan biaya suku cadang atau jasa perbaikan apapun.
  4. Reparasi hanya dilakukan pada pusat pelayanan purna jual Samsung yang resmi dan sudah tersebar di Seluruh Indonesia dengan catatan Anda membawa kartu jaminan atau kartu garansi beserta bukti pembayarannya.

Jika Anda memenuhi syarat dan ketentuan berikut ini maka Anda bisa mengklaim garansi yang sudah ditetapkan oleh PT Samsung Eletronics Indonesia. Jadi jangan lupa untuk selalu cek garansi samsung Indonesia untuk melindungi perangkat Anda setelah melakukan pembelian barang.