Cara Memulihkan Akun Google Praktis Pakai Nomor Pemulihan

Cara memulihkan akun Google menjadi topik yang banyak dicari pengguna platform tersebut. Akun Google yang terkunci atau lupa kata sandi tentu akan merepotkan pengguna ketika ingin melakukan suatu pekerjaan.

Biasanya kondisi tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor tertentu. Namun tidak perlu khawatir karena untuk mengatasi akun terkunci maupun lupa kata sandi, pengguna bisa memanfaatkan metode nomor pemulihan.

Sebelum mengetahui langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, ada baiknya pengguna memahami penyebab terjadinya akun terkunci. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi akun perlu dipulihkan.

Faktor yang Membuat Akun Terkunci Sehingga Perlu Dipulihkan

Terdapat beberapa faktor yang membuat sebuah akun perlu dipulihkan agar bisa digunakan kembali. Berikut ini beberapa faktor yang bisa mempengaruhi terkuncinya sebuah akun dan perlu dipulihkan.

1. Lupa Kata Sandi

Kesalahan paling banyak yang sering dilakukan, sehingga perlu mencari cara memulihkan akun Google yaitu pengguna sering merupakan kata sandi. Biasanya, hal ini disebabkan karena sudah lama tidak login.

Ketika Anda mencoba memasukan password berulang kali, maka akan otomatis terkunci karena mendeteksi kesalahan berulang yang Anda lakukan. Pada akhirnya, Anda perlu metode untuk memulihkannya agar bisa digunakan kembali.

2. Kehilangan HP

Saat kehilangan ponsel, Anda bisa melaporkannya kepada pihak Google agar dapat dikunci dan tidak disalahgunakan. Faktor ini bukan terjadi karena ketidaksengajaan, melainkan memang Anda membutuhkan akun untuk dikunci sementara.

3. Aktivitas Mencurigakan

Faktor terakhir mengapa Anda perlu cara memulihkan akun Google yaitu karena adanya aktivitas mencurigakan yang membuatnya terkunci. Biasanya aktivitas mencurigakan terjadi ketika login pada device baru.

Google biasanya akan membaca aktivitas ini sebagai tindakan peretasan. Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email terkait hal tersebut dan perlu melakukan pemulihan akun.

Cara Memulihkan Akun Google Melalui Metode Nomor Pemulihan yang Mudah dan Cepat

Setelah mengetahui penyebab terkunci, maka Anda juga harus bisa memahami bagaimana cara mengatasinya. Berikut, salah satu cara paling mudah memulihkan akun menggunakan metode nomor pemulihan.

1. Kunjungi Link Pemulihan

Saat mengalami kondisi terkunci, Anda bisa mengunjungi https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in. Link itu dapat mengarahkan Anda pada langkah berikutnya untuk pemulihan melalui nomor telepon yang disertakan saat mendaftar.

2. Pilih Metode

Setelah masuk link tersebut, Anda akan diminta mengetikan akun yang ingin dipulihkan. Kemudian, Anda bisa menekan tombol Next untuk melakukan pemilihan metode pemilihan yang disediakan Google.

Pada halaman berikutnya, Anda akan menemukan dua metode pemulihan menggunakan nomor telepon. Pertama, pemulihan bisa dilakukan melalui SMS, sedangkan kedua dapat dilakukan dengan metode Telepon.

Cara memulihkan akun Google berikutnya yaitu, pilih metode SMS agar Google dapat mengirimkan kode verifikasi. Metode SMS lebih mudah dan cepat dilakukan karena kode akan langsung terkirim pada nomor pemulihan.

3. Masukkan Kode

Setelah memilih metode SMS, Anda perlu menunggu beberapa saat hingga kode terkirim ke ponsel. Selanjutnya, setelah menerima kode tersebut, Anda bisa memasukkannya ke kolom pada halaman pemulihan.

Kemudian tekan tombol Next dan tunggu beberapa saat. Setelah itu, akun Google Anda telah berhasil dipulihkan menggunakan nomor telepon yang sebelumnya sudah disematkan saat registrasi dilakukan.

Sebenarnya selain menggunakan nomor pemulihan, Anda juga bisa memanfaatkan email pemulihan. Akan tetapi jika email pemulihan tidak di setting sebelumnya, maka metode tersebut tidak bisa digunakan.

Metode nomor pemulihan lebih umum digunakan karena setiap pengguna tentu perlu mencantumkan nomor mereka saat registrasi. Kemudian, keberhasilan metode ini juga sangat terjamin dibandingkan metode lainnya.

Asalkan nomor Anda masih aktif, maka kode akan terkirim dengan baik melalui SMS. Cara memulihkan akun Google tersebut bisa segera diterapkan jika mengalami kondisi terkunci dan tidak bisa digunakan.