Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth di Smartphone dengan Mudah, Wajib Disimak

Cara mengirim aplikasi lewat bluetooth di smartphone dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Bluetooth merupakan salah satu perangkat lunak yang sudah terpasang di setiap smartphone berfungsi untuk mentransfer atau menerima data.

Bluetooth adalah perangkat versi terbaru dari Infrared yang dulu sempat marak di kalangan pengguna gadget. Namun Infrared masih belum efektif karena penggunaannya harus dengan mendekatkan kedua smartphone untuk menghubungkan perangkat satu sama lain.

Di era teknologi modern banyak pengguna gadget memanfaatkan pihak ketiga untuk mengirim sebuah aplikasi. Akan tetapi penggunaan pihak ketiga tentu membutuhkan jaringan internet yang memadai.

Dengan bluetooth Anda tidak membutuhkan internet atau kuota untuk mengirim aplikasi ke media lainnya. Cara ini memang cenderung memakan waktu lebih lama dibandingkan pihak ketiga. Berikut kami akan merekomendasikan cara mengirim aplikasi lewat bluetooth.

Mengirim Aplikasi Tanpa Aplikasi Tambahan dari Playstore.

Diperlukan HP dengan spesifikasi khusus yang dapat mendukung proses transfer aplikasi. Berikut langkah yang harus Anda ikuti untuk mentransfer aplikasi tanpa aplikasi tambahan yang perlu disimak.

  1. Aktifkan bluetoothpada menu Setting<Bluetooth.
  2. Pastikan penerima aplikasi juga sudah mengaktifkannya juga.
  3. Selanjutnya pilih aplikasi yang akan dikirim ke perangkat lain.
  4. Buka Settings dan buka menu pengaturan aplikasi.
  5. Ketuk dan tahan Apk lalu klik Share.
  6. Pilih perangkat tujuan yang sesuai, jangan sampai salah kirim.
  7. Tunggu sampai proses loadingberjalan dengan lancar dan berhasil 100%.
  8. Setelah selesai Anda dapat mengeceknya di HP penerima untuk memastikan Apk tersebut telah sukses dikirim.

Kirim App Melalui Share Cloud

Anda dapat melakukan cara mengirim aplikasi lewat bluetooth menggunakan Share Cloud. Aplikasi ini dilengkapi dengan mengirim aplikasi melalui Hotspot , email, WhatsApp, sampai Facebook. Ikuti langkah berikut untuk mengirimnya.

  1. Pertama Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Share Cloud terlebih dahulu.
  2. Kemudian Buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih menu App dan klik yang akan dikirim.
  4. Setelah itu tekan icon share dan pilih opsi Bluetoothuntuk mengirimkan aplikasi.
  5. Tunggu sampai proses pengiriman secara sempurna.

Mengirim dengan Menggunakan ES File Explorer

Selain Share Cloud, ES File Explorer merupakan cara mengirim aplikasi lewat bluetooth berikutnya. Cara ini terbilang cukup mudah hanya perlu dengan menginstal aplikasi kemudian mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan sudah menginstal ES File Explorer pada perangkat.
  2. Setelah terpasang Buka aplikasi tersebut dan pilih menu App untuk melihat daftar aplikasi.
  3. Selanjutnya pilih APP dengan menahannya dan klik Share.
  4. Yang terakhir pilih opsi bluetoothsebagai media pengiriman.
  5. Tunggu sampai proses pengiriman selesai maka App tersebut secara otomatis terkirim ke ponsel penerima.

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan untuk menyatukan beberapa gadget secara bersamaan. Pengguna dapat bertukar file dengan bebas dan mengkomunikasikan aneka macam data.

Selain itu pengguna dapat merasakan pengembangan efisiensi energi yang luar biasa untuk terhubung dengan perangkat Android. Tanpa menggunakan perangkat keras lain seperti kabel data atau USB sebagai media transfer.

Sistem pengiriman dengan media ini dapat menembus dinding kotak dan berbagai rintangan lain dengan transmisinya sekitar 30 kaki atau 10 meter. Kecepatan transfer datanya melebihi 2Mbps.

Kelebihan lainnya adalah ia menerima gelombang radio dengan 79 saluran yang berbeda sehingga tidak akan mengganggu perangkat lain dalam proses transfernya. Anda dapat memanfaatkan beberapa cara mengirim aplikasi lewat bluetooth di atas.