Tips Memilih Aplikasi Al Qur an Terbaik untuk Kemudahan Membaca

Aplikasi Al Qur an belakangan ini banyak digunakan bagi kaum muslim. Al-Quran merupakan kitab suci agama Islam yang bentuk fisiknya berupa kertas. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini Anda bisa mendapatkan Al Quran dalam versi digital.

Biasanya akan berbentuk aplikasi. Aplikasi tersebut banyak digunakan karena dirasa cukup praktis. Anda bisa menggunakan Alquran dalam bentuk aplikasi tersebut di mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan.

Tips Menemukan Aplikasi Al Qur an yang Tepat

Pada zaman sekarang ini, sudah banyak Alquran digital yang bisa digunakan, namun pastikan Anda memilih aplikasi yang tepat. Di bawah ini adalah cara yang bisa diikuti agar tidak salah langkah.

Ada banyak aplikasi Al Qur an yang bisa digunakan di Google Play Store maupun App Store. Jadi, tugas Anda adalah memilih aplikasi yang lengkap dan sesuai standar mushaf. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan aplikasi tersebut;

1. Perhatikan Jumlah Baris di Setiap Halaman

Ketika mencari aplikasi untuk Al-Quran pastikan memperhatikan jumlah baris setiap halaman. Mungkin Anda belum tahu bahwa jumlah baris di setiap halaman sebenarnya berbeda-beda sesuai dengan rujukan mushaf.

Ada Alquran digital yang memiliki jumlah 15 baris per halaman dan ada yang 17 baris per halaman. Mushaf standar Indonesia sudah diterbitkan sejak 1987 dengan jumlah 17 baris sesuai dengan Mushaf Bombay.

Namun Mushaf Bombay tersebut sudah jarang digunakan dan banyak yang mengikuti standar mushaf Mesir dengan 15 baris per halaman. Mushaf Mesir ditetapkan pada 1920-an dari perkumpulan Mufti Al-Azhar.

Jika ingin mendapatkan Aplikasi Al Qur an sebaiknya perhatikan jumlah 15 baris di setiap halaman.

2. Perhatikan Waqaf dan Ibtida

Waqaf atau tempat berhenti juga harus diperhatikan dalam aplikasi untuk Al-Quran. Hal ini disesuaikan dengan sanad penulisan Al-Quran sebab perbedaan waqaf sebenarnya sudah ada sejak zaman sahabat.

Di Indonesia sendiri kebanyakan menggunakan mushaf standar dan letak waqaf. Ada standar Madinah dan standar Kudus, di mana dua-duanya sama-sama bagus. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan panjang nafas.

Apabila nafas pendek sebaiknya menggunakan standar Kudus yang memang disesuaikan dengan nafas orang-orang Indonesia. Memperhatikan tanda berhenti pada Aplikasi Al Qur an bisa membantu Anda memperlancar bacaan.

3. Perhatikan Tanda Tajwid

Tips selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan apakah aplikasi tersebut juga menyediakan tanda tajwid. Keberadaan dari penanda tajwid bisa membantu Anda lebih mudah untuk membaca Alquran, apalagi bagi yang sedang belajar.

Alquran tidak bisa dibaca apabila tidak disesuaikan dengan hukum-hukum tajwid yang sudah ada. Untuk memilih aplikasi sebaiknya melihat ketersediaan tanda tajwid tersebut. Ada beberapa Aplikasi Al Qur an yang memberikan tanda tajwid dengan mudah sehingga para pengguna merasa lebih mudah mengetahuinya.

4. Disediakan Terjemahan

Membaca Alquran digital sebaiknya juga disertai dengan terjemahan sehingga Anda bisa memahami lebih jauh apa yang sedang dibaca. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan terjemahan sehingga membantu memahami makna ayat secara ringkas.

Disarankan memang lebih memilih untuk menggunakan Al-Quran digital yang memiliki terjemahan untuk membantu mempermudah proses pembelajaran Al-Quran dan memahami makna tersebut.

5. Tersedia Tafsiran

Tidak hanya terjemahan, Anda juga bisa mencoba untuk memilih Al Qur an aplikasi yang menyediakan tafsiran. Ada beberapa ulama Ulum Al-Quran yang memiliki pendapat bahwa makna Alquran itu luas sehingga membutuhkan tafsiran untuk lebih memahami.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mendapatkan Al Quran secara digital. Pastikan Al Quran tersebut sudah memenuhi ketentuan dan mempermudah Anda dalam proses pembacaan apalagi bagi yang masih baru belajar dengan aplikasi Al-Quran.