Ketahui 2 Cara Cek Porsi Haji Melalui Hp Android

Mengetahui cara cek porsi haji melalui hp android sangat membantu para calon jemaah dalam keberangkatan. Terutama untuk mengetahui nomor urut pendaftaran yang didapatkan oleh Jemaah setelah melakukan pemabayaran setoran ke bank untuk biaya ONH (Ongkos Naik Haji).

Biasanya nomor porsi haji tersedia dalam sepuluh digit angka. Melalui angka ini dapat diketahui tahun keberangkatan ke tanah suci. Jadi, untuk mengetahuinya Anda hanya perlu memasukan sepuluh digit angka tersebut ke website resmi atau aplikasi.

Cara cek porsi haji bisa melalui hp android sangat membantu para jemaah. Dengan adanya layanan ini, Anda dapat mengetahui kapan tepatnya tahun keberengkatan dan menjalankan ibadah di tanah suci.

Inilah Cara Cek Porsi Haji Melalui Hp Android

Tidak hanya bisa mengetahui kapan berangkat ke tanah suci, Anda dapat mengetahui berita terkait ibadah tersebut, terbaru baik melalui apk ataupun situs resminya. Untuk cara pengecekannya, simak beberapa caranya berikut ini.

1. Melalui Aplikasi

Cara cek porsi haji melalui hp android yang pertama, bisa menggunakan apk Cek Porsi Haji. Diperlukan koneksi internet yang baik dengan begitu, apk dapat terhubung ke database milik Kementerian Haji Indonesia.

Jaringan yang buruk sudah dikonfirmasi kemungkinan besar dapat memengaruhi proses pengecekan tersebut. Sedangkan untuk langkah pengecekannya, simak di bawah ini secara lebih lengkapnya.

  • Unduh apknya di Google Play Store
  • Masukkan di pencarian nama aplikasinya
  • Pilih Instal
  • Kemudian buka apk tersebut
  • Tap pilihan ‘Cek Porsi Haji’
  • Cara cek porsi haji melalui hp Androidberikutnya, masukan nomor porsi keberangkatannya
  • Kemudian pilih ‘Submit’
  • Tunggu hingga proses loading selesai, jika tidak muncul kemungkinan database error atau servernya yang bermasalah. Cobalah beberapa saat ke depan

Untuk kegagalan proses pengecekan ini biasanya memiliki berbagai alasan sehingga tidak dapat mengetahui keberangkatan ke tanah suci. Untuk itu, Anda mungkin bisa mencobanya lagi beberapa saat setelahnya.

Salah satu yang paling utama, terjadinya eror biasa terjadi pada musim haji. Eror terjadi karena Kementerian Agama mulai melakukan update nomor para peserta jemaah setelah pulang dari tanah suci.

2. Melalui Website

Cara cek porsi haji melalui hp android juga dapat Anda lakukan melalui situs resmi milik Kementerian Agama. Berbeda dari menggunakan apk, tanpa perlu mengunduhnya Anda bisa langsung mengetahui kapan keberangkatan ke tanah suci.

Cara atau langkahnya, sebagai berikut ini:

  • Bukalah web resmi milik Kemenag https:/haji.kemenag.go.id/
  • Cari kolom untuk memasukan nomor porsi, biasanya terletak di sebelah kanan bawah layar
  • Masukan nomornya
  • Kemudian pilih tombol ‘Cari’, dengan begitu Anda bisa melihat informasi lengkap terkait sederet beberapa digit angka tersebut pada layar ponsel.

Peserta harus mengetahui kapan hari keberangkatannya atau sering melakukan pengecekan dengan cara cek porsi haji melalui hp android. Karena estimasi ibadah satu ini sering kali berubah-ubah setiap tahunnya.

Adanya perubahan tersebut, karena pengurangan atau penambahan kuota untuk calon jemaah Indonesia sudah dari Arab Saudi. Perubahan juga terjadi jika ada salah satu calon jemaah meninggal dunia.

Sedangkan waktu untuk pengecekannya, disarankan dilakukan pada bulan Januari. Karena pada waktu ini, biasanya petugas Kemenag RI sudah selesai pada tugas pelayanan jemaah yang pergi ke tanah suci.

Tidak hanya itu, pada bulan Januari juga sangat dekat dengan bulan terakhir pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji. Untuk itu, para jemaah diharapkan secara rutin melakukan pengecekan.

Tujuannya agar bisa mengetaui apa keberankatan bisa lebih cepat dari yang seharusnya atau tidak. Setelah melakukan pengecekan dengan cara cek porsi haji melalui hp Android, jaga juga kesehatan fisik Anda.