Bagaimana Cara Aktifkan NFC di Android dan iPhone?

Cara untuk aktifkan NFC terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu NFC. Secara sederhana NFC merupakan kepanjangan Near Field Communication yang berarti sebuah komponen untuk transfer beberapa file di ponsel.

Komponen ini pada dasarnya sudah ada di setiap ponsel, baik berupa android maupun iPhone. Akan tetapi, tutorial mengaktifkannya terbilang cukup berbeda di setiap ponsel. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda mengetahui tata cara mengaktifkan perangkat ini dengan tepat.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tutorial mengaktifkan komponen ini, artikel ini akan menjelaskan lebih rinci. Tentunya beberapa penjelasan akan sangat berguna bagi semua orang. Jadi, memang diharuskan bagi semua orang mengetahui tata cara untuk aktifkan NFC.

Tutorial Cara Aktifkan NFC Android Beserta iPhone

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, NFC merupakan salah satu komponen yang biasanya ada di ponsel pintar. Adanya perangkat ini memudahkan semua orang menghubungkan ponsel dengan perangkat nirkabel. Sehingga, Anda bisa mentransfer data dengan Android Beam.

Lebih lanjut, berikut ini merupakan penjelasan lebih rinci mengenai aktifkan NFC. Penjelasan ini sangat penting untuk diketahui semua kalangan. Bahkan akan sangat bermanfaat bagi pengguna baru ponsel pintar.

1. Mengaktifkan di Android

Cara menyalakan NFC Android pada dasarnya sangat berbeda-beda. Hal itu bergantung pada tipe ponsel yang dipakai. Anda hanya perlu cek toggle home dan pilih ikon NFC.

Akan tetapi, jika tidak ada masuk pada Setting terlebih dahulu. pilih Near Field Communication beserta pembayaran nirsentuh. Sebelah Android Beam, Anda bisa memilih sakelar untuk menyalakan pengaturan.

Setelah itu, klik layanan pembayaran seluler. Jika sudah, Anda bisa mengikuti semua panduan yang tertera untuk menyelesaikan pengaturannya. Dengan begitu pengaktifan komponen ini sudah berhasil.

2. Mengaktifkan di iPhone 7 dan 8

Selain cara aktifkan NFC di Android, tentunya pada seri iPhone yang satu ini cukup mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu menggeser layar dari atas ke bawah untuk membuka menu. Setelah itu cari dan klik ikon Near Field Communication.

Akan tetapi, jika ikon tersebut tidak ada di layar, Anda perlu menambahkan sebagai shortcut. Pilih Setting di ponsel dan klik Control Center. Setelah itu, pilih tombol berwarna hijau di sebelah NFC Tag Reader.

3. Mengaktifkan di iPhone X ke Atas

Tidak kalah penting dari cara lainnya, pada keluaran iPhone X ke atas tentu akan sangat mudah dalam menyalakan. Pada dasarnya seri iPhone ini memiliki fitur Background Tag Reading. Dalam arti lain, ponsel tersebut akan membaca komponen ini secara otomatis.

Jadi, dapat dikatakan pada sari iPhone X ke atas tidak perlu repot lagi menyalakan NFC Tag Reader terlebih dahulu. Cara tersebut dapat dibilang paling mudah dibanding dengan cara lainnya.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa NFC atau Near Field Communication sangat berperan utama dalam sebuah ponsel pintar. Oleh karena itu, pengguna ponsel bisa menyalakan fitur ini ketika akan mentransfer file.

Tidak hanya itu saja, cara mengaktifkannya terbilang bervariasi. Hal itu dikarenakan jenis setiap ponsel berbeda-beda. Jika diteliti, mengaktifkan komponen ini di Android lebih sulit dibanding di iPhone.

Pada ponsel iPhone juga memiliki cara yang berbeda-beda. Banyaknya seri yang tertera membuat cara ini beragam. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui bagaimana cara aktifkan NFC Android maupun iPhone.