5 Langkah Mudah Mengatasi Ban Mobil Kempes di Tengah Jalan

Mobil adalah sahabat terbaik untuk menemani perjalanan Anda, khususnya perjalanan dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Memperhatikan performa mobil menjadi suatu keharusan bagi setiap pemilik mobil agar perjalanan tetap lancar tanpa adanya hambatan.

Namun, kejadian yang tidak mengenakkan sering kali terjadi di tengah jalan. Salah satu yang paling sering terjadi adalah ban kempes. Cemas? Panik? Sudah pasti, karena hal ini terpaksa membuat perjalanan Anda terhenti untuk beberapa saat. Syukur lah kalau Anda membawa pompa ban karena Anda dapat mengatasi ban kempes tersebut dengan cepat sehingga perjalanan dapat dilanjutkan seperti sedia kala.

Pertanyaannya adalah “Bagaimana Cara Mengatasi Ban Mobil Kempes ?” Lakukan cara mudah berikut ini:

Menepi

Anda tidak perlu panik saat ban mobil kempes di tengah jalan. Yang perlu Anda lakukan adalah menepikan mobil tersebut dari jalanan yang cukup padat. Carilah lokasi yang memiliki area yang cukup untuk memarkirkan mobil Anda. Selain itu, pilihlah lokasi yang teduh agar mesin mobil tidak panas atau overheat saat Anda hendak memperbaiki mobil tersebut.

Mengunci Mobil

Setelah mendapatkan tempat teduh, jangan lupa untuk mengunci mobil. Poin ini sangat penting agar mobil tetap aman saat Anda sedang berusaha untuk memperbaiki ban mobil yang kempes. Agar lebih aman, aktifkan lah alarm mobil.

Siapkan Perkakas untuk Penggantian Ban

“Sedia payung sebelum hujan” sama artinya dengan “sediakan perkakas sebelum bepergian”. Perkakas yang dimaksud adalah semua peralatan yang ada kaitannya dengan mobil Anda. Misalnya dongkrak dan kunci ban. Kedua peralatan ini sangat penting untuk membantu Anda saat mengganti ban mobil.

Dongkrak berfungsi untuk mengangkat mobil saat proses penggantian ban. Sedangkan, kunci ban berfungsi untuk mengendurkan ataupun mengencangkan baut-baut pada ban mobil. Bawalah kedua peralatan ini kemanapun Anda pergi untuk berjaga-jaga saat kejadian yang tidak diinginkan terjadi di tengah jalan.

Pasang Ban Pengganti atau Cadangan

Setelah menyiapkan perkakas untuk penggantian ban, kini saatnya untuk memasang ban pengganti. Gunakan kunci ban untuk melepaskan baut-baut pada ban mobil. Lalu, gunakan dongkrak untuk mengangkat mobil agar bannya lebih mudah dipasang. Kemudian, kencangkan kembali baut-baut yang sudah dilepas tadi menggunakan kunci ban.

Pemasangan ban mobil harus dilakukan dengan cara menyilang, seperti yang sering dilakukan para teknisi di bengkel. Teknik ini penting dilakukan untuk memastikan proses penguncian atau pengencangan baut pada ban mobil merata dan kuat.

Simpan Semua Perkakas dengan Baik

Setelah semuanya beres, kini saatnya untuk menyimpan kembali semua perkakas yang Anda keluarkan dengan baik. Tempatkan perkakas tersebut di tempat atau posisi semula. Kalau perlu, letakkan semuanya di satu tempat khusus di dalam mobil. Ketika Anda ingin menggunakannya kembali, Anda mudah untuk menemukan semua perkakas tersebut karena diletakkan di satu tempat.

Ban mobil kempes di tengah jalan tidak perlu diambil pusing. Anda bisa melakukan 5 tips mudah dan cepat di atas untuk mengatasi ban mobil yang kempes. Lakukan cara di atas dengan tepat agar proses perbaikan ban yang kempes cepat terselesaikan. Semoga bermanfaat!