5 Cara Mengecek IMEI Oppo untuk Mengetahui Resmi atau Tidak

Cara mengecek IMEI Oppo adalah salah satu cara yang paling banyak di cari oleh user HP Oppo saat ini. Pasalnya saat ini pemerintah sedang gencar melakukan pemblokiran terhadap HP yang IMEI nya tidak resmi terdaftar di dalam database Kominfo.

Adapun dampak yang diperoleh dari HP yang memiliki IMEI tidak resmi adalah akan mendapatkan gangguan pada jaringan seluler yang mereka gunakan, entah itu tidak muncul sinyal ataupun muncul sinyal tapi tidak bisa tersambung ke jaringan internet.

Cara Mengecek IMEI Oppo Tanpa Menggunakan Aplikasi

Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu melakukan cek terhadap HP Oppo yang Anda miliki apakah IMEI dari HP Anda itu sudah secara resmi terdaftar ataupun tidak terdaftar secara resmi yang bisa di indikasikan HP tersebut merupakan HP ilegal.

Oleh karena itu akan kami bahas tentang beberapa cara mengecek IMEI Oppo Tanpa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Cara ini bisa Anda gunakan untuk mengecek hampir semua tipe HP Oppo yang ada hingga saat ini.

1. Menggunakan Dial *#06#

Mungkin sebagian orang khususnya pengguna Oppo belum mengetahui panggilan menggunakan kode-kode tertentu untuk melakukan beberapa perintah di HP Oppo yang mereka miliki seperti contoh yang satu ini.

Ternyata Anda bisa dengan mudah menggunakan perintah dial *#06# untuk mengecek IMEI dari HP Oppo yang Anda gunakan. Dengan cara ini ponsel akan menampilkan informasi penting seputar HP tersebut.

2. Mengecek di Pengaturan

Cara mengecek IMEI Oppo selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengeceknya di pengaturan. Cara ini mudah dilakukan dengan cara pergi ke menu pengaturan yang ada di HP Oppo yang Anda miliki tersebut.

Setalah itu skrol kebawah sampai menemukan menu tentang ponsel atau about phone, lalu klik menu tersebut dan skrol kebawah sampai menu status. Klik menu status tersebut lalu akan Anda jumpai 2 kolom IMEI HP Oppo tersebut yang berangka awal 8.

3. Mengecek di Dusbuk

Cara Selanjutnya untuk cek IMEI HP Oppo adalah dengan melihatnya di Dusbuk HP Oppo itu sendiri. Lalu kemudian cocokan nomor IMEI di Dusbuk dengan nomor IMEI yang ada di pengaturan HP Oppo tersebut.

Jika kedua nomor antara di pengaturan dan di Dusbuk sama, maka HP Oppo yang Anda punya tersebut merupakan HP yang resmi terdaftar. Namun jika tidak ada nomor IMEI di Dusbuk atau tidak sama di pengaturan, maka bisa jadi HP tersebut tidak terdaftar.

4. Mengecek di Kemenperin.go.id

Cara mengecek IMEI Oppo selanjutnya adalah menggunakan website resmi Kemenperin yakni Kemenperin.go.id. pemerintah sudah memberikan akses untuk setiap orang bisa mengecek keaslian IMEI HP mereka dengan menggunakan situs Kemenperin.

Caranya ialah pertama salin dahulu nomor IMEI HP Oppo Anda, setelah itu buka situs Kemenperin.go.id. setelah situs terbuka pastekan nomor IMEI tersebut untuk mengetahui IMEI tersebut terdaftar atau tidak di database Kemenperin.

5. Mengecek di imei.info

Cara terakhir untuk cek IMEI HP Oppo adalah dengan menggunakan situs imei.info. cara ini hampir sama jika Anda melakukan cek IMEI dengan menggunakan situs kemenperin.go.id yang sudah kami jelaskan tadi.

Caranya ialah tinggal Anda pastekan IMEI HP Oppo tersebut di menu pencarian, setelah itu Anda bisa melihat beberapa informasi seperti Country Check dan Warranty Check yang ada di menu imei.info tersebut.

Dan itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk cek IMEI HP Oppo yang Anda miliki. Jika sudah mengetahui bahwa IMEI Oppo yang Anda miliki resmi, maka sangat menyenangkan sudah mengetahui cara mengecek IMEI Oppo.