Tips Atasi Hp Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

HP lemot padahal aplikasi sedikit adalah salah satu kendala yang sering dialami oleh para pengguna android. Penggunaan aplikasi di Android secara berlebihan terkadang bisa memberikan dampak HP jadi lemot.

Jika sudah begitu, maka kemudahan dalam berkomunikasi menjadi kurang nyaman. Namun ada juga beberapa orang yang tidak memiliki banyak aplikasi dalam android tersebut tetapi tetap saja tidak bisa bekerja secara maksimal.

Selain jumlah aplikasi yang terlalu banyak, ternyata ada berbagai macam penyebab membuat HP semakin lemot. Salah satunya karena kapasitas RAM kecil dan tidak sesuai dengan penggunaan saat ini.

Cara Mengatasi HP Lemot Padahal Aplikasi Sedikit

Ukuran aplikasi dan data di smartphone yang cukup besar membuat memori di HP banyak digunakan. Apalagi jika tidak pernah membersihkan cache, maka akan semakin lemot untuk digunakan.

Apabila HP android Anda sudah mulai berjalan kurang maksimal atau lemot Anda tidak perlu buru-buru ganti HP untuk mendapatkan jumlah RAM yang lebih banyak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti berikut:

1. Sering Membersihkan Cache

Cara mengatasi HP lemot padahal aplikasi sedikit yang pertama adalah sering membersihkan cache. Cache merupakan penyimpanan sementara data pada aplikasi yang akan membantu untuk mengurangi proses loading pada saat aplikasi dibuka kembali.

Cache tentu dapat dibersihkan melalui aplikasi cache cleaner dan Anda bisa mengunduhnya secara langsung di Google Play Store. Atau Anda bisa masuk pada pengaturan smartphone, kemudian masuk pada bagian aplikasi dan bersihkan data.

Dengan rutin membersihkan cache tentu bisa membantu android Anda semakin maksimal kinerjanya. Maka dari itu, Anda juga harus lebih sadar akan penggunaannya agar lebih hati-hati.

2. Hentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan aplikasi yang saat ini sedang berjalan. Anda dapat meningkatkan performa Android dengan mematikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

HP lemot padahal aplikasi sedikit bisa diatasi dengan cara sederhana ini. Anda hanya tinggal perlu masuk pada bagian pengaturan, setelah itu pilih menu memori atau aplikasi dan menonaktifkan beberapa aplikasi.

3. Pilih-Pilih Aplikasi yang Penting Saja

Memilih atau menyortir bagian aplikasi juga bisa menjadi salah satu cara jitu untuk membantu memaksimalkan kinerja android. Memilih beberapa aplikasi yang penting digunakan sangat membantu agar HP tidak lemot.

Sekalipun Anda berdalih HP lemot padahal aplikasi sedikit, tapi coba lihat kembali aplikasi yang Anda miliki. Hal tersebut ternyata bisa membantu untuk membersihkan ruang RAM dan memberikan efek kinerja semakin maksimal.

Terkadang para pengguna android merasa lupa dengan berbagai macam penggunaan aplikasi tanpa disadari. Padahal aplikasi tersebut sangat jarang digunakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika ada beberapa aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan kemudian diuninstall.

Dengan proses and install tersebut tentu membuat HP android Anda memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih banyak dan performa semakin meningkat. Maka dari itu, cara ini bisa dipakai.

4. Coba Update Software HP

Tips selanjutnya sebagai salah satu cara untuk mengatasi HP lemot padahal aplikasi sedikit adalah melakukan update software. Biasanya di android Anda muncul notifikasi update software yang sering diabaikan.

Jadi software yang sudah terupdate ternyata bisa memiliki fitur untuk meningkatkan performa HP. Tidak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk mengupdate software pada versi baru yang tersedia. Anda juga bisa melakukan hal tersebut.

Bagai macam cara yang bisa digunakan untuk mengatasi HP dengan performa yang semakin menurun. Tidak perlu buru-buru untuk ganti HP, sebab Anda bisa mencari penyebab HP lemot padahal aplikasi sedikit dan mengatasinya.